7 Rekomendasi Pusat Oleh-oleh Cirebon, Murah & Lengkap!

Kota Cirebon memang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, karena memiliki berbagai destinasi wisata. Oleh karena itu, di kota Cirebon ini sudah banyak rest area lengkap dengan pusat oleh-oleh Cirebon.

Kota Cirebon juga jadi salah satu kota paling besar yang berada di Provinsi Jawa Barat. Kota besar ini, berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. Tidak heran bila wisatawan yang datang berasal dari Jawa Tengah.

Seperti halnya dengan Bandung, Kota Cirebon juga memiliki makanan khas yang bisa Anda jadikan sebagai buah tangan. Memikirkan buah tangan memang menjadi repot bila tidak menemukan rekomendasi oleh-oleh yang tepat. Perhatikan saja rekomendasi buah tangan seperti berikut ini;

  • Sirup Tjampolay

Minuman khas dari kota Cirebon yang bisa Anda beli untuk buah tangan adalah sirup tjampolay. Minuman Sirup tjampolay ini sudah lama diproduksi, diperkirakan mulai tahun 1936 dan memiliki cita rasa manis.

Masyarakat menyebutnya sebagai minuman legendaris. Tidak heran jika sirup ini sering dijadikan sebagai minuman utama hotel-hotel ternama di Kota Cirebon. Sirup tjampolay ini tersedia dalam berbagai varian rasa seperti melon, mangga, moka, cocopandan, Leci dan lain sebagainya.

  • Kerupuk Kulit

Cemilan khas dari kota Cirebon selanjutnya adalah kerupuk kulit, sering disebut dengan kerupuk rambak oleh sebagian masyarakat. Cemilan khas yang satu ini juga cocok dijadikan sebagai Buah tangan, selain cocok dengan lidah harganya juga cocok dengan dompet.

Kerupuk kulit khas Kota Cirebon ini memiliki cita rasa yang unik. Kerupuk kulit asli Cirebon berbeda dari keripik kulit sapi, ikan atau kerbau yang dijual di daerah lain. Terdapat sedikit tips jika Anda ingin membeli kerupuk kulit khas Cirebon agar tahan lama. sebaiknya, Anda membeli dalam bentuk mentahannya saja.

  •  Terasi Udang Khas Cirebon

Terasi udang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Anda. Ternyata terasi udang khas Cirebon dapat dijadikan sebagai buah tangan. Pemikiran bahwa oleh-oleh harus barang mahal atau besar bisa dipatahkan oleh terasi udang.

Sama halnya dengan terasi lainnya, terasi Kota Cirebon ini terbuat dari udang atau rebon. Namun terdapat perbedaan khusus di mana terasi khas Cirebon tidak memakai pengawet sama sekali. Anda dapat membeli terasi khas kota Cirebon ini di pusat oleh-oleh Cirebon.

  • Tape Ketan Daun Jambu

Rekomendasi makanan selanjutnya yang bisa Anda jadikan buah tangan adalah tape ketan daun jambu. Rasa unik dari fermentasi ketan menciptakan rasa unik ketika diletakan di daun jambu. Rasanya menjadi khas dan mencari identitas Kota Cirebon.

Selain itu, menu jajanan pasar yang memiliki cita rasa manis serta asam tersebut juga termasuk dalam kuliner khas Cirebon. Uniknya, meskipun namanya tape ketan daun jambu para penjual membungkus tape ketan menggunakan daun pisang jadi Anda jangan terkecoh.

Perlu Anda ketahui bahwa jajanan pasar tape ketan daun jambu ini bisa bertahan hingga 2 hari lamanya. Oleh karena itu tape ketan daun jambu praktis jika dibawa pulang untuk menjadi buah tangan

  • Kue Serabi

Kue serabi merupakan makanan khas dari Cirebon yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan. Proses memasak kue serabi di Cirebon Ini masih menggunakan cara tradisional, dengan menggunakan kayu bakar sebagai sumber apinya.

Namun untuk mengikuti perkembangan zaman kue serabi sekarang sudah terdapat beberapa varian rasa menarik. Tapi, Anda yang mau mencobanya dalam varian rasa harus menemukan pusat oleh-oleh yang modern.

