Pantai di Sukabumi

Wilayah Sukabumi yang didominasi dengan area perkebunan serta ikut mendorong industri teh rupanya juga diberkahi dengan banyak wisata bahari. Pantai-pantai di Sukabumi turut mendorong perkembangan pariwisata di kota ini dan menjadi salah satu tujuan liburan terdekat dari Jakarta dan sekitarnya.

Pantai Pelabuhan Ratu menjadi salah satu yang paling populer di kota ini namun masih ada banyak pantai-pantai lain yang menyimpan pesona dan cocok untuk menjadi tempat pelarian sesat dari ramainya perkotaan. Inilah 7 pantai paling mempesona di Sukabumi yang bisa dijadikan tujuan liburan akhir pekan.

1. Pantai Ciletuh

Pantai Ciletuh

Disebut juga dengan Pantai Geopark Ciletuh, objek wisata ini sangat cocok untuk orang-orang yang memiliki minat terhadap kegiatan surfing / berselancar, baik pemula yang baru belajar maupun yang sudah berpengalaman dan ingin lebih mahir, karena gulungan ombaknya yang tinggi.

Sejumlah kompetisi selancar juga pernah diadakan di lokasi ini dengan peserta dari dalam dan luar negeri. Olahraga air seperti banana boat menjadi salah satu fasilitas lain yang dijamin aman karena berada di bawah pengawasan kru berpengalaman dan hanya dimainkan ketika ombak dalam keadaan tenang.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai saat malam hari, pihak pengelola juga memperbolehkan wisatawan untuk mendirikan tenda di area camping yang sudah ditentukan yang dianggap area mana karena tidak terlalu dekat dengan bibir pantai.

Tapi jika ingin menginap di tempat yang lebih nyaman, pergi ke penginapan yang ada di sekitar Geopark Ciletuh tepatnya sebelum pintu masuk bisa dijadikan pilihan.

Selain mempesona dengan gulungan ombak yang indah, faktor lain yang membuat pantai ini tak pernah surut pengunjung karena menjadi ikon dari Geopark Ciletuh.

Bersebelahan dengan pantai ini dan masih di area Geopark Ciletuh, ada juga pantai lain yang lebih bersahabat untuk berenang yakni Pantai Palangpang, dan bagi yang ingin mandi di bawah pancuran air alami, maka dari Pantai Ciletuh bisa menuju ke Curug Cimarinjung yang berjarak kira-kira 2 km.

2. Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai di Sukabumi yang paling populer ini konon kental dengan mitos berbau mistis. Meski terdengar agak menyeramkan, namun hal ini justru menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan. Sayangnya pantai yang menarik untuk dikunjungi ini berjarak cukup jauh dari pusat kota Sukabumi yaitu sekitar 60 km.

Secara geografis, pantai ini terletak di sisi selatan Sukabumi dan langsung berbatasan dengan pesisir Samudera Hindia yang membuatnya memiliki landscape alam sangat memukau.

Datang ke pantai ini akan membuat wisatawan melihat paket objek wisata alam yang lengkap mulai dari pantai, formasi batuan karang, area cagar alam, dan siluet pegunungan yang seolah menjadi bingkai perairan.

Dinilai menjadi salah satu pantai paling indah untuk sejenak melepas penat, pantai ini terus dikembangkan dengan sejumlah fasilitas yang bisa membuat pengunjung semakin betah seperti tempat bersantai, area bermain anak, tempat informasi dan pramuwisata, mushola, kafe, tempat makan, dan tim penjaga pantai.

Ada juga sejumlah penginapan di area Pelabuhan Ratu namun bukan persis di titik pantai mulai dari losmen dan resort hingga villa dan hotel mewah. Salah satu pantai di Sukabumi ini sudah dikenal sejak zaman Belanda dan dulunya bernama “Wijnkoops-Baai”.

