Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu adalah pantai yang lekat dengan kisah mistis. Tapi meski demikian, keindahan pantainya sangatlah eksotis. Hal ini menarik banyak wisatawan untuk mengunjungi dan menikmati keindahan alam dan menghabiskan waktu di pantai yang terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini.

Pantai ini memiliki bentang alam yang sangat unik dan jarang ditemui di pantai – pantai lain di Indonesia. Di sini Anda bisa menemukan berbagai macam pemandangan alam seperti hutan dan gunung. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pantai Pelabuhan Ratu di liburan mendatang, berikut informasi selengkapnya.

Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu adalah pantai yang terletak di Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Lebih tepatnya, pantai ini terletak sejauh 60 km ke arah selatan dari pusat Kota Sukabumi.

Pantai ini memiliki gelombang ombak yang cukup besar. Sehingga tidak direkomendasikan bagi pengunjung pantai untuk berenang di sini karena cukup berbahaya. Topografi pantai ini berupa pantai yang curam, lalu landai, hutan cagar alam, dan juga sisi yang terjal.

Topografi inilah yang membuat Pantai Pelabuhan Ratu terlihat sangat eksotis. Karena dengan kontur alam yang sedemikian rupa, Anda bisa mendapatkan foto selfie yang sangat indah. Terutama saat matahari tenggelam.

Pantai Pelabuhan Ratu sendiri sangat kental dengan kisah mistisnya yang diceritakan dari mulut ke mulut. Masyarakat setempat percaya bahwa pantai ini berhubungan kuat dengan Nyi Roro Kidul yang mitosnya merupakan makhluk halus penguasa laut selatan.

Konon, di pantai ini terdapat gerbang tak kasat mata tempat memasuki kerajaan Nyi Roro Kidul yang berada di alam lain. Berkaitan ini, ada beberapa larangan yang sebaiknya diikuti saat mengunjungi Pantai Pelabuhan Ratu.

Harga Tiket Masuk

Meskipun sudah sangat terkenal dan memiliki pemandangan alam yang indah, untuk bisa masuk ke Pantai Pelabuhan Ratu Anda tidak akan dikenakan biaya sama sekali. Anda hanya cukup mengeluarkan uang untuk biaya parkir kendaraan saja.

Adapun beberapa fasilitas yang tersedia di sini diantaranya : area parkir kendaraan, restoran seafood, penyewaan kuda, penyewaan papan surfing, penginapan / hotel, pusat informasi, masjid, life guard, dan lain-lain.

Khusus untuk papan surfing, jika Anda tidak lihai dalam berselancar maka tidak direkomendasikan untuk menyewa wahana tersebut. Mengingat ombak di pantai ini tergolong cukup besar.

Untuk jam buka, pantai ini buka selama 24 jam dalam satu Minggu, dalam artian Anda bisa mengunjunginya kapan saja.

Rute Menuju Pantai Pelabuhan Ratu

Rute menuju Pantai Pelabuhan Ratu sangatlah mudah diakses. Selain itu tempat wisata ini juga sudah dikenal sangat baik oleh penduduk sekitar jadi jalan ke sana sudah cukup aman dan jalannya sudah full aspal jadi bisa dilalui segala jenis kendaraan umum.

Untuk bisa ke sana, dari terminal Jakarta atau Bogor Anda bisa mengambil bus jurusan Pelabuhan Ratu – Bogor. Jika dari terminal Bandung atau Sukabumi, gunakan bus jurusan Pelabuhan Ratu – Sukabumi. Dari daerah Pangandaran atau jalur pantai selatan, gunakan bus jurusan Pelabuhan Ratu – Pangandaran.

Sedangkan untuk daerah yang dekat dengan Pelabuhan Ratu, Anda bisa mencapainya dengan jalan kaki atau menggunakan kendaraan pribadi.

Hal Menarik di Pantai Pelabuhan Ratu

  • Bermain di Pasir yang Lembut

Meskipun pantai ini terdiri dari bagian yang terjal, namun Anda masih bisa menemukan bagian yang berpasir lembut. Di sini, Anda bisa bermain pasir sambil menikmati indahnya pantai. Cocok bagi Anda yang membawa anak-anak dan mengajak mereka bermain pasir untuk mengasah kreatifitas mereka di alam.

  • Bermain Air di Tepi Pantai

Selain bermain pasir, tentu Anda bisa bermain air di sekitaran tepi pantai Pelabuhan Ratu ini. Di tepi pantai, ombak yang menderu tidak terlalu ganas sehingga masih cukup aman. Namun untuk aktivitas ini sebaiknya lihat kondisi desiran ombak yang sedang berlangsung saat itu.

Karena jika ombak terlalu besar, sebaiknya hindari aktivitas ini untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi. Akan tetapi jika ombak sedang tenang, Anda bebas melakukannya dengan tetap berhati-hati.

  • Menikmati Ombak yang Indah

Ombak yang besar bukan berarti Anda tidak bisa lagi bersenang-senang. Karena ombak seperti ini justru akan menciptakan pemandangan yang indah di hadapan Anda. Selain itu, di ombak tersebut Anda juga bisa menikmati atraksi orang-orang berselancar.

Memang, pantai ini merupakan salah satu pantai terbaik dan pantai favorit bagi para peselancar.

