Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran adalah pantai yang sudah tidak asing lagi ditelinga wisatawan terutama warga Jawa Barat. Karena pantai ini merupakan salah satu pantai kebanggaan yang dimiliki Jawa Barat karena pemandangannya yang eksotis dan memiliki banyak aktivitas seru untuk dilakukan.

Sama seperti namanya, pantai ini berlokasi di Kabupaten Pangandaran yang terletak di sebelah tenggara provinsi Jawa Barat. Jika Anda baru pertama kali datang ke Jawa Barat terutama ke Kab. Pangandaran dan ingin mengunjungi pantai ini, sebaiknya simak artikel ini sampai selesai.

Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika Anda berkunjung ke Jawa Barat. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah, baik saat sunset maupun sunrise. Uniknya, di pantai ini Anda bisa menikmati sunset dan sunrise dari tempat yang sama.

Hal ini dikarenakan ada bagian dari Pantai Pangandaran yang menjorok ke laut. Sehingga Anda bisa menikmati terbitnya matahari di sisi timur dan terbenamnya matahari di sisi barat sama indahnya.

Selain itu, alasan lain kenapa Anda harus mengunjungi pantai ini adalah letaknya yang tidak jauh dari Kota Bandung. Seperti yang diketahui kota yang satu ini memang banyak dijadikan destinasi awal ketika wisatawan dari luar Jawa Barat mengunjungi provinsi ini.

Pantai Pangandaran sendiri merupakan pantai yang langsung menghadap ke Samudra Hindia. Hamparan alam di sini masih sangat alami dan tidak banyak dicampuri tangan manusia. Pasirnya campuran antara pasir putih dan pasir hitam. Sangat cocok bagi Anda yang menyukai suasana alami.

Perairan di pantai ini bisa dibilang relatif tenang. Karena di sini terdapat cagar alam seluas 530 hektar yang menjorok ke laut. Cara alam itu secara alami berfungsi sebagai pemecah gelombang. Sehingga walaupun pantai ini langsung menghadap laut selatan, ombaknya tidak terlalu besar.

Selain hamparan alam yang indah, di pantai ini juga tidak jarang dikunjungi nelayan dari daerah lain karena ombaknya yang tenang dan tidak membahayakan.

Harga Tiket Masuk

Dengan pemandangan alam yang indah dan banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan, Anda bisa memasuki pantai ini dengan harga tiket masuk yang relatif murah. Berikut daftar harga tiket masuk ke Pantai Pangandaran :

  • Pejalan kaki : Rp. 6000 per orang
  • Sepeda motor : Rp. 14.000
  • Kendaraan jenis Carry : Rp. 65.000
  • Kendaraan jenis Jeep / Sedan : Rp. 37.500
  • Kendaraan penumpang besar : Rp. 92.500
  • Bus kecil : Rp. 126.000
  • Bus sedang :Rp. 188.000
  • Bus besar : Rp. 310.000

Khusus untuk pejalan kaki, akan dihitung per orang. Sedangkan kendaraan akan dihitung per kendaraan tanpa peduli ada berapa orang yang diangkut.

Rute Menuju Pantai Pangandaran

Ada beberapa alternatif rute yang bisa Anda ambil untuk bisa sampai ke Pantai Pangandaran, diantaranya:

  • Alternatif 1 : jalur utama via Bandung -> Tasikmalaya -> Banjar -> Pangandaran. Jalur ini adalah jalur yang paling mudah diikuti dan memiliki banyak petunjuk jalan. Bagi Anda yang pertama kali ke Pangandaran sangat disarankan mengambil jalur ini.
  • Alternatif 2 : Bandung -> Tasikmalaya -> Pantai Cipatujah -> Pangandaran
  • Alternatif 3 : Bandung -> Pangalengan -> Cisewu -> Rancabuaya -> Pameungpeuk -> Cipatujah -> Pangandaran. Rute alternatif ini merupakan jalur melalui selatan Jawa Barat. Jalur ini relatif sepi dari pengendara lain.