Adapun mitos yang menyelimuti pantai ini erat kaitannya dengan sosok yang banyak diyakini sebagai penguasa laut selatan yakni Nyi Roro Kidul. Inilah sejumlah hal mistis yang beredar di masyarakat mengenai Pantai Pelabuhan Ratu:

  • Menurut kepercayaan yang beredar, pengunjung yang datang ke pantai ini dengan sengaja memakai pakaian serba hijau berpotensi untuk hilang terbawa ombak karena hijau adalah warna kesukaan dari Sang Ratu Selatan.
  • Pantai ini menjadi salah satu lokasi sakral di Sukabumi untuk mengadakan ritual bernama Larung Sesaji, yang digelar setiap bulan April tepatnya pada Hari Nelayan. Ritual ini diadakan untuk menunjukkan rasa syukur warga setempat atas hasil laut yang melimpah dengan mempersembahkan kepala kerbau.
  • Sebagian masyarakat setempat percaya bahwa Ratu Kidul bersama dengan para dayangnya akan singgah ke puncak gunung di dekat pantai pada waktu-waktu tertentu.

Puncak pegunungan bernama Winarum tersebut juga menjadi tempat sejumlah makam tua dari para ulama yang dulunya pernah menyebarkan agama Islam di kawasan Pelabuhan Ratu dan sekitarnya.

3. Pantai Cikembang

Pantai Cikembang

Berlokasi di sebuah desa kecil bernama Pasir Baru yang masuk dalam wilayah Kecamatan Cisolok, Pantai Cikembang sudah tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Cukup dengan membeli tiket masuk seharga Rp 5.000 – Rp 10.000, inilah sejumlah keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Cikembang:

  • Formasi batuan karang menjadi salah satu pemandangan epic yang membuat Pantai Cikembang semakin eksotis. Ombak laut yang menghantam karang akan menciptakan suara indah dan percikan air di udara terlihat mempesona.
  • Pemandangan sunrise dan sunset di pantai ini akan sangat sayang untuk dilewatkan karena akan menghasilkan foto yang instagenik dan keren untuk diposting ke media sosial.
  • Sudut pandang berbeda dari pantai ini bisa disaksikan dari puncak bukit hijau subur bernama Pasir Randu yang berada di kawasan pantai sebelum bibir pantai.

Selain duduk santai menikmati keindahan air laut berwarna biru pirus atau membuat istana pasir, salah satu pantai di Sukabumi ini juga cocok dijadikan tempat belajar atau mengasah kemampuan berselancar, memancing, camping, dan kuliner seafood seperti ikan gurame bakar dengan bumbu khas Sukabumi.

Karena sebagian besar penduduk di sekitar pantai bekerja sebagai nelayan, maka sepulang dari pantai ini para wisatawan juga bisa membeli ikan di tempat pelelangan yang ada di depan rumah-rumah warga atau di kios sebelum pintu masuk pantai.

4. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng

Pantai dengan nama unik ini memiliki ciri khas berpasir putih dan asri karena deretan pohon mendominasi area daratan. Berada di desa dengan nama yang sama di Kecamatan Ciracap, pantai ini juga terhubung langsung dengan Samudra Hindia sehingga memiliki daya pikat yang tak biasa.

Momen sunrise dan sunset yang romantis bisa dijumpai di pantai ini dan dijamin akan sangat menarik untuk para pecinta fotografi. Lebih dari sekedar berwisata ke pantai, di tempat ini para wisatawan juga bisa menyaksikan tempat penangkaran penyu yang menjadi salah satu satwa terancam punah.

Jika datang di waktu yang tepat, wisatawan juga bisa ikut melepaskan bayi-bayi penyu yang disebut tukik untuk berenang ke laut lepas dan tinggal di habitat aslinya.

Sedangkan untuk para pengunjung yang ingin bersantap siang atau sore, area pantai ini juga sudah dilengkapi dengan warung-warung makan yang menawarkan aneka menu khas pantai mulai dari es kelapa muda, ikan bakar, baleum layur, hingga tumis gurita dan olahan siput.

5. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja

Pantai Cimaja juga masuk ke dalam kawasan Geopark Ciletuh sama seperti Pantai Ciletuh tadi. Salah satu pantai di Sukabumi ini sudah dikenal menjadi salah satu lokasi terbaik untuk berselancar dalam skala internasional. Tak heran jika para surfer asing kerap terlihat di tempat ini.

Bahkan, seorang juara surfer asli Indonesia terlahir dari tempat ini. Ketika hari biasa pun, pantai ini hampir tak pernah benar-benar sepi pengunjung. Meski begitu, pantai ini masih terlihat bersih karena pihak pengelola dan pegiat selancar di sekitar secara rutin mengadakan kegiatan bersih pantai.

Hal ini menjadi salah satu upaya untuk membuat pantai tetap indah dan bersih sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan alam di tempat ini. Ombak di pantai ini terus ada alias konsisten dengan ketinggian mencapai 4 meter, yang membuatnya lebih cocok untuk para peselancar berpengalaman.

Tapi jangan kecewa dulu, peselancar pemula bisa datang ke Pantai Karangpapak yang tidak jauh dari Pantai Cimaja.

Tak hanya disukai oleh para surfer, pantai ini juga menjadi salah satu lokasi favorit bagi para pemburu senja dan lokasi yang digemari oleh para pecinta fotografi. Titik terbaik menikmati keindahan senja di pantai ini konon adalah di ujung teluk di sisi barat pantai.

6. Pantai Citepus

Pantai Citepus

Pantai Citepus masuk ke dalam kawasan wisata Pelabuhan Ratu yang letaknya ada di pinggir jalan raya Cisolok-Pelabuhan Ratu. Karena berada di lokasi yang strategis dan mudah dijangkau, pantai landai ini sering menjadi salah satu tujuan liburan bagi orang-orang Sukabumi dan kota di sekitar seperti Jakarta.

Pantai di Sukabumi yang hampir selalu ramai pengunjung ini memiliki garis pantai sepanjang 5 km yang dihiasi hamparan pasir luas dengan tekstur yang agak kasar dan lautnya memiliki ombak cukup besar yang cocok untuk para peselancar.

Sejumlah olahraga air seperti banana boat juga tersedia dan pengunjung juga diizinkan untuk berenang namun di area tertentu yang dirasa aman. Pemandangan sunset dan sunrise di tempat ini juga tak kalah menawan dari sejumlah pantai lain di Sukabumi.

Beberapa sisi pantai sudah dilengkapi dengan area tempat duduk dan juga gazebo yang bersih dan nyaman untuk bersantai. Ada juga warung makan, toilet, dan tempat sampah di sejumlah titik.

7. Pantai Karang Sari

Pantai Karang Sari

Nuansa pantai pribadi tak mungkin didapat di tempat ini karena jumlah pengunjung yang tergolong banyak termasuk saat weekday. Hal ini karena pemandangan laut yang indah berpadu dengan sejumlah fasilitas memadai seperti area parkir luas, kamar mandi, tempat istirahat, mushola, rumah makan, dan penginapan.

Pihak pengelola juga menyediakan jasa gathering untuk keluarga atau rekan kerja dengan menyewakan tenda, solo keyboard, beach fun games, dan lainnya. Salah satu ciri khas pantai ini adalah berpasir putih lembut dengan pemandangan pantai yang polos tanpa formasi batuan karang.

Jika membawa drone, maka landscape alam yang indah dengan komposisi deretan nyiur, pantai berbentuk seperti huruf U, dan siluet anak Krakatau bisa ditangkap dalam satu frame.

Deretan hotel dan jenis penginapan lain juga turut menghias area pantai di Sukabumi ini. Ada juga sejumlah water spot seru yang bisa dinikmati seperti jet sky, speed boat, dan banana boat.

Pantai Cikembang, Ciletuh, Cimaja, dan Citepus adalah pilihan yang cocok untuk berselancar, pantai Karang Sari lebih asik untuk piknik keluarga atau gathering, sedangkan Pantai Ujung Genteng bisa didatangai jika ingin ikut pelepasan bayi-bayi penyu.