Pantai di Jepara

Jawa Tengah memiliki banyak tempat untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Pengunjung bisa mengunjungi berbagai obyek seperti situs bersejarah dan pemandangan alam. Salah satu tujuan wisata alam yang populer di provinsi ini adalah pantai di Jepara.

Selama ini orang lebih mengenal Jepara sebagai pusat kerajinan ukiran. Sebenarnya, kota ini memiliki banyak wisata alam yang sangat sayang jika tidak didatangi. Berikut adalah deretan pantai yang bisa Anda jadikan alternatif liburan saat berkunjung ke Jepara:

1. Pantai Kartini

Pantai Kartini

Pantai Kartini terletak di kawasan Bulu. Pantai di Jepara ini sangat strategis karena hanya berjarak 2,5 km ke arah barat dari Kantor Bupati. Selain itu, Pantai Kartini merupakan jalur transportasi jika hendak menuju ke Karimunjawa dan Pulau Panjang.

Semula pantai ini hanya dikenal sebagai tempat pemandian. Penduduk setempat percaya kalau airnya mampu menyembuhkan berbagai penyakit gatal dan rematik. Seiring berjalannya waktu, Pantai Kartini mulai banyak dikunjungi sebagai lokasi wisata karena pemandangannya yang indah.

Kelebihan pantai di Jepara, Pantai Kartini adalah memiliki ombak yang tenang dengan pasir putih yang bersih. Tidak hanya itu, sebagai penarik pengunjung, pengelola lantas menambahkan aneka wahana permainan untuk orang dewasa dan anak-anak.

  • Kura-Kura Ocean Park

Wahana yang paling digemari dan menjadi ikon pantai adalah Kura-Kura Ocean Park. Wahana edukasi ini terdiri atas akuarium taman di bawah laut dan Jepara Science Park. Anda dapat menyaksikan berbagai jenis ikan laut, penyu, dan kura-kura ketika mengunjungi akuarium.

Jepara Science Park menyuguhkan berbagai alat peraga sains yang bermanfaat untuk pengetahuan. Anda dapat mengenal cara kerja sensor tepuk dan gerak, simulator pesawat terbang, air mancur melayang, dan papan kreatif. Nikmati kehidupan bawah laut dengan menonton teater IMAX 3D.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Pantai Kartini adalah bulan Juli sampai September. Ini adalah saat dimana terjadi pergantian musim dari penghujan ke musim kemarau. Anda bisa menyaksikan keindahan sunset di pantai ini pada masa tersebut.

Tidak perlu biaya yang tinggi jika ingin berlibur ke Pantai Kartini, Anda cukup membeli tiket masuk seharga Rp5.000 per orang. Selain tiket masuk, pengunjung juga dikenakan biaya parkir kendaraan. jika hendak masuk ke Kura-Kura Ocean Park, Anda harus membayar lagi sebesar Rp17.500.

  • Menyuguhkan Kebudayaan

Pantai Kartini menyediakan fasilitas umum yang bisa dinikmati pengunjung. Selain tempat makan dengan aneka hidangan lezat, tersedia juga tempat pembelian oleh-oleh dan souvenir. Anak-anak juga dapat bermain sepatu roda, skuter, ataupun sepeda motor mini.

Jika ingin menyaksikan budaya masyarakat setempat, Pantai Kartini adalah lokasi yang tepat. Anda bisa menyaksikan tradisi “Lomban” yang diadakan seminggu setelah Hari Raya Idul Fitri. Ada lagi festival “Kupat Lepet” yang dibarengi dengan tradisi larung kepala kerbau di laut.

2. Pantai Bondo

Pantai Bondo

Pantai Bondo berlokasi di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, jaraknya sekitar 17 km dari pusat kota Jepara. Pemerintah kota Jepara mengelola pantai di Jepara ini dengan konsep alami. Artinya, di atas pantai tidak diperkenankan untuk mendirikan bangunan komersial yang permanen.

Tujuan wisata Pantai Bondo terkenal akan pasir putihnya yang bersih dan ombaknya yang tenang. Meski memiliki ombak tenang, pengunjung tetap harus waspada ketika bermain di dalam air. Seringkali muncul ombak besar dan cukup mengundang bahaya jika Anda tidak berhati-hati.

