7 Rekomendasi Tempat Beli Batik di Solo yang Wajib Dikunjungi

Siapa yang pernah dengar kota Solo? Kota yang memiliki julukan The Spirit Of Java ini merupakan pusatnya hal-hal yang berhubungan dengan seni. Salah satunya yang populer yaitu kerajinan batik. Bahkan, saat ini toko batik di Solo sangat mudah ditemukan di berbagai penjuru kota.

Keautentikan batik Solo telah diakui oleh masyarakat lokal maupun mancanegara. Batik Solo memiliki motif yang beragam dan menyimpan nilai filosofis mendalam. Ketika mau beli batik di kota ini, pastikan sudah mengetahui ciri-ciri batik yang bagus, berikut tipsnya:

  • Tidak Luntur saat Dicuci

Salah satu masalah yang sering terjadi ketika pertama kali beli batik yaitu salah beli. Alih-alih ingin mendapatkan harga murah, yang dibeli justru batik abal-abal. Perlu dicatat, batik abal-abal dibuat secara asal-asalan dan kualitasnya tidak terjamin.

Karena terbuat dari bahan yang murah, batik abal-abal seringkali luntur saat dicuci. Akibatnya batik terlihat kusam dan bisa mengotori baju lainnya. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya cuci batik di bak terpisah, lalu rendam untuk mengecek apakah batik luntur atau tidak.

  • Benang Jahitan Rapi

Selalu pilih batik yang jahitannya rapi dan benangnya tidak awut-awutan keluar. Walaupun benang yang rusak sedikit, lama kelamaan bisa menghancurkan kualitas batik. Periksa secara detail bagaimana kualitas jahitan batik sebelum membelinya.

  • Motif Tidak Melupakan Nilai Spiritualitas

Motif batik modern saat ini cenderung tidak terlalu tajam layaknya batik tradisional. Ketika membeli batik modern, pastikan motif yang dipakai masih berhubungan dengan motif aslinya.

Hal ini penting untuk diperhatikan. Seperti diketahui, batik adalah pakaian yang memiliki nilai spiritual tinggi. Memilih batik yang motifnya tidak jelas bisa merusak kehormatan batik tersebut.

Untuk menemukan batik yang sesuai, sebaiknya ketahui dulu motif-motif yang ada di dunia batik-membatik.

  • Motif Tidak Berantakan

Buat konsumen yang tahu betul akan motif-motif batik, pastikan perhatikan tips ini. Teliti motif batik yang diinginkan, pastikan sesuai dengan ketetapan yang ada. Maksudnya begini, motif parang tidak boleh sampai terbalik atau posisi Gurdo tidak boleh menghadap ke bawah.

Batik palsu tidak terlalu memerhatikan hal-hal tersebut, sehingga berakhir menghasilkan batik yang motifnya berantakan. Namun, hal ini lebih nihil terjadi jika membeli langsung di toko batik di Solo.

  • Terbuat dari Bahan yang Adem dan Nyaman

Batik yang terbuat dari bahan berkualitas akan nyaman digunakan, serta tidak panas. Sedangkan batik murah umumnya gatal di kulit dan tidak menyerap keringat. Lebih baik pilih batik yang harganya lebih mahal demi mengedepankan kenyamanan.

  • Kain Memiliki Bau yang Khas

Tips ini penting dipahami ketika hendak membeli batik tulis atau batik cap. Kain batik manual mempunyai aroma yang khas, seperti kombinasi dari baru lilin dan malam. Serta ada sedikit aroma ketika kain dijemur di bawah terik matahari.

Itu menandakan bahwa batik tersebut benar-benar asli. Namun, biasanya bau ini tercium sebelum kain diubah menjadi baju atau celana.

  • Motif Batik Menarik

Selain mengedepankan nilai spiritualitas pada motif batik, setiap kain selayaknya hanya memiliki satu motif saja. Sekilas motif antara kain satu dengan yang lain tampak sama, padahal tidak ada motif yang 100% sama dengan kain lainnya.

Pengrajin akan mengkombinasikan berbagai pola hingga menjadi pola baru. Adapun pola yang sering digunakan di antaranya seperti pemandangan alam, hewan, tumbuhan, pemandangan laut dan masih banyak lagi.

Sedangkan batik cap memiliki pola yang terbatas. Pasalnya pola yang bisa dibentuk hanya berdasarkan cap yang tersedia saja.

Setelah mengetahui ciri-ciri batik yang berkualitas, jangan sampai salah saat membeli batik nanti. Jangan mudah tergiur pula dengan tawaran harga yang murah. Biar tidak salah pilih toko, berikut rekomendasi tempat belanja batik di Solo yang menjual batik asli dan berkualitas:

7

Batik Keris Nonongan

Batik Keris Nonongan
AlamatJl. Kom. Yos Sudarso (Nonongan) No. 62, Kemlayan, Serengan, Surakarta City, Central Java 57122
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 09.00 – 20.00
No Telpon(0271) 643292
Sri Gada Yuwana Yuwana
05:55 24 Aug 20
Kurang tertata,dan kurang bersih
PROFESSOR NETWORK: Prof SUJITO n Team
09:44 20 Sep 20
Sangat bagus
Kosmetik Import Original
04:16 01 Jul 22
Galery batik keris dekat pabrik batik keris.Harga batik keris sesuai dengan kualitas bahannya.Tempat luas pelayanan ramah, dan banyak pilihanApabila model.baru dapat masker, pembelian 1 juta dapat pouch dan pembelian 2 juta dapat piring kerang.Promo kartu debit 1,5% potongan.Tersedia kafe kecil tempat kopi.
Bil's Fam
02:56 19 Jan 22
Langganan suami ni, kalo ga kesini ga da yg muat #jumbo sizeHarga sesuai kualitas, motif banyak, jaitan bagus
Lysa Erna
03:14 27 Dec 21
batiknya bagus bagus, rate harga untuk baju jadi 300k keatas kalau kain nya mulai dari 100k, pelayanan ramah banget

