Pantai Nampu: Harga Tiket Masuk, Rute, Hal Menarik & Review Pengunjung!

Wonogiri, Jawa Tengah menyimpan sejuta potensi wisata dari keindahan alamnya yang masih asri dan terjaga. Salah satu lokasi wisata hits yang ada di Wonogiri adalah Pantai Nampu atau Nampu Beach. Pantai ini mempunyai pemandangan yang sangat eksotis hingga menghadirkan nuansa damai dan tenang.

Objek wisata Nampu Beach berada dekat dengan beberapa spot wisata pantai lainnya sehingga dari segi pesona alamnya memang tidak terlalu jauh berbeda. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai dengan pasir putih ini.

Pantai Nampu

Sebagai pantai lainnya yang ada di sisi selatan Pulau Jawa, Nampu Beach memiliki laut dengan ombak yang cukup besar dan kuat sehingga tidak disarankan untuk digunakan sebagai tempat berenang atau menyelam.

Pantai ini juga dikelilingi oleh perbukitan karst yang memang menjadi karakteristik utama dari banyak pantai di laut selatan Pulau Jawa. Nampu Beach mempunyai garis pantai yang cukup panjang dengan butiran pasir putih nan halusnya yang sangat mempesona.

Jika Anda sedang berkunjung ke Wonogiri dan sekitarnya, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk berwisata ke Nampu Beach. Nampu Beach sendiri sebenarnya terdiri dari tiga pantai yang masing-masingnya dipisahkan oleh bukit karst.

Pantai utama dari ketiga pantai tersebut adalah lokasi paling terkenal dan favorit masyarakat. Beberapa alasan yang menjadikan pantai utama ini paling favorit dikarenakan pemandangannya yang indah, dengan akses paling mudah.

Jika wisatawan ingin menjangkau bagian pantai yang lain, wisatawan harus trekking terlebih dahulu melewati jalan setapak. Oleh karena itu, tidak semua wisatawan mau mengunjungi Nampu Beach bagian lainnya.

Harga Tiket Masuk

Salah satu hal paling utama yang membuat wisata di Nampu Beach sangat menarik adalah karena biaya masuknya yang hanya Rp 2000. Siapa sangka pantai yang sangat hits dengan pemandangan alam sangat indah dengan garis pantai pasir putih di tepian air laut berwarna biru ini dapat diakses dengan biaya murah.

Biaya yang harus dikeluarkan pengunjung hanyalah tiket masuk seharga Rp 2000 dan biaya parkir. Biaya parkir untuk kendaraan motor roda dua adalah Rp 2000 sementara biaya parkir mobil sebesar Rp 5000.

Para pengunjung bebas mengunjungi Nampu Beach kapanpun mereka inginkan karena jam operasional pantai ini selama 24 jam. Jika mengikuti saran penduduk setempat, waktu terbaik mengunjungi Nampu Beach adalah saat sore hari sembari menikmati suasana matahari terbenam atau sunset.

Saat sore hari, air laut juga sedang surut sehingga lebih mudah untuk mengeksplorasi bibir pantai. Pada sore hari akan ada banyak masyarakat lokal berkumpul di pantai untuk menangkap gurita, ikan dan teripang.

Rute Menuju Pantai Nampu

Pantai Nampu berada di Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Untuk sampai ke lokasi pantai ini ada dua rute utama yang bisa Anda gunakan. Rute yang pertama adalah dari pusat Kota Wonogiri dan yang kedua dari pusat Kota Solo.

Rute pertama jika Anda ingin berkunjung ke Nampu Beach melalui pusat Kota Wonogiri, maka jarak yang ditempuh sekitar 78 km. Jalan yang dilalui adalah melalui Jalan Raya Solo Pacitan. Waktu tempuh menggunakan kendaraan bermotor sekitar 2 jam 9 menit.

Sementara jika Anda berkunjung ke Nampu Beach dari pusat Kota Solo, maka jarak yang ditempuh sekitar 92 km. Dari pusat Kota Solo ke Desa Dringo Nampu Beach bisa melalui Jalan Raya Solo Pacitan. Waktu tempuh yang dibutuhkan menggunakan kendaraan bermotor adalah 2 jam 43 menit.

