Kuliner Malam di Solo

Melancong ke kota penuh sejarah ini akan semakin menyenangkan jika Anda sudah tahu apa saja fakta menarik yang ada di daerah tersebut. Mulai dari sejarah hingga kuliner malam Solo yang ada ternyata sangat beragam dan membuat ketagihan.

Kota yang terletak di Jawa Tengah ini sudah diresmikan sejak tahun 1745. Sering disebut kota kembarnya Bilbao di Spanyol, Anda wajib tahu seindah apakah kota berpenduduk 522 ribu lebih tersebut.

Bagi Anda yang punya rencana untuk berkunjung ke Kota Solo, ada beberapa fakta yang tak bisa terbantahkan. Hal ini perlu diketahui supaya bisa menjadi pertimbangan saat melakukan aktivitas di salah satu kota dengan keratonnya yang terkenal hingga saat ini.

Berikut beberapa hal menarik dari Kota Solo:

  • Biaya Hidup Murah

Jika dibandingkan dengan daerah lain yang ada di Jawa Tengah, Kota Solo tergolong ramah untuk ditinggali perantau mulai dari anak-anak sampai lansia. Pasalnya, biaya hidup di sana cenderung rendah karena makanan, pakaian, sampai biaya pendidikan tergolong murah.

  • Kirab Pusaka Setiap Tahun Baru Jawa

Jika beruntung bisa mendarat di Solo pada tahun baru Jawa, maka Anda bisa melihat kirab atau pawai yang dilakukan pihak keraton Solo. Di mana para abdi dalem akan membawa benda pusaka keraton berkeliling kota pada tanggal satu Suro.

  • Kota Batik

Solo terkenal sebagai kota batik dengan pengrajin batik yang hasil karyanya mendunia. Produk khas Indonesia itu bisa sangat mudah ditemukan di kota tersebut, tentunya dengan berbagai motif dan harga.

Bisa dibilang tidak akan lengkap menyusuri Kota Solo, tanpa membawa pulang batiknya yang sangat terkenal itu.

  • Dikenal Sebagai Kota Liwet

Selain dikenal sebagai kota seni batik, Solo juga memiliki julukan sebagai kota liwet. Liwet adalah makanan terbuat dari nasi yang dimasak dengan rempah-rempah tertentu. Cita rasanya sangat otentik sehingga menjadi salah satu kuliner khas wajib bawa dicoba oleh pelancong.

Ada banyak menu andalan dari kota liwet ini. Mulai dari jajanan pasar yang bisa ditemukan saat mencari kuliner malam Solo hingga makanan rumahan hasil olahan berbagai bahan khas dari kota tersebut.

Sebut saja nasi liwet dengan citarasa gurihnya, kemudian ada juga yang namanya selat dengan citarasa unik. Selat ini merupakan salah satu makanan masyarakat asli Solo zaman dulu yang merupakan modifikasi makanan bangsawan, tapi rasanya tak kalah enak.

Kebanyakan makanan khas dari kota batik ini memang identik dengan kuah. Misalnya untuk makanan utama yang disediakan dengan nasi atau lontong hingga makanan penutup dengan rasa manis dan segar di lidah.

Semuanya sangat mudah ditemukan, masyarakat setempat berusaha melestarikan kuliner dari nenek moyang mereka tersebut secara turun temurun. Jadi, jangan kaget jika melihat makanan yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu namun masih ada dan bisa Anda nikmati.

Mau tahu lebih detail tentang kuliner Solo? Kali ini kami sudah menyiapkan 9 kuliner malam Solo yang perlu dikunjungi saat mencari kuliner Solo di malam hari. Pastinya, pengalaman kuliner di Solo akan menjadi hal yang menyenangkan.