Dari berbagai banyaknya pusat oleh-oleh yang terdapat di kota Cirebon, pastinya akan membuat Anda bingung. Tidak perlu dibuat pusing masalah pusat oleh-oleh Cirebon karena Anda bisa berkunjung ke beberapa referensi toko buah tangan berikut;

7

Sumber Jaya Cirebon

Sumber Jaya Cirebon
AlamatJl. Siliwangi No.229-231, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45123
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 07.30 – 21.00
No Telpon0819-1140-0002
Sp Hartono
15:55 21 Oct 21
Toko oleh-oleh khas Cirebon yang lumayan lengkap. Berada di tengah kota Cirebon, berhadapan persis dengan pasar pagi kota Cirebon. Untuk harga standar atau wajar untuk ukuran toko oleh-oleh..Banyak pilihan dari petis, ikan asin, tape ketan, telor asin pangon, keripik tempe dan masih banyak lagi..Selain toko sumber jaya masih ada beberapa toko sejenis dalam deretan yang sama..Mantap pokoknya..#Kamis 21 Oktober 2021
Yustisi kartika Putri
09:38 03 Oct 21
Tempat oleh-oleh khas cirebon yang ada di pusat kota. Tokonya tidak terlalu ramai. Tersedia berbagai merek kerupuk udang mentah dari yang bentuknya besar sampai kecil. Ada beberapa macam oleh- lainnya seperti terasi udang, kerupuk rambak sapi maupun kerbau. Untuk harga lumayan sih tapi namanya oleh-oleh okelah... pelayanan ramah dan sangat membantu pelanggan untuk menentukan pilihan
Odie Azza
22:15 20 Sep 21
komplit,masih baik
Muis Andrianto
13:36 03 Jan 22
Masih kurang lengkap,,harusnya ber AC
Kurnia Anzhar
09:26 12 Sep 21
Satu satunya yg masih buka masa pandemi

6

Oleh Oleh Mami

Oleh Oleh Mami
AlamatJl. Siliwangi No.126, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45123
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 08.00 – 21.00
No Telpon(0231) 204255
Handini Dini
04:45 30 Aug 21
pelayanannya baik,ramah dan bisa di anter ke hotel..jd ga repot.
Dendy
10:15 05 Aug 21
Lengkap. Sayang lagi sepi, pandemi
A N G G A R A 305
09:02 28 Dec 21
Mumer banget..
Giorgio Winterstein
16:44 05 Jan 22
Tempat terbaik untuk membeli oleh2 di cirebon
Vivi Angelita
15:45 20 Jan 21
Tersedia banyak oleh" buat yg mudik ke cirebon, ga cuman makanan aja tapi pakaian dan sandal pun ada disini loh. Harganya jg terjangkau kok

5

Toko Pangestu

Toko Pangestu
AlamatPs. Pagi Kota Cirebon, Jl. Sukalila Selatan Kios No.1, RW.14, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45123
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 07.30 – 17.30
No Telpon0896-4317-7545
aria verdin
03:15 06 Mar 22
kalau ke cirebon selalu mampir sini
Madison Yoga kota wisata
05:56 10 Nov 19
Tmp nya bersih dan nyaman. Komplit mulai batik sampai makanan kecil. Saat msk disambut wangi pia yg baru dipanggang. Enak deh pas msh hangat br slsai dipanggang
Zainal Arifin
10:54 18 Sep 19
lumayan lebih murah di banding toko oleh-oleh satunya, hanya saja toko yang satunya memang lebih banyak pilihan
Febryand Jhos
04:59 19 Aug 19
oleh oleh makanan khas cirebonnya kurang lengkap tapi cukup banyak pilihan, ada batik khas cirebon juga. recommended lah
rizky fuziawan
09:03 31 Aug 19
Pelayanan ramah,oleh2 khas cirebon dari kue,camilan,minuman sampai batik ada.harga cukup terjangkau

4

Toko Senang

Toko Senang
AlamatJalan Siliwangi PUSAT GROSIR CIREBON BLOK F1 (Parkiran Timur Motor), Kejaksan, Cirebon City, West Java 45123
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 08.00 – 18.00
No Telpon(0231) 207667
Putri Indarmoko
03:22 10 Jan 22
Senang sekali Saya dan keluarga Jauh" Dari Bekasi jalan" Ke Kota Cirebon dan bisa mampir ke toko oleh" Khas cirebon. Makanan ny komplit dan masih fresh, pelayanan juga ramah sebelum beli kita di berikan tester loh. pemilik toko baik ramah sekali kita di berikan potongan harga.
J.F Eko Prasetyo (okky boy)
05:46 08 Feb 22
Buat yang hobi traveling suka dengan buah tangan. Dipasar traditional ini tempatnya, berbagai oleh2 khas cirebon tersedia disini. Recomended
thira eva
10:04 01 Feb 22
Harga nya cukup murah.. tempat d jalur pantura jd gampang carinya
Inov Banoe
12:42 05 Oct 21
Petis krupuk trasi n ikan asin. Dendeng japunya top deh
Ali Umar
10:53 04 Mar 22
Parkiran cukup luas, baiknya berkunjung diluar hari weekend.

