Pantai Karang Hawu

Jawa Barat memang tak henti-hentinya menyajikan destinasi wisata berkualitas yang menyenangkan. Salah satunya ada Pantai Karang Hawu. Bagi Anda yang hobi berlibur di wisata alam, maka pantai yang satu ini bisa jadi target destinasi terbaik. Pantai ini ada di Sukabumi, Jawa Barat.

Ada beberapa keunikan dari pantai yang satu ini, jika dibandingkan dengan berbagai pantai lainnya. Di sekitar pantai ini terdapat tebing menjorok yang indah dan bisa dijadikan objek foto menarik. Selain itu, pantai ini juga identik dengan mitos Nyi Roro Kidul.

Pantai Karang Hawu

Harga Tiket Masuk

Berbicara soal tarif tiket masuk di Pantai Karang Hawu ini, dijamin tidak akan membuat Anda rugi. Pasalnya, tarif yang dibandrol sangatlah terjangkau. Meskipun begitu, suasana dan pemandangan yang disajikan sangat berkualitas.

Hanya dengan tarif Rp2.500 saja, Anda sudah bisa masuk area pantai untuk menikmati keindahannya. Harga ini bahkan sudah termasuk biaya parkir. Sangat terjangkau, bukan? Namun, harga ini sewaktu-waktu bisa saja naik seiring banyaknya pengunjung apalagi saat musim liburan.

Tapi, tentu saja harga atau tarif ini belum termasuk biaya sewa alat permainan seperti surfing maupun alat pancing. Beberapa fasilitas di dalamnya juga biasanya belum termasuk ke dalam tarif tiket masuknya. Adapun fasilitas yang ada di sana adalah seperti mushola, toilet, dan lain-lain.

Rute Menuju Pantai Karang Hawu

Sebelum mempelajari rute ke Pantai Karang Hawu, Anda perlu tahu bahwa lokasi pantai ini tepatnya ada di Desa Caringin, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat. Jika dimulai dari titik lokasi Kota Sukabumi, Anda akan membutuhkan jarak tempuh sekitar 73 km hingga sampai di lokasi pantai ini.

Bagi Anda yang berangkat dari Jawa Tengah dengan mobil pribadi, Anda bisa mulai perjalanan dari tol Cipali yang berjarak tempuh sekitar 515,4 km untuk sampai ke Sukabumi. 

Sedangkan untuk Anda yang memulai perjalanan dari Jakarta, Bekasi, maupun Tangerang, Anda bisa lewat jalan Tol Jagorawi dan Jalan Tangkil menuju ke Agrabinta. Perjalanannya akan memakan waktu sekitar 4 jam setengah.

Pengunjung yang berasal dari Banten, bisa memulai perjalanan dengan Jalur Raya Pantura melewati Tol Merak. Jika jalur yang dipilih melewati Jakarta, maka Anda bisa lanjut langsung ke Tol Tangerang. Untuk sampai ke lokasi, dibutuhkan lama perjalanan sekitar 6 jam an.

Namun, jika Anda berdomisili di Sukabumi akan lebih mudah lagi untuk bisa sampai ke lokasi pantai. Ada banyak sekali jasa tukang ojek online yang siap jadi tumpangan menuju ke pantai tersebut. Anda bisa gunakan layanan GPS untuk membantu memudahkan rute menuju pantai.

Hal Menarik di Pantai Karang Hawu

Meskipun dikenal identik dengan Nyi Roro Kidul, namun pantai ini masih banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini tentu karena kedamaian dan keindahan nuansa pantainya yang sangat bisa dijadikan obat di tengah kejenuhan aktivitas harian. Apa saja wisata yang bisa dinikmati di sana?

  • Surfing

Kegiatan surfing memang menjadi salah satu kegiatan pantai yang menantang adrenalin. Kondisi ombak yang ada di Karang Hawu ini cukup besar sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin bermain surfing di pantai ini.

Namun perlu diperhatikan, ombak yang besar ini juga bisa sangat berisiko pada keselamatan Anda. Bagi yang merasa belum ahli dalam surfing, sebaiknya jangan mencoba belajar di area Karang Hawu.