9

Harjo Bestik Pasar Kembang

Harjo Bestik Pasar Kembang
AlamatJL. Dr Rajiman, Kemlayan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57152
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 17.00 – 00.00
No Telpon0818-0454-4472
Gigih Halim
18:00 25 Oct 21
Ini tempat bestik langganan keluarga. Hampir semua menunya enak, kecuali capcay nya; sayuran nya dikit. Ada live music keroncongnya juga 😅. Minusnya cuma satu; kadang masaknya lamaaaa bgt.
Jeffry Hermanto
12:46 17 Nov 21
Pesen Bestik Lidah, Bestik Dadar Lidah, Risoles Kuah, Elek-Elekan (off menu) & 3 wedang jeruk. Enak semua, pas sepi, staffnya ramah. Very recommended buat wiskul Solo.
E Nurdwiyanto
10:52 15 Oct 21
Ini baru tempat makan khas solo....menu banyak rasa enak... bestik lidah, lidah goreng, cap cay goreng, semua harus dicoba.....salah satu spot legenda di kota solo
NAM
13:17 22 Oct 21
Salah satu kuliner khas solo yg cukup legendaris. Bertempat di pinggir jalan utama jadi cukup mudah untuk di temui. Tersedia berbagai pilihan menu makanan dan minuman. Harga juga tidak menguras isi kantong.

8

Galabo Kuliner Malam Solo

Galabo Kuliner Malam Solo
AlamatCRHH+3V9, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57133
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 17.00 – 02.00
No Telpon0823-2765-0488
Evita Rahmawati
17:28 30 Oct 21
Harga makanan lumayan pricey sih beberapa tapi dengan tempat yg outdoor gini enak buat rame2, banyak pilihan makanan. Cocok rekomendasi buat turis yg bingung makan apa, dah bawa sini aja. Not bad kok nasi liwet, sate buntel, sate kambing dan beberapa pilihan makanan lainnya lumayan okee.Saran mungkin harusnya bisa dijadiin satu kasir, jadi satu pembayaran aja biar lebih ringkas karena ga semua stand bisa bayar cashless, harus pake uang cash, kadang ga ada kembalian dll jadi cukup ribet.
Selvi Prilianti PD
15:03 11 Oct 21
Banyak jenis makanan + ada live music. Cocok buat qtime bareng keluarga, pasangan, temen. Suasananya jg nyaman bgt. Thanks ya a udh ngajakin kesini wkwkw
kokok anggoro
00:00 03 Sep 21
Makanan yg berbagai macam disana, rata rata enak. Dengan harga yg cukup murah.Ayo serbu kesana, sayang sekali kalo tempat seperti itu harus tutup karena sepi
Ticka Pratiwi
00:30 25 Sep 21
Kalo malem2 pengen ngobrol santai sambil menikmati live music bisa disini, pilihan makanannya banyak dan gak begitu ramai, jangan lupa tetep prokes ya
grandis syahrulli
13:02 16 Sep 21
Foodcourt dengan menu makanan yang didominasi makanan khas solo, seperti timlo, selat solo, nasi liwet, tengkleng, aneka sate dll. Tempat parkir luas baik untuk mobil maupun motor.

7

Nasi Kebuli Mbah Soleh Ngru-Q

Nasi Kebuli Mbah Soleh
AlamatJl. Perintis Kemerdekaan No.66, Sondakan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57147
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Sabtu = 08.00 – 21.00 , Minggu = Tutup
No Telpon0851-0552-0002
rin Rin
04:56 26 Aug 20
Selain menu kambing ada menu ayam bakar, ayam goreng dan nasi goreng. Harga relatif.
S. Azzah
05:44 20 Nov 21
Dagingnya kambingnya enak (ngga bau apek)Ayam gorengnya lembut, digoreng garing enak banget..Harga 1 porsi kecil kambing 25k, ayam 20k.. Kalo pake nasi Biryani tambah 5k.Sayangnya, nasi kebulinya kurang mantep, rempahnya ngga kerasa, dan agak tawar (kayak nasi putih biasa).Roti Prata nya so so aja, tapi kari-nya asin banget parah..Kalo tempatnya, lumayan eye catchy :).Harga minuman standar, paling mahal 12k
Dewi Fajar
03:59 30 Aug 20
Mantab enak, murah
Elan Lazuardi
01:47 17 Nov 21
Tempatnya habis didekor ulang, jadi nyaman banget sekarang. Rasa masakan tidak berubah dari pertama kali buka, masih enak seperti biasanya. Kemarin coba nasi goreng rempah, bumbunya merasuk sampe ke dalam. Tolong pertahankan ya!
Indy Praditya
06:37 15 Sep 21
Beuhh ini nasi kebuli paling recomended kalo lgi disolo dan sangat deket dengan stasiun purwosari. Kambing dan beras mandi nya nampol ga cukup satu piring. Mantap wajib banget dicoba

