5 Wisata Alam yang Cocok Sebagai Tempat Healing di Malang

Malang adalah salah satu destinasi yang sering dipadati oleh wisatawan di akhir pekan dan hari libur. Bagaimana tidak? Di sana terdapat banyak sekali tempat wisata yang bisa dieksplor. Berbagai wisata alam pun cocok dijadikan tempat healing di Malang.

Selain Batu Secret Zoo dan Museum Angkut, ada sederet tempat wisata lain yang memiliki daya tarik luar biasa. Dalam artikel ini, akan diulas berbagai tempat wisata alam yang memiliki pemandangan alam menakjubkan dan tentunya family friendly.

Pekerjaan yang menumpuk dan tidak ada habisnya seringkali membuat burnout seseorang. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah menepi sejenak, berlibur dan menghabiskan waktu lebih banyak bersama keluarga tercinta.

Berikut ini adalah 5 wisata alam sekaligus tempat healing di Malang yang cocok untuk melepas penat dan menghabiskan waktu liburan:

1. Brakseng

Brakseng

Disebut juga sebagai permadani alam khas Batu, Brakseng menjadi salah satu tujuan wisata alam favorit di Malang. Puncak Brakseng Cangar memang sayang untuk dilewatkan ketika wisatawan berkunjung dan berlibur ke Malang.

Lokasi dan Rute

Lokasi dari wisata alam ini berada di Desa Sumber Brantas, Kec. Bumiaji, Batu, Malang, Jawa Timur. Dari kota Malang, wisatawan akan tiba setelah menempuh sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Apabila wisatawan dating dari luar kota dan mengakses tol Pandaan – Malang, maka perjalanan yang ditempuh adalah 103 km atau sekitar 2 jam 15 menit.

HTM dan Jam Buka

Wisatawan yang berkunjung ke Brakseng dikenakan biaya masuk sebesar Rp5.000,-. Destinasi wisata ini buka setiap hari. Jam operasionalnya mulai jam 8 pagi sampai jam 5 sore.

Daya Tarik dan Fasilitas

Bagi para wisatawan yang sangat menikmati panorama alam pegunungan, Brakseng merupakan tujuan yang tepat. Daya tarik utamanya berada di pemandangan khas pegunungan serta para petani yang sedang bercocok tanam di sana.

Selain dapat memandang langsung Gunung Arjuna dan Gunung Welirang, wisatawan dapat melihat berbagai tanaman sayuran yang ditanam di sekitar Brakseng. Adanya hamparan bunga-bunga yang indah pun cocok dijadikan sebagai spot untuk berfoto.

Adapun fasilitas yang bisa dinikmati oleh wisatawan antara lain area parkir yang memadai, kedai-kedai makanan dan minuman, hingga tempat beristirahat dan beribadah seperti mushola.

2. Pantai Ngudel

Pantai Ngudel

Selain wisata alam pegunungan, pemandangan wisata pantai di Malang pun tidak mengecewakan. Salah satu tempat healing di Malang yang bisa dikunjungi adalah Pantai Ngudel. Nama pantai ini mulai dikenal sejak dibukanya jalur lintas selatan yakni tahun 2016.

Lokasi dan Rute

Lokasinya berada di area Gn.Sidurejo, Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur. Jarak tempuh dari kota Malang adalah 60 km. untuk mencapai ke pantai ini, paling tidak memakan waktu sekitar 2 jam atau lebih.

Wisatawan yang berangkat dari arah Malang bisa mengambil jalur menuju Gadang dan lanjut ke Turen. Lanjutkan perjalanan hingga ke Sumbermanjing dan melewati jalur lintas selatan. Di sebuah pertigaan akan ada petunjuk Pantai Ngudel dan ikuti arah tersebut untuk tiba di Pantai Ngudel.

HTM dan Jam Buka

Biaya retribusi atau tiket masuk yang dikenakan untuk tiap pengunjung adalah Rp15.000,-. Pantai ini dibuka setiap hari dan setiap saat.

Daya Tarik dan Fasilitas

Pergi ke Pantai Ngudel untuk healing adalah tujun utama dari wisatawan yang berkunjung ke sana. Pemandangan laut lepas dengan hamparan pasir yang bersih membuat nyaman pengunjungnya. Di samping itu, pantai ini masih terbilang sepi pengunjung.

Wisatawan yang datang juga bisa melakukan aktivitas seperti berkemah, menikmati sunset dan memancing. Fasilitas yang tersedia memang belum banyak tapi cukup untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Minimal ada toilet, kamar bilas, warung makan dan mushola.

3. Desa Wisata Poncokusumo

Desa Wisata Poncokusumo

Desa Wisata Poncokusumo terletak di kaki Gunung Bromo. Destinasi wisata ini menyimpan banyak sekali potensi yang bisa digali sehingga hal tersebutlah yang membuat banyak pelancong untuk mampir ke desa wisata ini.

Lokasi dan Rute

Berlokasi di Dusun I, Poncokusumo, Malang, Jawa Timur. Letaknya berada persis di bagian selatan wilayah perbatasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Dengan akses jalan yang sudah sangat baik, desa wisata ini bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun 4.

