Toko Kain Solo

Solo terkenal memiliki pusat perbelanjaan kain dan baju yang menyediakan pilihan melimpah. Tidak hanya batik, jenis kain lain juga bisa dengan mudah ditemukan, terlebih harga yang ditawarkan relatif murah.

Agar menghindari kalap saat belanja kain, Anda perlu menerapkan tips berikut sehingga benar-benar mendapat kain yang sesuai kebutuhan:

  • Mencari Referensi Lewat Internet

Memanfaatkan internet memang langkah tepat untuk mencari tahu referensi kain yang Anda butuhkan. Terdapat banyak website khusus yang berisi berbagai model pakaian lengkap dengan pilihan kain yang dapat digunakan.

Anda bisa menjadikan informasi tersebut untuk mempermudah dalam memilih kain. Sebagai contoh, Anda berencana membuat gaun pengantin maka carilah website yang menyediakan katalog gaun tersebut.

Pada katalog, biasanya terdapat deskripsi mengenai jenis kain yang digunakan, kombinasi dan hiasan yang dipasang pada gaun. Jenis kain yang tertulis dapat Anda masukan dalam daftar kain yang akan dipilih untuk membuat gaun.

Pastikan jenis kain yang Anda jadikan referensi telah sesuai dengan model pakaian yang akan dibuat. Sebab, terdapat model pakaian yang hanya cocok dibuat dari jenis kain tertentu. Apabila dipaksakan, maka hasilnya akan jelek. 

  • Mengenali Karakteristik Kain

Perlu diketahui bahwa kain memiliki karakteristik masing-masing, sehingga tidak bisa disamaratakan. Pastikan Anda menyesuaikan jenis kain dengan kebutuhan pakaian yang akan dibuat.

Misalnya, Anda ingin membuat kemeja maka jenis kain yang cocok meliputi katun, drill, oxford, dan chambray. Jenis kain tersebut mempunyai karakteristik umum yakni nyaman dipakai, menyerap keringat, kuat, dan lembut.

Sedangkan jenis kain seperti sifon, balotelli, maxmara, crepe, rayon, dan jersey sangat cocok untuk membuat gamis yang jatuh serta ringan dikenakan.

Apabila salah memilih kain karena abai dengan karakteristiknya, maka akan menghasilkan pakaian yang kurang sesuai. Sebagai contoh, kain satin memang lembut dan jatuh untuk dibuat sebagai rok.

Namun, hal tersebut tidak berlaku pada orang yang berbadan gemuk. Sebab, karakteristik satin yang mengkilap justru terkesan menambah volume tubuh, sehingga badan tampak lebih gemuk. 

  • Mendiskusikan dengan Penjahit

Tips yang tidak kalah penting adalah mendiskusikan pakaian yang akan dibuat dengan penjahit secara langsung. Penjahit pastilah sudah mengetahui berbagai jenis kain, sehingga bisa memberikan rekomendasi mengenai kain yang cocok untuk pakaian Anda.

Tidak hanya jenis, sebaiknya diskusikan juga mengenai warna, motif dan kombinasi kain yang akan digunakan. Dengan mengkomunikasikan secara jelas, maka hasil yang didapat akan sesuai harapan.

Apabila beruntung, penjahit biasanya bersedia mencarikan jenis kain yang pas untuk Anda sekaligus kombinasi dan hiasan lain yang diperlukan. Kalaupun tidak, Anda tetap bisa membelinya sendiri berdasarkan rekomendasi dari penjahit sehingga lebih efektif.

  • Memperhatikan Warna dan Motif Kain

Perlu disadari bahwa warna kain sangat mempengaruhi penampilan Anda. Salah satu cara untuk memilih warna yang tepat adalah dengan memperhatikan tone kulit Anda sendiri.

Sebab, kain yang serasi dengan warna kulit akan menunjang penampilan Anda dalam berbagai acara. Bagi pemilik warm tone, sebaiknya memilih kain yang berwarna pastel atau gelap. Sedangkan pemilik cool tone lebih cocok mengenakan kain berwarna cerah dan lembut.