6

RM Seafood Pak Petruk

RM Seafood Pak Petruk
AlamatJl. Gajahmada No.48, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 17.30 – 23.30
No Telpon(0271) 641783
Wira Intruder
02:55 16 Sep 20
Bumbunya kerasa banget, enak. Porsi jumbo, harga ga mahal..
Dionne Barbra
02:45 28 Aug 20
Kangkung cah nya banyak, crunchy, dan tasty banget
Rikas Fatharani
14:10 29 Aug 20
Mantab rasanya masakannya enak porsi super besar , ada rasa ada harga 😁👍
Andrea Brinna
14:19 29 Aug 20
Masakan lumayan enak,ter1 kepitingnya
Adityas Putri
22:47 08 Sep 20
Pesen kerang saos padang sama capcaynya, enak, porsinya gede, 1 menu bisa buat 2 orang.

5

Nasi Uduk Bebek Goreng Bu Bibit

Nasi Uduk Bebek Goreng Bu Bibit
AlamatJl. Letjen Suprapto No.111, Banyuanyar, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57137
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 10.30 – 21.30
No Telpon0856-2864-449
Rina Keliek
22:52 22 Oct 21
Ayam goreng bebek goreng nya uenaaaak banget ... tempat luas nasi nya bisa utk beberapa orang ambil sendiri sesuai porsi kita,
Ayuk Alfi
22:28 28 Oct 21
Suka banget sama rasa yang ada disini, seneng, harganya terjangkau, nasinya enak, semua enak dan mengenyangkan. Sampai nambah nasi hehehe
M Ryan Zhang
01:47 28 Aug 21
Ada paketan dengan nasi uduk (pukwe dr dalam termos yg disediakan) dan es/wedang teh. Variasi lauk ada ayam, bebek, lele, kepala bebek, uritan, rempela ati ayam dan tempe/tahu. Overall lumayan lah.
Zainal Rizal
22:11 30 Aug 21
Juara pokoknya..Bebeknya empuk banget dan bumbunya terasa sampe ke dalam, sambelnya puedeeesss.. bikin melekNasi uduknya enak dan porsinya bisa nambah langsung sepuasnya

4

Bebek Mropol Yosodipuro (Mangkubumen)

Bebek Mropol Yosodipuro (Mangkubumen)
AlamatJl. Yosodipuro No.84, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 16.00 – 23.00
No Telpon0857-0178-5887
Rizky Rizaldi
09:39 18 Sep 20
Rasanya enak sekaleee...👍
Alvin Brian
14:22 27 Aug 20
Rasa bikin ketagihan mantap dan recomended

3

Susu segar shi jack kadipolo

Susu segar shi jack kadipolo
AlamatJl. Dr. Rajiman No.313/ 319, Panularan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57149
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 16.00 – 01.00
No Telpon0813-9320-9476
didit miharja
05:05 01 Sep 20
Akhir nya kesampean minum susu ini, huhuhu😭😭
Marcella Giovanni
01:28 01 Sep 20
Susunya kental asli murniEnak harga murah
Fatata A'izza Rosyada
00:28 05 Sep 20
Tempat nyaman, lesehannya makin strategis
De Stevano Arsela
13:17 19 Sep 20
Ke solo hrus kesinii lah
Willy Talita
09:28 25 Aug 20
Enaaaak. Murah, nyaman...