Waktu yang dibutuhkan untuk tiba di tujuan apabila berangkat dari kota Malang adalah sekitar 1 jam. Wisatawan dapat memulai perjalanan dari Jl. MT Haryono dan lanjut hingga ke Jl. Laksada Adi Sucipto. Dari sana lanjutkan perjalanan melewati Kecamatan Tumpang hingga tiba di Desa Poncokusumo.

HTM dan Jam Buka

Desa wisata ini tutup setiap hari Sabtu. Wisatawan bisa berkunjung ke sana setiap hari Minggu hingga Jum’at dengan jam buka mulai jam 9 pagi. Desa wisata ini tidak menerima kunjungan jika sudah lewat dari jam 5 sore.

Daya Tarik dan Fasilitas

Potensi alam yang bisa digali dan menjadi pemikat wisatawan untuk datang ke Desa Wisata Poncokusumo adalah kegiatan bercocok tanam dan berkebunnya. Di sana pengunjung bisa merasakan bagaimana memetik buah-buahan langsung dari pohonnya atau melihat budidaya bunga krisan.

Di tempat healing di Malang ini, wisatawan juga bisa berjalan-jalan sambil menikmati pemandangan di hutan pinus. Hutan ini sering digunakan untuk tempat photoshoot pre-wedding ataupun foto-foto biasa. Fasilitas di Desa Wisata Poncokusumo terbilang lengkap bahkan sudah ada toko oleh-olehnya.

4. Taman Kelinci

Taman Kelinci

Ingin mencoba mengunjungi tempat wisata bak di negeri dongeng? Ajaklah keluarga untuk berkunjung ke Taman Kelinci Malang. Di akhir pekan maupun hari libur, tempat wisata ini selalu dipadati oleh pengunjung terutama yang membawa anak-anak.

Lokasi dan Rute

Lokasi dari Taman Kelinci berada di Samaan Klojen, Jurangrejo, Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasinya dekat dengan dua tempat wisata lainnya yaitu Omah Kayu dan wisata Paralayang.

Dari pasar Pujon, wisatawan bisa mengikuti jalan hingga bertemu tikungan dan lurus sejauh 100 meter. Ikuti petunjuk arah ke tempat wisata Paralayang. Lokasi dari Taman Kelinci ini berada sebelum tempat wisata Paralayang.

HTM dan Jam Buka

Harga tiket masuk ke Taman Kelinci ini sangat terjangkau yakni hanya Rp5.000,- rupiah per orang. Tempat wisata ini mulai beroperasi jam 8 pagi dan ditutup untuk pengunjung jam 5 di sore hari.

Daya Tarik dan Fasilitas

Di tempat wisata ini, daya Tarik utamanya adalah berinteraksi dengan kelinci-kelinci yang ada di sana. Selain itu, Taman Kelinci merupakan spot yang cantik untuk berfoto. Fasilitasnya terbilang lengkap dan nyaman. Pengunjung dapat menikmati santap siang di Kampoeng Café atau Pondok Susu Olahan.

Selain bermain bersama kawanan kelinci, pengunjung juga bisa merasakan pengalaman memetik strawberry langsung dari pohonnya. Tempat wisata ini disulap sedemikian rupa sehingga menyerupai rumah-rumah Hobbit yang ada di New Zealand.

5. Wisata Agro Wonosari

Wisata Agro Wonosari

Satu lagi rekomendasi tempat healing di Malang yang tak boleh terlewatkan aalah Wisata Agro Wonosari. Wisata alam ini merupakan perkebunan teh yang juga dijadikan sebagai tempat edukasi memetik dan mengolah tanaman teh.

Lokasi dan Rute

Wisata Agro Wonosari terletak di dataran tinggi di kaki Gunung Arjuna. Lebih tepatnya di perbatasan Malang – Surabaya. Berada di Desa Tirtomoyo, Singosari, Kabupaten Malang, agrowisata ini berjarak kurang lebih 30 km dari kota Malang.

Wisatawan bisa mengikuti jalan yang ditunjukkan Gmaps untuk mendapatkan rute tercepat.

HTM dan Jam Buka

Buka setiap hari, harga tiket masuk yang dikenakan untuk pengunjung adalah sebesar Rp8.000,- per orang di hari biasa dan Rp12.000,- di akhir pekan dan hari libur.

Daya Tarik dan Fasilitas

Wisata edukasi untuk mengenal tanaman teh yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia menjadi daya tarik utama agrowisata ini. Di samping itu, pengunjung bisa melakukan aktivitas lainnya seperti outbound, berkuda, bermain paintball dan ATV.

Tak hanya itu saja, di sana terdapat kolam pemandian air panas yang dibuka untuk umum. Pengunjung bisa berendam di sana untuk menghangatkan tubuh dari dinginnya udara di kaki Gunung Arjuna.

Tempat healing di Malang memang beragam dan semuanya menarik untuk dikunjungi. Tak ada salahnya meluangkan waktu libur untuk menyambangi rekomendasi wisata tersebut untuk refreshing dan membuat kenangan bersama orang-orang tersayang.