Beruntung bagi pemilik neutral tone karena cocok hampir dengan semua warna kain. Bagaimana dengan motif? Sebenarnya motif bisa Anda pilih sesuai selera. Hanya saja, hindari kain bermotif besar, lebar, dan ramai untuk pakaian formal.

Apabila menginginkan kain bermotif, maka garis-garis adalah pilihan terbaik. Sedangkan pakaian non-formal lebih bebas menggunakan kain bermotif apapun. Asalkan menyesuaikan dengan bentuk badan Anda.

Walaupun terasa merepotkan, namun banyak pertimbangan sebelum memilih kain tidak boleh diabaikan. Dengan begitu, Anda akan memperoleh bahan yang memang dibutuhkan.

Tenang saja, Anda tidak perlu pusing memilih kalau soal toko kain. Sebab, kami akan menyodorkan 10 toko kain di Solo yang menyediakan berbagai jenis bahan untuk kebutuhan sandang Anda. Berikut daftar toko rekomendasi kami:

10

Toko Kain Sedap Malam

Toko Kain Sedap Malam
AlamatJl. Kanggotan No.9, Purwodiningratan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57128
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Sabtu = 09.00 – 17.00 , Minggu = Tutup
No Telpon(0271) 633403
Dunik Widyastuti
11:22 14 Nov 19
Kebutuhan untuk pakaian OR lengkap menyediakan bahan untuk tenda terop
Auditya Danu Pribadi
10:08 15 Oct 18
Kalau pas kosong enak... kalau pas ramai agak susyeh.. kaga pakai nomor antrian soalnya...
Catharina Octorina
12:22 02 Aug 18
Orang orangnya baik dan ramah! Juga kualitas kainnya beda, banyak yang tebel dan ada warna warna yang tidak biasa. Harga paling cocok.

9

Mac Mohan

Mac Mohan
AlamatJl. Gatot Subroto No.42, Kemlayan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57151
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 08.30 – 20.30
No Telpon0813-9231-1779
Najidah Hakim
04:59 31 May 21
Lokasi toko strategis, penempatan kain rapi, nyaman saat memilih, karyawan toko ramah, informatif dan profesional, banyak diskon, super lengkap, kualitas kain tak perlu diragukan lagi, semoga berkah , laris manis, makin berjaya toko Mac Mohan 🎉
Resti HJ
10:57 09 Mar 21
Awalnya mau kesana ragu, karna komen2 di sini beberapa bilang pelayanan kurang bagus. Setelah kesana ternyata engga ko, pelayannya bagus dan ramah, jumlah pegawai sama keramaian pengunjung sebanding ko. Bagus pelayannya, harganya juga oke.

8

Toko Textile Gaya Baru

Toko Textile Gaya Baru
AlamatJalan Brigjen Slamet Riyadi St No.131 – 133, Kemlayan, Serengan, Surakarta City, Central Java 57151
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Sabtu = 09.00 – 20.00 , Minggu = Tutup
No Telpon(0271) 632409
docdew
11:48 27 Nov 20
Kesini karena cari kain drill untuk bikin APD. Harganya cocok banget dari 30,34,40 ribu tergantung kainnya dan warnanya variatif. Sudah coba ke beberapa toko tekstil lain tapi so far di toko ini yg paling banyak pilihan warna untuk kain drillnya. Yg melayani customer jg ramah
Diah Dee
23:33 29 Sep 20
Buanyakk sekali macam kainnyaPenjual nya juga baikKomunikatifSangat membantu
alvayuni sulistyanto nugroho
12:19 12 Jun 21
Stock lamaJadi gimana gitu
Anargya Kent
11:42 21 Jun 20
Murah dan lengkap