  • Pesona Landscape Pantai

Tak lengkap rasanya jika pergi ke pantai tanpa menikmati sunrise maupun sunset. Pantai Karang Hawu ini menyajikan keindahan sunrise dan sunset yang luar biasa indahnya. Menikmati sunrise maupun sunset di pantai ini bahkan sudah menjadi hal yang biasa.

Bahkan untuk bisa melihat keindahannya, kerap kali banyak pengunjung yang rela bermalam di sekitar area pantai ini.

  • Memancing Ikan

Meskipun dikenal dengan ombaknya yang cukup besar, hal ini justru dimanfaatkan oleh para pengunjung untuk memancing di pinggir pantai. Fasilitas kegiatan memancing ini sangat cocok untuk Anda yang memang punya hobi memancing.

Sambil memancing pun, Anda bisa menikmati pemandangan sekitar pantai dan sambil menunggu sunset tiba. Dijamin, kegiatan ini bisa membuat Anda merasa lebih tenang.

  • Spot Foto Instagramable

Bagi Anda yang ingin sekali ke Pulau Dewata namun belum punya kesempatan, pantai ini menyajikan keindahan yang tak kalah indah dari Pulau Dewata. Pemandangan yang ada di sekitarnya bisa dijadikan spot foto yang sangat keren.

Ada banyak sekali spot menarik yang terlihat sangat natural untuk dijadikan objek foto. Bagi Anda yang hobi berfoto, siapkan kamera terbaik Anda untuk menangkap berbagai momen menarik dari pemandangan yang ada di pantai ini.

Bebatuan yang langsung dipantulkan dengan debutan ombak laut yang biru akan menambah kesan yang sangat menakjubkan bagi semua pengunjung.

  • Kuliner Khas Sukabumi

Menikmati kuliner adalah salah satu kegiatan berwisata yang paling menggiurkan. Tak hanya menyuguhkan keindahan pantai Karang Hawu, Sukabumi juga menyuguhkan kelezatan kuliner yang dijual di pinggir pantai. Berbagai masakan makanan laut pun bisa Anda nikmati di sini.

Menikmati kuliner yang ada di pinggir pantai sambil melihat keindahan sekitar Karang Hawu, pasti menjadi momen yang sangat mengesankan. Apalagi di sekitar pantai ini juga terdapat berbagai tempat untuk berteduh dan bersantai untuk menikmati semilir angin.

  • Cerita Mitos yang Menarik

Pantai Karang Hawu tidak terlepas dari kisah mitos yang melekat padanya. Hal ini juga didasari karena pantai ini masih bagian dari kesatuan Pantai Parangtritis, Bantul. Kisah mitos yang ada di pantai ini melekat pada tebing menjorok yang ada di sana.

Masyarakat percaya bahwa tebing yang menjorok tersebut adalah singgasana Nyi Roro Kidul. Selain itu, ada juga mitos yang mengatakan bahwa siapapun yang membasuh muka di area cekungan batu karang tebing akan mendapatkan keberkahan.

Pantai Karang Hawu memang bukan satu-satunya pantai terindah yang ada di Sukabumi, namun keindahan alam yang disajikan di dalamnya patut dijadikan target objek wisata untuk mengisi hari libur. Apalagi pemandangannya dikenal hampir sama dengan Pulau Dewata.

Review Pengunjung

Intan Putri Damarani
00:48 03 Nov 21
Bagus bangetttt suka, ga begitu rame
Ahvoet 24a
10:18 26 Oct 21
Tempat yah lumayan apa lagi skrg lagi di perbaik'n ..
Emin Muhaemin
08:48 14 Nov 21
Sedang ditata dan diperindah, akan semakin asri pastinya
Wulan Khadijah
11:27 29 Sep 21
Sekarang pantai karang hawu terlihat banyak sampah ya...
Yoyok Susanto
08:50 04 Sep 21
Pantenya indah dihiasi karang²...ada makamnya jg...