Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng adalah salah satu wisata alam bahari yang saat ini cukup terkenal di bagian selatan Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Pantai ini dinamai Ujung Genteng karena memang berlokasi di daerah Ujung Genteng Kabupaten Ciracap.

Meski pantai ini sudah semakin terkenal sebagai spot wisata alam yang ada di Sukabumi, namun kepopulerannya masih belum seberapa dibandingkan pantai lain yang ada di Jawa Barat. Tentu saja hal ini memiliki keuntungan tersendiri khususnya bagi wisatawan yang ingin suasana tenang dan damai.

Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng atau Ujung Genteng Beach dikenal sebagai mutiara tersembunyi karena lokasinya yang terpencil. Meski begitu, pihak pengelola Ujung Genteng Beach telah menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan para wisatawan yang sedang berkunjung.

Fasilitas yang disediakan meliputi toilet yang bersih, parkiran kendaraan luas, mini market dan juga mushola. Para wisatawan yang ingin menikmati makanan laut juga bisa mengunjungi berbagai warung makan yang ada di dekat pantai.

Warung makan ini menjual kuliner khas Sukabumi dari seafood segar. Selain itu ada juga kios yang jual cinderamata. Jika mau menginap, ada beberapa penginapan lokal yang bisa disewa.

Harga Tiket Masuk

Untuk mengunjungi Ujung Genteng Beach, Anda hanya perlu mengeluarkan dana sebesar Rp 10 ribu per orang. Biaya tiket masuk ini belum termasuk dengan biaya parkir kendaraan. Namun tidak perlu khawatir karena biaya parkir kendaraan di Ujung Genteng Beach sangat murah.

Biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 2 ribu. Sementara biaya parkir roda empat yakni mobil pribadi sebesar Rp 5 ribu saja. Jika Anda berkunjung ke Ujung Genteng Beach dengan rombongan menggunakan bus, maka biaya parkirnya sebesar Rp 10 ribu.

Pantai ini buka selama 24 jam setiap hari sehingga Anda bebas memilih kapan saja waktu paling nyaman untuk berwisata ke Ujung Genteng Beach. Namun, di malam hari tidak ada penjaga di area parkir sehingga pastikan Anda memarkirkan kendaraan dengan aman.

Rute Menuju Pantai Ujung Genteng

Untuk mengetahui rute menuju Pantai Ujung Genteng, pertama-tama Anda harus mengetahui lokasi pantai ini secara tepat. Ujung Genteng Beach berada di daerah Ujung Genteng, tepatnya di Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

 Terletak di sisi selatan Sukabumi, jarak pantai ini sekitar 80 km dari pusat kota Sukabumi. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai spot wisata ini dari Jakarta adalah sekitar 6 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Sementara jika perjalanan menuju Ujung Genteng Beach dari kota Bandung hanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam perjalanan. Di sepanjang perjalanan, Anda bisa menikmati pemandangan alam yang masih sangat asri khas pedesaan.

Anda juga bisa pergi ke Ujung Genteng Beach menggunakan transportasi umum yakni bus tujuan Sukabumi. Selain menggunakan bus tujuan Sukabumi, Anda juga bisa pergi ke Ujung Genteng Beach menggunakan kereta lokal dari Stasiun Bogor maupun Bandung.

Nantinya, perjalanan dapat dilanjutkan menggunakan angkutan umum ke arah Surade dari terminal Lembursitu Sukabumi. Namun, wisatawan lebih dianjurkan untuk menggunakan kendaraan pribadi.

Hal Menarik di Pantai Ujung Genteng

Ujung Genteng Beach menawarkan pemandangan eksotis seperti halnya yang biasa kita lihat di film-film dengan latar pulau terpencil. Ada banyak hal menarik yang bisa kita jelajahi dan lakukan di lokasi Ujung Genteng Beach:

  • Nuansa Seperti Pulau Terpencil

Apakah Anda penasaran bagaimana rasanya berada di pulau terpencil? Anda bisa berwisata ke Ujung Genteng Beach untuk merasakan nuansa asri nan eksotis yang ditawarkan pantai ini. Pantai ini menawarkan pemandangan alam eksotis karena memang masih jarang dikunjungi oleh manusia.

Ada beberapa faktor yang membuat pantai ini jarang dijamah manusia, yakni akses ke pantai yang memang lebih terpencil sehingga sulit diakses oleh kendaraan. Namun tentu saja perjuangan tersebut akan terbayar saat Anda melihat pemandangan yang ada di tepi pantai.

  • Bermain Air Tepi Pantai

Tidak seperti air laut yang ada di pantai bagian selatan Jawa, Ujung Genteng Beach memiliki air laut dengan ombak yang tergolong lebih tenang. Selain itu, air laut di sekitaran pantai ini tergolong sangat jernih dan masih bersih.

Oleh karena itu ada banyak kegiatan wisata air yang bisa dilakukan oleh para pengunjung di tepi pantai. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan seperti berenang. Sementara ketika air sedang pasang, pantai ini bisa menjadi spot yang bagus untuk bermain papan selancar.

  • Spot Foto yang Menawan

Ujung Genteng Beach masih belum banyak dijamah oleh wisatawan. Hal ini membuat banyak bagian dari Ujung Genteng Beach sebagai spot wisata yang menawan karena masih jarang dilihat orang. Beberapa spot foto utama adalah puing bekas dermaga peninggalan penjajahan Belanda.

Objek foto berupa puing dermaga peninggalan penjajahan Belanda ini adalah spot foto ikonik dari tempat ini.

  • Menyantap Kuliner Laut yang Segar

Karakteristik wisata laut kurang lengkap jika Anda tidak mencicipi kuliner laut yang segar langsung di tepi pantai. Di tempat wisata Ujung Genteng Beach, para wisawatan dapat merasakan sensasi menyantap kuliner laut segar yang baru ditangkap oleh nelayan.

Wisatawan juga bisa membeli hasil laut segar untuk dimasak di rumah. Tapi jika ingin langsung dimakan, Anda bisa memintanya untuk dibakarkan di warung makan.

Lokasi Pantai Ujung Genteng tidak terlalu jauh jaraknya dari berbagai pantai-pantai utama yang ada di Sukabumi seperti Pantai Pelabuhan Ratu, Pantai Cimaja, Pantai Cibangban, Pantai Karang Hawu dan Pantai Citepus. Pastikan Anda bawa kamera untuk mengabadikan setiap momen di Ujung Genteng Beach.

Review Pengunjung

Yudi Prayoga
22:29 06 Aug 20
Pantai nya cukup bersih..bagus untuk foto2..Masuk pantai nya murah meriah..
Naufal Ardiansyah
11:51 12 May 21
Pantai indah, namun harus hati-hati karena pantai berkarang.
Agung Thomas
06:32 23 Jun 21
Swab antigen hanya 105rb saja, murah dan hasilnya akurat
Seafood Pingit
10:52 04 Sep 21
Kemarin main kesana sayang mati lampu lamaa...
Ugan
10:43 20 Jun 21
Pantainya bagus tetapi agak kurang diperhatikan sama pemerintah, tidak seperti pangandaran..