7

Toko Rainbow

Toko Rainbow
AlamatJl. Kalilarangan No.28, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57152
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Sabtu = 08.00 – 17.30 , Minggu = 09.00 – 13.00
No Telpon(0271) 647052
Sussan Sheina
06:23 22 Apr 21
Toko benang yang juga nyediain pita satin, tokonya kecil. Tapi komplit dan yang paking penting muraahhhh. Pelayanan bagus dan ramah. Rekomend dah buat kalian yang mau nyari barang untuk krafting.
Ujang Dhany
14:33 16 Jun 21
Kl benang bordir,,lumayan tp kl kain2 gak komplit
Raymunda Virgo
10:19 07 May 21
Harga amat sangat terjangkau brou, pegawainya sabar nungguin saya milih"
Hera Cahyani
15:01 31 Mar 21
Langganan dr Mbah Putri, k ibuku lanjut k ak sampai k anakku...harga terjangkau, warna benang lengkap, pelayanannya ramah
Kurnia Tyas Puspita
06:46 10 Nov 20
salah satu langganan buat cari cari perlengkapan menjahitkuuu. nemu kain selimut lucu banget di sini tapi agak mahal ya hehehe. dan sayang banget kenapa kalo beli kain harus kelipatan satuan meter, ga bisa beli 1,5meter atau 1,75meter misal. kecuali emang ada kain potongan yaudah ambil semua. tapi buat printilan yang lain murah siiih dan lumayan lengkap kok

6

Sasami

Sasami
AlamatJl. DR. Radjiman No.165, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57122
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 08.00 – 17.00
No Telpon(0271) 647115
Yuli Sofiah
04:01 19 Mar 21
Kita bisa bantu untuk jahit potong paking CMT almamater,jaket,pdh,seragam dll 082144393825, didik jas delanggu google map
FKS SJT
05:37 08 Dec 20
Tempatnya nyaman dan banyak karyawan yg akan selalu melayani kebutuhan customernya
Viona Audina
08:07 18 Feb 21
Tempat beli kain seragam sekolah seragam batik
Sugiyatno Budi
11:34 06 Oct 20
Pelayanan memuaskan, stock lumayan komplit layak untuk dijadikan langganan kebutuhan tekstil

5

Toko Bahan Kaos Gemilang

Toko Bahan Kaos Gemilang
AlamatJl. Hadiwijaya No.8, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57115
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Sabtu = 09.00 – 17.00 , Minggu = Tutup
No Telpon(0271) 654458
Namaku Suluh
13:59 10 Apr 21
Termasuk komplit di Solo. Tapi handfeel bahannya suka gak stabil. Kadang halus kadang agak kasar.
Christiano Mudinho
13:48 02 Apr 21
Ada nomor wa gk kk?
Suryanto The SoeRR
02:27 30 Apr 21
Harga kain murah dibanding toko kain yg lain
lovelifeandpepper greenliving
22:57 08 Jun 21
Sebenarnya belum pernah masuk kesini
Dharma Feriawan
10:22 30 Oct 20
Murah, bisa beli kiloan maupun per meter, cocok bgt buat kulakan

4

Toko Textile Special

Toko Textile Special
AlamatJl. Letjen S. Parman No.81 – 83, Kestalan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57133
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 09.00 – 17.00
No Telpon(0271) 634958
Laurensia
17:55 09 May 21
Banyak sekali pilihan kain terutama kain brukat dengan manik-manik untuk bikin kebaya wisuda, kebaya pesta atau baju kondangan. Butuh waktu panjang dan santai kalau ke sini untuk memilah dan memilih yang sesuai selera dan kantong. Kualitas terbaik sesuai dengan harganya.
Surono Surono
13:21 24 May 21
Textil berkualiatas pelayanan ramah eh blanjaan dibawain lagi sampe bagasi mau bawa sendiri dak boleh..god
Dian Dwi
05:31 16 Mar 21
Rekomen bngeettt blanja dsni... lengkap kainx dr yg biasa sampai yg mahal ad... pelayanannya amt sangat memuaskan ramah bngeettt 👍👍👍
Dainty Siesta
13:25 27 Jan 21
Kainnya bagus²,bisa memilih bahannya sesuai harga. Kain²nya ada brukat, scuba, satin, katun, jas, hycon, ceruti, daaan masih banyak lagi.Pelayanan juga ramah, mbaknya sampai mau naik turun ambil sampel kain 😭Intinya ana rega ana rupa. Kalau mau kain bagus ya disini~~
Bayu Sulaksono
06:47 07 Jun 21
nyaman, ramah, komplit