2

Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno

Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno
AlamatJalan Wolter Monginsidi No.41-43, Setabelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57134
Google MapsKlik di sini
Jam bukaMinggu – Kamis = 02.00 – 07.00 , Jumat = 11.00 – 00.00 , Sabtu = Buka 24 Jam
No Telpon(0271) 630703
Paul Kabarianto
08:09 09 Sep 20
Terlalu manis, harga kurang bersahabat
ravi jamaludin Yunus
15:33 01 Sep 20
Gudeg legend, rasanya wenak..
Galuh Nawang
01:02 18 Sep 20
Areh nya enak..
beby vienta dewi
06:49 23 Sep 21
Kuliner yg wajib di singgahi buat para pelancong ke kota surakarta ini .. dulu waktu masih tinggal di Jakarta tiap balik solo sampenya tengah malem pasti mampir kesini buat makan gudeg cakarnya.. walau buka di jam2 pocong alias tengah malam tp ruamenyaaaa gaa nahan ..Skrg udh tinggal di Solo jadi klo mau beli udh tau timingnya ahhaaaa
Aditya P. Nugraha
00:02 14 Nov 21
Nah ini langganan setiap kali ke Solo. Joss tenan! Tp 1 porsi sih kurang ya. Minimal 2 porsi lah. Ayam kampungnya empuk, krecek nya enak. Nasi liwetnya enak. Tp jam 7 udh tutup jadi ya waktunya diatur jgn sampai lagi makan udah beres2. He3

1

Gudeg Podomoro Relasi

Gudeg Podomoro Relasi
AlamatCQRH+55W, Dusun II, Makamhaji, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57161
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Sabtu = 00.00 – 22.30 , Minggu = Tutup
No Telpon
Dini Caraka
08:25 17 Nov 21
Mungkin ini gudeg yang paling beda yang pernah saya makan. Umumnya gudegnya itu berwarna coklat pekat, diguyur kuah areh kental, beserta sambel goreng krecek, dan telur pindang. Tapi... Disini beda. Gudengnya itu terpisah dr kuahnya. Jadi nangka mudanya dimasak terpisah dengan daun singkong dan kemudian kuah pedes sambel gorneg dan kuah opornya kental sekali dan terpisah juga. Jika dimakan nangkanya saja cenderung Tawar sedikit berbumbu hnya aku tidak tau dibumbuin apa, sedikit gurih saja. Jadi bagi pecinta gudeg yogya, gudeg kendil, serta gudeg-gudeg dengan cita rasa manis, gag cocok makan disini. Namun jika ingin makan gudeg dengan cita rasa berbeda. Monggo... Silahkan mencoba. Bisa dibawa pulang juga. Jika mau dibawa pulang bisa bilang mau berapa ribu ut gudegnya. Selain itu ada ceker bledek, ayam bacem, ayam bumbu kuning, telur pindang, dan ayam suir sebagai pelengkap. Uniknya disini itu ada telur sarang goreng yg gede betttt.... Buka dr jam 12 siang sampe jam 11 malam. So.... Jangan tergesa buat takut kehabisan yak. Stok melimpah.
derembang ndarus
12:18 17 Oct 21
Hati2 tertipu... Podomoro dan relasi beda cuy.. Yg legend yg relasi, nempel banget sama podomoro.. Dan yg punya tempat parkir podomoro, jadinya banyak yg salah lokasi
Bernadetha Aurelia
15:19 05 Nov 21
Gudeg Podomoro Relasi ini bisa dibilang gudeg yg rasanya beda dari yg pernah aku coba per-gudeg-an solo city. Asiiik si nemu local food yg rasanya unik gini.
Danang Putranto
06:55 03 Aug 21
Selamat mencoba gudheg sini..Saya yg jamin, rasa antara gudheg jogja dan solo ..Disinilah yg termasuk mempunyai rasa khas tersendiri menurut ku dan istri.Selamat menikmati.. Have enjoy
Putri Sari Dewi
09:04 16 Nov 21
Gudeg nya matullll, enak bgtty murah seporsi cuma 7rb. Pokoknya enak bgt nagihhhh superrr mantap