3

Toko Daud

Toko Daud
AlamatJl. Sukalila Utara No.12 – 14, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45123
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 07.00 – 21.00
No Telpon(0231) 202632
Dio Dio alib nasution
09:46 18 Sep 20
Tempat oleh oleh cirebon
Fajrian HDYT
15:53 22 Feb 22
Tempat yang cocok bagi yang sedang berada di Kota Cirebon dan ingin mencari oleh-oleh khas Cirebon, menyediakan berbagai macam produk makanan, minuman, pakaian, produk khas Cirebon lainnya dengan harga bervariasi. Pelayanan dan tempat bersih, nyaman. Lokasi parkir luas.
Lolita Thesiana
03:23 09 Sep 20
Batiknya bagus bagus
Alfath 73
05:15 21 Jan 22
Tempat luas, parkiran luas, lokasi dekat dengan keramaian, mudah mencarinya dengan bantuan google maps, mungkin untuk harga jangan terlalu mahal yaaa, biar jadi langganan kalau sedang ke Cirebon.
Muhammad Farid Khiyari
18:57 03 Jan 22
Tempat belanja oleh-oleh khas Cirebon.Sirup, manisan, kerupuk, dan sebagainya ada di sini. Berikut batik-batik motif Mega Mendung khas Cirebon juga tersedia di sini.

2

Toko Pangestu

Toko Pangestu
AlamatJl. Sukalila Selatan No.49, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45118
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 08.00 – 20.00
No Telpon0877-2902-0171
Tanto Herlambang
09:31 29 Aug 20
Pusat belanja yg lengkap dengan harga terjangkau
Retno Palupi
11:34 15 Sep 20
Tempatnya besar fasilitasnya lengkap
Rindra Samsudiyanto
13:59 11 Sep 20
Lengkap dan mudah
pria tampan21
02:07 12 Nov 21
Tempatnya nyaman, penataan barang rapi, pelayanan ramah dan harga standar. Disini beli tape ember khas cirebon isi 50 harga 60k..isi 80 75k
Annastasia Widjaja
20:26 25 Jan 22
Oleh2nya enak2, tp bukan tipe sot manisan2 gt ya, mrk jualnya spt sambal2 khas Cirebon, snack/cemilan2 khas Cirebon, jual Pia khas nya Pangestu endul enak bgt - recomended , kami sekeluarga kp beli oleh2 selalu ke Pangestu, oiya didepannya, depan pintu masuk ada yg jual tahu gejrot uasli enak bgr 👍👍

1

Toko ADE

Toko ADE
AlamatJl. Ir. H. Juanda No.32, Dawuan, Kec. Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45153
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Kamis = 08.00 – 20.00,
Jumat – Minggu = 08.00 – 21.15
No Telpon0813-1354-2225
Haerani Fitriani
12:18 21 Dec 21
Penjualnya ramah pelayanan nya bagus n barang2 nya lebih murah dr yg lain...
Nuraini Ar
13:18 10 Oct 21
Langganan beli disini,,Pak Ade nya selalu ada di cashier,,culup lengkap oleh2 disini, keadaan barang nya pun ok
Annisa Amaliah
10:12 29 Aug 21
Yg ngelayanin kayanya si pak ade. Masya Allah helpful bgt.. Dateng kesana pengen beli ketan serundeng, tnyata sdh habis. Ditawarin pesen utk dikirim bsk pagi pake travel. Solutif bgt org nya
Rio Budi Aditya
12:58 29 Dec 21
Beli oleh2 khas cirebon biasanya disini soalnya produknya selalu fresh dan murah juga
opak sampeu
07:04 07 Sep 21
Toko langganan beli oleh2 kalo balik ke cirebon. Harganya masih ramah kantong dan pelayanannya ramah2,sebelahan dg empal H.Apud. yang kurang hanya tempat parkir saja terbatas