Jalur – jalur di atas bisa Anda tempuh jika menggunakan kendaraan pribadi. Jika tidak memungkinkan menggunakan kendaraan pribadi, tak perlu terlalu khawatir karena ada banyak transportasi yang bisa dimanfaatkan untuk sampai ke Pantai Pangandaran.

Salah satunya Anda bisa menggunakan bis dari Kampung Rambutan, Jakarta ke Pangandaran, atau dari Bandung ke Pangandaran. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan pesawat dari Jakarta langsung ke Pangandaran dengan turun di Bandara Nusawiru Pangandaran menggunakan maskapai Susi Air.

Hal Menarik di Pantai Pangandaran

Ada banyak hal dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai yang indah ini, diantaranya :

  • Nikmati Sunset & Sunrise di Satu Tempat

Jika umumnya suatu pantai hanya memiliki satu momen terbaik baik itu saat sunrise maupun sunset. Tapi berbeda dengan Pantai Pangandaran. Di sini Anda bisa menikmati kedua momen ini sama baiknya. Anda bisa mengambil foto – foto epic selayaknya siluet indah di dua momen yang indah ini.

  • Berjemur

Bagi Anda yang ingin berjemur namun tidak menyukai matahari yang tidak terlalu terik, pantai ini adalah pilihan yang tepat. Tidak seperti di pantai – pantai lain, pantai yang terletak di Kabupaten Pangandaran ini memiliki matahari yang tidak terlalu terik dan suhu yang tidak terlalu panas.

Suhu di sini relatif sejuk untuk ukuran pantai. Jadi cocok bagi wisatawan yang tidak suka suhu panas yang lumrah ada di pantai.

  • Nikmati Indahnya Laut Lepas dari Atas Bukit

Aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di pantai ini adalah Anda bisa menikmati indahnya Pantai Pangandaran dan laut lepas dari atas bukit. Karena di sini, Anda bisa pergi ke satu spot yang cukup tinggi untuk menikmati seluruh pantai dari ketinggian. Spot ini juga tempat yang bagus untuk menikmati matahari terbenam maupun matahari terbit.

  • Bermain Watersport

Ingin menikmati serunya bermain watersport di pantai yang masih alami? Anda wajib mencoba watersport di pantai ini. Di sini tersedia berbagai macam wahana watersport yang seru, diantaranya jetski, banana boat, aqua glade, big mable boat, dan sebagainya.

Harganya pun relatif murah. Anda bisa merasakan sensasi bermain air dengan wahana-wahana tersebut dengan harga antara 30 – 300 ribu saja.

  • Aktivitas Nelayan dan Pasar Ikan

Selain bentang alam yang indah dan watersport yang seru, aktivitas menarik lain di pantai ini adalah Anda bisa melihat aktivitas nelayan. Pantai ini sendiri merupakan pusat nelayan dan Anda juga bisa mengunjungi pasar ikan yang menyediakan berbagai macam jenis ikan langsung dari hasil tangkapan di lepas pantai ini.

Indahnya bentang alam dan banyaknya aktivitas menarik seakan menjadi alasan kenapa Anda wajib memasukkan Pantai Pangandaran ke daftar destinasi wisata yang harus dikunjungi di liburan berikutnya. Jangan lupa untuk tetap menjaga kelestarian alam dengan tidak merusaknya.

Review Pengunjung

satria watadhos
16:51 11 Oct 20
pantai indah...life guard siaga...penginapan nyaman dan murah...harga harga relatif murah...
Watin Nurul Farwizah
12:16 15 Sep 21
Santai....dulu..refresing dari segala lelah...
Sally Crow
00:30 09 Aug 21
Tempatnya indah, hutan lindungnya sejuk, mantap jiwa....
zep_ wan
05:11 13 Nov 21
Tempat yg wajib di kunjungi.....try it's
Epul Hidayat
06:18 06 Feb 21
Menjelang maghrib :)#Post3 #Penginapan Sinar Rahayu 3