7 Daftar Pantai di Probolinggo Paling Eksotis! Wajib Kesini!

Probolinggo menyimpan potensi wisata yang begitu lengkap, mulai dari wisata di gunung hingga wisata pantai. Pantai di Probolinggo bahkan menjadi destinasi tujuan bagi banyak wisatawan yang ingin menikmati liburan seru bersama keluarga, teman hingga pasangan.

Probolinggo memiliki jajaran pantai dengan daya tarik yang berbeda-beda, mulai dari pasir pantai putih, ombak yang tenang hingga suasana yang masih asri. Berikut ini adalah ulasan dari beberapa pantai eksotis yang ada di kawasan Probolinggo.

1. Pantai Bentar

Pantai Bentar

Pantai pertama yang bisa dijadikan pilihan untuk menghabiskan waktu libur adalah Pantai Bentar yang berlokasi di Curahsawo, Gendung, Probolinggo. Jika perjalanan dimulai dari Jawa Tengah, wisatawan bisa memilih jalur tol Solo – Kertosono sekitar 3 sampai 5 jam.

Pantai ini memiliki hamparan pasir luas dengan hembusan angin yang membuat siapa saja akan merasakan kesejukannya. Pagi dan sore hari menjadi waktu paling tepat untuk mengunjungi pantai yang memiliki berbagai macam wahana menarik ini.

Pepohonan menjulang tinggi di sekitar kawasan pantai sehingga menjadi spot bersantai yang paling nikmat. Pantai ini memiliki suasana dan aroma seperti Pulau Dewata yang khas dengan keindahan alam yang menyejukkan.

Pantai ini berada di kawasan gunung bentar yang menjadi saksi sejarah Pantai Bentar Probolinggo. Penduduk sekitar percaya adanya mitos yang berkembang tentang pantai yang satu ini sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Pantai Bentar menyediakan fasilitas berupa wahana permainan untuk anak-anak, mulai dari ayunan, perosotan hingga jungkat jungkit. Berbagai spot foto yang instagramable juga bisa ditemukan di kawasan wisata ini.

2. Pantai Gili Ketapang

Pantai Gili Ketapang

Pantai di Probolinggo selanjutnya adalah Pantai Gili Ketapang yang dihuni oleh mayoritas keturunan Madura. Sebagian besar penduduk sekitar pantai berprofesi sebagai nelayan yang berburu ikan di pantai seluas 68 hektar.

Panorama alam yang indah dengan hamparan pasir putih mampu memanjakan mata setiap wisatawan yang datang. Bukan hanya wisatawan setempat yang tertarik berkunjung ke kawasan pantai ini, tapi juga wisatawan dari luar kota.

Pantai yang berada di Desa Ketapang, Sumberasih, Probolinggo ini menyediakan fasilitas susur pulau untuk menikmati Gili Ketapang secara keseluruhan. Wisatawan akan diajak berkunjung ke beberapa bagian, seperti pantai timur, pantai barat dan goa kucing.

Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan kegiatan snorkeling karena suasana bawah laut yang begitu mempesona dengan berbagai macam biota laut. Salah satu ikan unik yang bisa ditemukan di perairan ini adalah ikan Nemo.

Kegiatan lain yang tidak boleh dilewatkan saat berada di kawasan pantai ini adalah hunting foto. Banyak spot foto yang unik dan menarik untuk dijadikan background foto yang menjadi momen tak terlupakan.

3. Pantai Duta

Pantai Duta

Pantai yang berada di Dusun Gilin, Desa Randutatah, Kec. Paiton, ini menjadi salah satu destinasi pantai di Probolinggo yang tidak boleh dilewatkan. Mangrove Trail Pantai Duta dan Ayunan Laut menjadi daya tarik terbaru yang membuat pantai ini diminati banyak wisatawan.

Pantai Duta memiliki dua zona, yaitu Zona Publik yang memiliki fasilitas berupa parkir kendaraan, gazebo tempat kuliner, dan tempat persewaan alat renang. Sedangkan, zona lainnya berupa Zona Konservasi yang berisi kumpulan pohon cemara laut yang bersih.

Wisatawan dilarang membawa makanan dan minuman jika ingin masuk ke zona konservasi untuk menjaga kebersihan kawasan ini. Wisatawan bisa bersantai di gazebo yang ada di zona konservasi tanpa menyantap makanan jadi hanya bisa bercengkrama saja.

Pantai ini memiliki hutan mangrove dan mangrove trail untuk menikmati destinasi wisata sambil berjalan kaki di atas jalur yang sudah disediakan. Wisatawan akan menemukan 20 jenis mangrove di kawasan ini, mulai dari Rhizophora hingga Avicenia (api-api).

Wisatawan juga bisa mencoba fasilitas ayunan ala Gili Trawangan dengan sensasi yang menyenangkan. Jangan lupa untuk mengunjungi pantai kota santri dengan pepohonan cemara laut yang membuat suasananya menjadi lebih teduh.

4. Pantai Tambak Bahak

Pantai Tambak Bahak

Destinasi wisata lain yang wajib dikunjungi saat liburan ke Probolinggo adalah Pantai Tambak Bahak yang berada di Jalan Tambak Bahak, Dusun Dungun, Desa Curah Dringu. Bagi wisatawan yang menginginkan suasana tenang dan damai, pantai ini bisa dijadikan pilihan.