Dari Kota Solo, ambil jalan menuju Kabupaten Wonogiri melalui Kabupaten Sukoharjo sampai melewati Waduk Gadjah Mungkur. Lurus terus hingga Anda melihat jalan percabangan dengan papan petunjuk jalan. Ambil arah menuju Pracimantoro/Yogyakarta.

Lurus mengikuti jalan dengan arah menuju Wonosari. Selanjutnya ambil arah kanan ke Paranggupito hingga terdapat papan petunjuk jalan ke Nampu Beach.

Hal Menarik di Pantai Nampu

Meski saat ini sudah menjadi spot wisata yang hits, namun Nampu Beach masih belum seramai pantai lainnya dalam hal jumlah pengunjung. Oleh karena itu pantai ini adalah tempat terbaik bagi wisatawan untuk menikmati suasana indah pantai dalam kedamaian.

  • Menikmati Keindahan Alam Sunrise dan Sunset

Keindahan alam yang ditunjukkan oleh Pantai Nampu akan semakin mempesona ketika kita menikmatinya saat sunrise dan juga sunset. Menariknya, pantai ini mempersilahkan para wisatawannya untuk mendirikan tenda atau camping di pinggir pantai.

Jika Anda ingin menikmati momen sunrise di pantai, Anda bisa menginap di tenda semalam sebelumnya sehingga saat matahari terbit Anda dapat langsung mengambil foto berlatar matahari terbit.

Hanya saja wisatawan harus membawa peralatan camping sendiri karena di pantai tidak menyediakan penyewaan alat camping. Anda juga bisa menikmati suasana syahdu saat matahari terbenam di tepi pantai sambil duduk di gazebo pinggir pantai.

  • Spot Berfoto Keren

Pantai ini memang sangat cocok sebagai tempat berfoto. Pengunjung bisa mengambil foto secara bebas dengan menjelajahi tebing-tebing karst di sekelilingnya. Pesona lain yang sangat indah untuk diabadikan dari pantai ini adalah gradasi air laut berwarna hijau muda dan biru.

  • Banyak Kios Makanan Laut

Saat mengunjungi wisata pantai apa yang Anda ingin lakukan? Tentu salah satunya adalah mencicipi makanan khas pantai yang terdiri dari rangkaian makanan sea food segar. Banyak warga lokal yang menjual aneka makanan laut seperti cumi goreng, ikan bakar, gurita dan sebagainya.

Anda juga bisa membeli minuman segar berupa kelapa yang sangat segar atau es degan. Pedagang setempat juga ada yang menjual aksesoris unik berupa kalung, gelang, tirai, tas dan baju bertuliskan pantai ini.

  • Karang Laut yang Menawan

Keindahan lain yang disajikan oleh Nampu Beach adalah karang lautnya yang masih asri dan menawan. Karang laut ini makin terlihat jelas ketika air laut sedang surut di sore hari. Anda bisa mengambil foto dengan latar karang laut yang sangat menawan ini.

Jika Anda ingin menikmati suasana syahdu di Pantai Nampu yang damai dan tenang, sangat disarankan untuk mengunjungi pantai ini saat weekdays yakni Senin sampai Jumat. Disarankan untuk memakai kendaraan pribadi saat mengunjungi pantai ini agar Anda bisa lebih bebas mengeksplorasi.