Pengelola Pantai Bondo memasang tarif yang cukup terjangkau bagi setiap orang yang hendak berkunjung ke sini. Biaya masuk ke lokasi pantai berkisar antara Rp8.000 hingga Rp10.000 per orang. Adapun anak-anak dikenai biaya antara Rp5.000-Rp7.000 per orang.

Pantai Bondo sangat cocok dijadikan area bersantai bagi keluarga. Tersedia gazebo di pinggir pantai untuk tempat beristirahat sambil menunggu datangnya sunset. Pantai ini juga menyediakan spot foto yang menarik dan instagramable, sangat cocok untuk berfoto bersama keluarga atau sahabat.

Adapun spot foto yang paling digemari di Pantai Bondo adalah sambil naik ayunan dan spot berlatar belakang gambar hati. Selain itu, pemandangan pantai beserta pepohonan yang tumbuh di sekitarnya dapat menjadi lokasi foto yang menarik.

3. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan

Saat berlibur ke Jepara, jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Bandengan. Tempat wisata ini cukup terkenal dan sering menjadi tempat liburan bagi wisatawan lokal maupun luar negeri. Sangat mudah untuk mencapai lokasi pantai di Jepara ini karena hanya berjarak sekitar 8 km dari pusat kota.

Pantai Bandengan terkenal dengan airnya yang bersih dan pasir putihnya yang mengkilap. Jika ingin melewatkan malam di lokasi ini, tidak perlu bingung mencari tempat menginap. Anda bisa beristirahat di salah satu resort atau tempat penginapan yang banyak tersebar di sekitar pantai.

  • Harga Tiket yang Terjangkau

Berapa harga tiket masuk ke pantai di Jepara ini? Pihak pengelola menetapkan tarif yang sangat ramah di kantong bagi pengunjung yang hendak bersantai di Pantai Bandengan. Anda cukup membayar Rp5.000 per orang saat weekday dan Rp7.000 saat weekend.

Pantai Bandengan buka setiap hari mulai pukul 06.00-18.00. Pantai ini menyediakan pemandangan wisata menarik yang bisa Anda manfaatkan untuk mengisi waktu selama berlibur di sana. Pengunjung dapat berenang di tepian pantai dengan menyewa ban yang banyak tersedia di sana.

  • Pemandangan Sunset dan Festival

Anda yang hanya ingin bersantai akan mendapatkan kenangan yang tak terlupakan saat melihat sunset di Pantai Bandengan. Tertarik dengan festival budaya? Maka sangat tepat jika Anda mengunjungi pantai ini.

Pada momen-momen tertentu, pengelola Pantai Bandengan mengadakan aneka festival budaya seperti festival layang-layang dan kapal. Anak mudanya pun tidak ingin ketinggalan, ada festival motocross yang diadakan secara berkala untuk memfasilitasi kegemaran mereka dalam bersepeda.

4. Pantai Blebak

Pantai Blebak

Obyek wisata Pantai Blebak terletak di desa Sekuro, kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota dan akses jalan menuju ke sana sudah tertata dengan baik. Hamparan pasir putih dan air yang biru jernih menjadi daya pikat utama Pantai Blebak.

Pantai di Jepara, Pantai Blebak, dianggap cocok sebagai tempat wisata bagi keluarga yang membawa anak-anak. Ombaknya tenang dan menurut pengunjung yang ke sana, hingga 100 meter ke arah laut, kedalamannya hanya setinggi pinggang orang dewasa.

Meski demikian, Anda jangan sampai lengah dan tetap waspada. Tetap awasi anak saat bermain air di Pantai Blebak. Kenakan pelampung atau sewalah ban yang tersedia di sana untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Harga tiket masuk ke pantai di Jepara, Pantai Blebak sangat terjangkau. Anda hanya membayar sebesar Rp5.000 hingga Rp10.000 setiap hari Jumat-Minggu dan hari libur nasional. Adapun tiket masuk akan digratiskan untuk pengunjung yang datang di hari Senin-Kamis.

5. Pantai Teluk Awur

Pantai Teluk Awur

Pantai Teluk Awur termasuk obyek wisata favorit keluarga di Jepara. Letak pantai ini adalah di desa Teluk Awur, kecamatan Tahunan. Jangan khawatir jika hendak ke sini karena akses jalannya sudah baik. 