Untuk menikmati panorama laut yang indah dan sunset yang menawan, maka sore hari menjadi waktu yang tepat. Meski begitu, tidak ada salahnya berkunjung pada pagi hari jika ingin berjumpa dengan para nelayan lokal yang pulang melaut dan membawa ikan segar.

Pohon cemara dan tanaman mangrove yang tumbuh subur di pinggir pantai membuat pemandangan menjadi lebih asri. Pada akhir pekan, kawasan pantai ini selalu dipadati wisatawan tapi tidak begitu ramai saat hari biasa.

Pihak pengelola selalu melakukan pengembangan untuk meningkatkan kualitas Pantai Tambak Bahak agar semakin banyak wisatawan yang datang. Fasilitas lengkap disediakan, seperti kolam renang, toilet, warung kopi, menara pandang dan lain sebagainya.

Untuk memasuki kawasan ini, wisatawan tidak dikenakan tarif masuk alias gratis, hanya saja ada biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

5. Pantai Tambak Sari

Pantai Tambak Sari

Pantai di Probolinggo yang tidak kalah memikat adalah Pantai Tambak Sari yang berlokasi di Kec. Pajarakan atau di sebelah utara jalan raya jalur pantura lintas Bali. Pantai ini memiliki suasana unik, yaitu perpaduan 3 unsur, yaitu pantai, pohon bakau yang mati dan hutan bakau.

Dari jalan raya Pajarakan ke arah utara, wisatawan harus menempuh jarak kurang lebih 1 km. Kondisi jalan yang rusak berlubang akan dijumpai setelah 500meter dari jalan raya jadi wisatawan harus lebih berhati-hati selama perjalanan.

Keindahan yang masih alami dan asri sangat terasa saat berkunjung ke Pantai Tambak Sari. Pantai yang berada di kawasan paling ujung utara ini memiliki gulungan ombak yang stabil dan hamparan pasir sebagai panorama utama yang memperindah pantai.

Bukan hanya hamparan pasir pantai, wisatawan juga bisa menemukan hamparan pohon bakau mangrove di sepanjang bibir pantai. Keunikan ini membuat para wisatawan menjadikan pepohonan ini sebagai spot foto yang jarang dijumpai di berbagai pantai.

Salah satu aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Tambak Sari adalah memancing karena pantai ini berada dekat dengan beberapa tambak milik warga yang disewakan. Jadi, jangan lupa persiapkan alat memancing atau bisa menyewa alat pancingan.

6. Pantai Tugu Laut

Pantai Tugu Laut

Pantai selanjutnya yang memiliki panorama mempesona adalah Pantai Tugu Laut yang berlokasi di perbatasan Kabupaten dengan Kota Probolinggo. Pantai ini berjarak sekitar 500 meter ke arah utara dari jalan kabupaten Desa Pabean, Dringu.

Akses jalan menuju pantai sudah terbilang memadai karena bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Untuk memasuki kawasan wisata ini, tidak ada tarif masuk alias gratis, hanya saja akan ada biaya parkir sesuai dengan kendaraan yang dibawa.

Keunikan dari tempat wisata ini adanya sejumlah wahana yang menarik, mulai dari wisata perahu, wisata mangrove, dan berbagai wahana permainan untuk anak-anak. Destinasi yang baru dikembangkan di tahun 2018 ini dikemas menjadi tempat wisata yang menarik.

Pantai ini bisa dibilang ramah anak karena ada area permainan yang khusus dibuat untuk anak-anak jadi cocok untuk liburan keluarga. Tidak heran jika pantai ini selalu dipenuhi oleh pengunjung, khususnya pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur lainnya.

Tempat wisata ini tidak hanya menyajikan tempat rekreasi tapi juga arena edukasi dengan memperkenalkan berbagai jenis pohon mangrove.

7. Pantai Mayangan

Pantai Mayangan

Pantai lain yang tidak boleh dilewatkan adalah Pantai Mayangan yang tidak pernah sepi pengunjung, apalagi saat akhir pekan. Sayangnya, fasilitas di pantai ini masih terbilang minim padahal sudah banyak wisatawan yang menjadikan Pantai Mayangan sebagai tujuan wisata.

Hingga sekarang, hanya ada papan nama dan tiga gazebo yang disediakan untuk para wisatawan. Toilet, tempat bilas hingga tempat ganti baju belum tersedia sehingga banyak wisatawan yang bingung mencari tempat tempat tersebut setelah bermain air.

Selain panorama yang indah dan udara yang sejuk, pantai ini juga erat kaitannya dengan mitos. Penduduk sekitar percaya jika mandi di air laut Mayangan mampu melancarkan sirkulasi darah hingga menyembuhkan penyakit kulit.

Banyak keluarga yang mengajak anak-anak untuk berlibur di pantai ini, meskipun hanya sekadar bermain air atau bersantai. Apalagi harga tiket masuk yang gratis, wisatawan hanya perlu membayar tarif parkir sebesar Rp 1.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Pantai ini memiliki ombak yang terbilang besar, bahkan bisa mencapai 3 meter. Jadi, pihak pengelola memberikan peringatan pada wisatawan agar tidak berenang di lautan bebas karena ombak yang tinggi sangat berbahaya.

Masih banyak potensi wisata alam di Probolinggo yang wajib dikunjungi. Pantai di Probolinggo memiliki keunikan tersendiri jadi tidak heran jika banyak wisatawan yang tertarik ingin datang berkunjung.