  • Berselancar

Bagi Anda yang memiliki skill berselancar, jangan lewatkan untuk melakukan surfing di pantai yang satu ini. Ombak di sini bisa mencapai 4 meter yang tentunya menjadi ombak idaman para peselancar. Setidaknya ada 9 titik untuk berselancar di Pantai Pelabuhan Ratu, diantaranya :

  1. Karang Sari
  2. Batu Guram
  3. Cimaja
  4. Samudra Beach
  5. Indicator
  6. Ujung Genteng
  7. Ombak Tujuh
  8. Sunset Beach
  9. Karang Haji.
  • Pesta Laut

Ada hal unik yang bisa Anda temukan di Pantai Pelabuhan Ratu, yaitu Pesta Laut. Ya, di pantai ini memang masih sering diadakan acara-acara adat masyarakat setempat seperti Pesta Laut. Acara ini sendiri diadakan sebagai ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan atas hasil tangkapan laut yang didapatkan.

Pesta Laut biasanya terdiri dari berbagai macam acara seperti pertunjukan kesenian lokal, bakti sosial, perlombaan, pentas budaya, dan lain-lain. Jika Anda ingin menyaksikan event budaya ini, Anda bisa mengunjungi Pantai Pelabuhan Ratu di bulan April. Karena acara tersebut diadakan di bulan April selama 2 hari berturut-turut.

  • Menginap di Hotel Bersejarah

Jangan lewatkan sensasi menginap di hotel bersejarah yang berdiri di sekitar pantai ini. Nama hotelnya adalah Inna Samudra Beach Hotel. Hotel tersebut dibangun sejak pemerintahan Presiden Soekarno.

Hotel ini dibangun atas kerja sama Jepang dan Indonesia pada waktu itu. Konon menurut cerita masyarakat, di hotel ini juga terdapat kamar yang menjadi kamar Ratu Pantai Selatan Nyi Roro Kidul.

Sebagai destinasi wisata pantai, ada banyak hal yang bisa Anda nikmati di sini. Bukan hanya pemandangan yang indah, tapi juga olahraga air, pertunjukkan budaya, hotel bersejarah, hingga wisata mistis berdasarkan cerita masyakarat yang berada di sekitar pantai ini.

Review Pengunjung

Wawang Joemhawan
07:14 31 Oct 21
Pantai plabuhan ratu sngat indah dan asri tempat yg cocok untuk berwisata baik rombongan maupun indifiduSepanjang patai plabuhan ratu ada beberapa tempat yg sangat bagus untuk bisa d kunjungi dianataranya pantai cipatuguran disana ada goa lalay tempat bersarangnyh binatang lalay (bhs sunda) akan lebih baik kalo berkunjung ke goa lalay pd sore hari menjelang malam anda bisa lihat ratusan bahkan ribuan binatang lalay keluar dr goa.. Sangat menakjubkan. Kemudian pantai gado bangkong nah disini anda suka makan ikan laut bisa beli ikan laut yg segar2 baru datang dr laut hasil tangkapan nelayan... Kemudian pantai cetepus disini panatai bagus sekali bisa buat berenang karna dasar pantainyh pasir ada bnyak penginapan dg harga sewa terjangkau juga rumah makan yg harga murah2 pokonyh mnatap irit d kantong... Kemudian pantai Karang Hawu sangat indah juga dengan gembang pantai yg sangat tinggi sayang d panatai ini ngak bisa buat berenang karna bnyak batu karang tp jngan kecewa buat penggembar selfi sangat bagus pemandanganyh karna batu2 itu sebgai lantar back ground ok banget.. Lalu Pantai Samudra Beach Hotel sangat bagus panatainyh bisa buat berenang ada juga buat main surfing.. Danpaling ujung dekat perbatasa banten ada pantai Cibangban dan Pantai Cikembang patai yg terahir ini masih sangat muda sekali karna lingkungan nyh masih sangat asri sekali cocok buat srfing... Dari semua tempat itu d atas sudah tersedia lahan pakir dan toilet yg mamadai.. Silahkan anda berkunjung untuk merasakan sesasi pantai yg asri dan indah
Dedy E Suganda
09:41 27 Sep 21
Jalan raya bagus...kl dr Jakarta/Sukabumi cukup nyaman...tp kl arah pulang sebaiknya siapkan stamina dan konsentrasi lebih. Karena rute jalan yg cukup menantang.Pantai nya sendiri cukup nyaman, lumayan bersih. Direkomendasikan pantai depan hotel Augusta. Lengkap ada musholla, jajanan hrg sama kayak jakarta
Riris Risma
17:15 04 Oct 21
Pengalaman yg menyenangkan bisa berada di ketapang ressort pelabuhan ratu, hy jlnnya sj yg blm bagus msh batu2. Tempat bersih, makanannya jg enak. Next time sy mau deh balik ksitu lg
Yanyan Nuryanto
10:06 29 Oct 21
Pantai Palabuhanratu merupakan bagian dari Geosite Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark yang layak dinikmati sebagai lokasi wisata keluarga,. Keberagaman destinasi yg tersebar di 7 Kecamatan yang patut disinggahi..ingat wisata pantai tidak hanya ada di Palabuhanratu,..masih ada beberapa pantai yg layak dinikmati sebagai tempat liburanbersama keluarga
khairunnisa
02:27 13 Nov 21
Wisata pantai ramai di sukabumi. Ada karang hawu, citepus, cibangban dll. Paling ramai citepus n karang hawu.. Terdapat tempat istirahat villa/hotel, resto cafe tempat makan.. Saung2 warga lokal, dan pedagang lokal..