3

Garden Textile

Garden Textile
AlamatJl. Slamet Riyadi No.327, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57142
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Sabtu = 09.30 – 21.00 , Minggu = 09.30 – 18.00
No Telpon(0271) 714593
choriroh ali hasim
11:46 16 Jun 21
Pertama kali masuk Pelayanya cuek2 alhamdulillh ada satu ibu yang ramah dan sabar menemani...Untuk kainnya lumayan bagus baik segi kualitas dan harga.... serta banyak pilihan untuk.keperluan pesta khususnya.Secara tempat luas dan kesan mewah kebetulan pas sepi jadi leluasa...Tempat mudah dicari di jl. Slamet Riyadi Solo. Parkir mudah dan free.
dwi ariyanto
05:37 17 Sep 20
Komplit
Dedy riyanto Setiono
10:33 27 Aug 20
Bagus
Dita Nindya Kirana
15:41 06 May 21
Lokasi strategis, tepat di pinggi jalan Slamet Riyadi. Tempat bersih dan terawat. Ada mushola dan lift. Pelayanan memuaskan, staff ramah. Tempat duduk nyaman. Pilihan tulle dan kainnya sangat beragam, harga menengah ke atas tapi sangat worth the price.Saya nyari kain di sini tinggal 1 meter, butuhnya 5 meter, ditelfonkan cabang lain sampai ketemu, dikirim tanpa ongkir, dan dikabari pas barang sampai.Pelayanan sangat premium.
Nur Hidayah
23:15 25 Mar 21
tempat nyaman bersih pelayanan sangat ramah dan untuk pelayanan melalui WA tolong ditingkatkan lagi soalnya pernah WA beberapa kali g pernah dibales

2

Toko Textile Lima Satu

Toko Textile Lima Satu
AlamatJl. Gatot Subroto No.11-13, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57151
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Sabtu = 09.00 – 20.00 , Minggu = Tutup
No Telpon
Dhalfi Ilyas
14:44 31 May 21
Toko ini punya kelas tersendiri, dan saya rasa toko ini menjadi legendaris dengan kekhasan karakternya. Overall, this place is so classy dengan pelanggannya yg mengutamakan kualitas.
Herning Agung Purwanto
23:43 06 Jun 21
Langganan kulakan bahan jas celana dan alat jahit sejak 1986👍👍👍
Hujan Tropis
07:55 30 Jan 21
Pilihan banyak , komplit , pelayanan mantap dan ramahTerimakasih sma ibu nya udah order Cimory squeeze 🙏🏼
Bayu Ertube
08:27 23 Feb 21
Keren...inner alat" jahit juga siap ...,🔥🔥 (Ig.@penjahit_kita)

1

Toko Bahan Kaos Maju Jaya

Toko Bahan Kaos Maju Jaya
Alamatblkg Bank Capital, sebelah Indo AC, Komplek Ruko Gemblegan, Jl. Veteran No.142, Kratonan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57153
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Sabtu = 09.00 – 16.30 , Minggu = Tutup
No Telpon0822-2037-0857
Henry Yoga
14:38 10 Jan 21
Beli bahan kaos di sini mantap boss, gak mungkin kliru bahanné, dapat sesuai yg kita beli dan di ajari cara ngitungé... Gak mungkin salah , bisa utung gak mungkin rugi jooossh matur nuwun bosku... sukses selalu!
Hepy Ok
04:38 08 Dec 20
Toko bahan kaos maju jaya, tempat belanja yg komplit. Kualitas wahid, sy puas jg dengan pelayanannya yg ramah. Yg penting, harganya top, sy bisa untung banyak dari konveksi sy. 😇😇😇😇Terimakasih toko kain majujaya atas kerjasamanya selama ini.
Kusuma Anggara
13:20 19 Apr 21
kainnya bagus kualitasnya,barang yg dibeli sesuai orderanterimakasih .
Antonius Dedi Prakasa
13:56 18 Sep 20
Warna kainnya cerah banget. Koleksi warna kain melimpah. Mantep deh kalo belanja di sini. Ga bingung lagi. Harga stabil dan terjangkau. Ga nyesel belanja di sini.Konveksiku lancar deh. 👍
ASHGHOR 'ALI
13:36 12 Oct 20
: tempat beli bahan kaos paling istimewa.. bahan selalu sama warnanya.. jadi kalo pas kurang bahan lalu harus beli lagi.. gak takut beda warna...👍👍👍