Review Pengunjung

Ares Knight
12:46 06 Dec 21
1. Parkir : Lahannya enggak terlalu banyak dan luas2. Akses : Dari parkiran tangganya masih bagus, tapi semakin rada kebawah akses tangganya kurang bagus dan baik, kemarin kesana bahkan ada anak tangga yg longsor sedikit, jadi harus hati-hati untuk yg bawa anak kecil dan lansia yg oke untuk naik turun tangga yg gapnya tinggi.Sedihnya, kalau mau pergi ke pantai ini sekeluarga yang ada lansia dan penyandang disabilitas itu gk ada akses. Setau saya karna hanya ada tangga (main akses) itu tok yang saya lihat. No offense, padahal kita masuk bayar dari perorang dan kendaraan itu sendiri, tapi akses ke pantai belum di perbaiki. Semoga bisa jadi perhatian warga, tomas, pemerintah disana buat ngeimprove akses dan sarana di pantai, karena pantainya bagus. Sayang kalo gk di perhatiin.3. Kebersihan : Pergi kesana november 2021, dan belum musim libur sekolah & covid jadi sepi. Cuma ada 3 warung pinggir pantai yg jual makanan, 2 dibawah dan 1 diatas.Dekat warung (bawah) itu cukup banyak sampah. "Oke, karena warung jadi banyak sampah", sorry but that's not an excuses:)Ketika berjualan dipantai, sudah pasti tau angin kenceng, sampah bisa berterbangan, jadi harusnya do something with it. Bukan cuma "yg penting sampahnya sudah masuk tong sampah" tapi make sure itu gk akan terbang sampe ngecemarin pantainya. Pas kemarin ada yg main pasir, itu di dalam pasir nemu gelas plastik, pulpen, bungkus mie yg kegunting, bungkus sedotan, etc. Sedih banget, padahal masih ada kepiting pantai kecil-kecil warna putih yg masih suka jalan-jalan. Tolong jadi perhatian, siapapun yg baca 🙂 untuk jangan buang sampah sembarangan, dan ikut nyadarin orang lain kalau ada sampah yg gk kebuang dengan baik 🙂
jaka haryanta
09:57 06 Oct 21
Pantai nampu, terletak di kabupaten Wonogiri Jawa Tengah adalah salah satu pantai di deretan laut Selatan.Pantai yang berpasir putih di kelilingi oleh perbukitan di sekitarnya mempunyai pesona tersendiri bagi para pengunjungnya..Bibir pantai yang landai, banyak hamparan karang, menjadikan pantai ini lebih aman untuk para pengunjung untuk bermain air, baik tua maupun muda bahkan anak anakpun aman untuk bermain di pantai ini..Tempat parkir yang luas dan teratur serta ongkos parkir yang terjangkau menambah kenyamanan berkunjung di tempat ini..Perjalanan ke pantai ini cukup mudah, akses jalan sudah mulus, mobil bisa papasan walaupun di tempat tempat tertentu, salah satu mobil harus berhenti untuk bisa berpapasan..Banyak jalan naik turun untuk mencapai pantai ini, namun demikian tanjakan yang tidak terlalu ektrim, menjadikan mudah dilalui dan bisa dinikmati dengan santai..Pasirnya yang putih, ombak yang sesekali menerpa agak besar, membuat kita sejenak melupakan kejenuhan aktivitas keseharian kita.Bukit bukit yang mengelilingi, banyak ditumbuhi pohon pandan yang menyajikan keindahan tersendiri bagi penikmat nya..Bila anda jeli, akan anda dapatkan spot spot foto yang indah..Semakin sore, ombak disini semakin besar, sehingga perlu kewaspadaan bagi pengunjung semuaPada saat musim kemarau, terkadang air untuk mandi bilas, agak terlambat datangnya, sehingga perlu bersabar untuk antri mandiBanyak pedagang di pinggir pantai, rata rata mereka berjualan kelapa muda, dan aneka minuman botol lainnya..Makanan yang tersedia rata rata berupa mie dalam cup, jadi saya rasa bila anda ingin berkunjung ke pantai ini lebih baik membawa bekal dari rumah..Harga makanan dan minuman disini wajar, harga seperti umumnya..Recommended bagi anda yang suka destinasi wisata pantai..
Rias Ikasafira
10:53 31 Oct 21
Bagus sumpah.. Masih sangat asri alami, pasirnya putih bersih. air pantainya bening biru kehijauan. Akses jalan ke sana nya juga mudah ditempuh pake spd motor / roda 4. Jalannya aspal full, tidak terlalu ekstrim sih.. untuk pemula asal tidak ngebut juga aman.Hanya saja tangga ke bawah menuju pantai kurang memadai, saya pernah hampir terpelset saat menuruni tebingnya, Saran saja agar dibangunkan akses jalan setapak yang lebih memudahkan bagi wisatawan terutama anak kecil.
maul aja
10:42 28 Sep 21
keren banget pantaine recommended tapi buat pemerintah daerah kalo misal ada dana bisa laa jalur nya di lebarkan lagi soalnya kalau ada 2 mobil beda arah mepet banget salah satu mobil sama jurang jadi takut aja kalo nyetir kesono