Pengunjung hanya butuh waktu 30 menit berkendara dari pusat kota untuk bisa sampai di lokasi ini. Pantai Teluk Awur memiliki pasir landai serupa dengan Pantai Bandengan. Ombaknya juga tidak besar sehingga aman sebagai tempat bermain air bagi anak-anak. 

Pengunjung yang hendak berenang di tepian dapat menyewa ban di tempat persewaan yang tersebar di sepanjang pantai. Pantai di Jepara ini memiliki sebuah restoran yang unik karena letaknya yang menjorok ke laut. 

Restoran tersebut berada di sebuah jembatan mirip dermaga dimana pengunjung dapat menyantap hidangan sambil menikmati sunset ataupun suasana malam di pantai. 

Pengunjung yang hendak bersantai di Pantai Teluk Awur tidak akan dikenai biaya tiket masuk di hari biasa, melainkan cukup membayar parkir kendaraan saja. Pada saat weekend, Anda hanya membayar tiket masuk sebesar Rp2.000 saja per orangnya. Murah sekali, ya?

6. Pantai Panjang

Pantai Panjang

Pantai Pulau Panjang menawarkan daya tarik yang luar biasa berkat ombak yang tenang, pasir putih, dan air laut yang sangat jernih. Saking jernihnya, pengunjung dapat dengan jelas melihat deretan terumbu karang yang hidup di dasar lautan.

Jika hendak berlibur ke Pantai Pulau Panjang, Anda harus menyeberang menggunakan kapal untuk sampai ke tujuan. Cukup membayar sewa kapal sebesar Rp20.000 per orang dengan lama perjalanan hingga 20 menit, maka pengunjung sudah sampai di sana.

Banyak aktivitas menarik yang bisa pengunjung lakukan di Pantai Pulau Panjang, antara lain berkemah bersama keluarga. Anda bisa menyewa tenda dengan harga yang murah dan rasakan sensasi menginap di alam bebas sambil mendengarkan deburan ombak pantai di Jepara ini.

Bagi yang memiliki hobi snorkeling, Pantai Pulau Panjang adalah spot yang tepat untuk menyelam sambil menikmati keindahan dunia di bawah laut. Namun, jika Anda tidak ingin berenang, silahkan sewa perahu kecil untuk berkeliling dan menikmati keindahan pantai.

7. Pantai Mororejo

Pantai Mororejo

Pantai Mororejo menawarkan pemandangan romantis layaknya private beach bagi para pengunjungnya. Pantai di Jepara ini terletak tepat di belakang tempat wisata Jepara Ourland Park. Lokasinya berada di desa Mororejo, kecamatan Mlonggo, Bandengan.

Akses jalan menuju pantai ini sangat mudah. Anda bisa melewati jalan Jepara-Bangsri dan hanya menempuh jarak 8 km dalam waktu 16 menit. Pantai Mororejo merupakan andalan obyek wisata di Jepara yang menawarkan panorama indah dengan deretan pulau kelapa yang tampak teduh.

Pantai Mororejo memiliki banyak tempat bersantai sambil menyantap hidangan laut yang sangat nikmat. Berbagai café dan rumah makan dengan desain cantik siap memanjakan pengunjung pantai ini. 

Ditambah pemandangan saat sunrise dan sunset yang indah bakal jadi momen yang tak terlupakan. Pantai Mororejo memiliki hamparan pasir putih yang sangat bersih. 

Para pengunjung sering memanfaatkan pantai untuk melakukan kegiatan olahraga seperti jogging, bersepeda, atau aktivitas berjemur. Belum lagi adanya wahana permainan air menarik yang disediakan oleh pihak pengelola.

Pengunjung dapat menikmati berbagai wahana permainan seperti banana boat, donut boat, jet ski, dan kapal tradisional. Kapal tradisional adalah sebuah kapal kayu yang digunakan untuk berwisata mengelilingi pulau Panjang selama 30 menit untuk menikmati pemandangan eksotis di sana.

Menikmati pemandangan pantai di Jepara tentu memberikan sensasi tersendiri untuk mengisi liburan Anda. Selain bisa bermain air, suasana pantai yang tenang bisa membuat diri Anda menjadi lebih santai. Suasananya cocok untuk meredakan stress dan memulihkan tenaga.