6

Batik Priyayi Solo

Batik Priyayi Solo
AlamatJl. Ronggowarsito No.62, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Kamis = 08.00 – 18.00,
Jumat – Minggu = 08.00 – 20.00
No Telpon(0271) 2932305
Dokter Restu
05:25 14 Feb 22
Tempat bersih, pelayanan oke, ada barang antiknya juga yg bisa dibeli.Rekomended 📣✔
Agung Budhy Nurtjahjo.
16:09 01 Jan 22
Pokoknya siip..silahkan mampir mas bro/sis beli batik monggo sesuai selera Anda..
Rudy Noersamsoe
08:39 17 Feb 22
Harga terjangkau, banyak koleksi kain batiknya. Layanan ramah.
Christy Aprisca
02:29 14 Apr 22
Pusat batik murah solo.. dengan kualitas yg tidak diragukan lg
Hety Hatipah76
13:58 31 Jul 22
Aku beli banyak batik d sini,, kwalitas nya oke

5

Fajar Indah Batik

Fajar Indah Batik
AlamatJl. Dr. Rajiman No.439, Bumi, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57148
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Sabtu = 10.00 – 17.00,
Minggu = 10.00 – 16.00
No Telpon(0271) 715993
Herumanto M
11:59 20 Jul 22
Surga⛴️🏜...bagi penggemar batik salah satunya disini...Memang surga ada berapa ?😄😄Yuk manjakan mata dgn melihat foto2 saya yg full batik + kesan unik disini:... 👇🏾👇🏿👇🏼👇😁Seingat saya duluuuu🕰....toko terletak didalam.. Lewat gang samping terus belok kanan... Ternyata sekarang sudah dipindah semua lewat depan... 😊😊Dan justru dari depan barulah saya tahu bahwa koleksi batik disini buanyaaaaakkkkk 🗑sekali😧😧😳😳Nah toko ini sy bagi jadi 2 ruangan... Ruang depan dimana anda masuk dengan boleh bersandal🩴 dan bersepatu👠... Terus ruang ke dua itu didalam, melalui sebuah pintu yg sempit dan anda mesti harus wajib lepas sandal 👡dan sepatu👢kesayangan😁, ruang yg berkarpet.Ruang yg kedua ini...adalah display toko yg sebenarnya👍🏼👍🏼, penuh batik dan luaasss sekali🏟🏟Dan merupakan ruang yg terhubung satu sama lain, seperti rumah yg dibongkar sana sini spy menyatu.. Hmmm kreatif 🥳👍🏼Proses belanja disini spt ini: lepas sepatu sandal ayangnya, lalu masuk ke ruang penjualan, pilih barang terus ke kasir🪙. Bayar cash atau kalau mau pakai kartu dulu kena charge..sekian persen, belum tanya lagi sih klo skrg. Tanya dulu yaa...Lalu kalau batiknya mau minta dikardusi.. Kardusnya bayar 10 rb.Selesai belanja, anda keluar lagi dari pintu sempit tempat sandal sepatu kesayangan di parkir..🩴👡👢🥿👞👠👟🥾Selesai..sudah.. Unik ya..😄(menurut sy unik lhoo🤭)Eeitt.. Ada satu lagi yg unik1⃣.. Yaitu ada display pola batik dan namanya plus arti dari nama pola itu... jadi anda bisa cocokkan pola yg dipilih dgn artinya...Misal pola batik Pisan Bali.. Artinya ini itu... Dstnya.Sudah dapat batiknya, dapat juga ilmunya🔭🔬🩺😁Nah mau belanja batik?.. Kayaknya disini tempat yg baik utk dipertimbangkan dan dikunjungi pertama-tama...Yuk batiiiikkk ♉⚛️🔅❇️!!
citra widyastuti
11:55 05 Nov 21
Super lengkap. Luas dalamnya, seneng belanja disini. Pelayanan sangat ramah. Dan membantu sekali keperluan pelanggan. Harga super murah.
Diyah Londho
11:04 31 Jul 22
Terima kasih sudah menjadi tempat favorit untuk bapak dan ibu belanja, dengan harga terjangkau, tempat yang menyenangkan dan pelayanan memuaskan
wawing sasongko
16:25 31 Jul 22
istri betah banget didalem dan saya dapet batik murah + bagus (tanpa puring) + lengan pendek disini.. worth it banget next time ke solo
DIDI RUSWENDI
05:38 30 Dec 21
Aneka batik lengkap, harga variatif layak dikunjungi dan belanja....bangga batik milik indonesia

4

Toko Sri Ratna Solo

Toko Sri Ratna Solo
AlamatJl. Gatot Subroto No.193, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57152
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 09.00 – 20.00
No Telpon(0271) 631230
Ummu Madina
23:55 27 May 22
Tempat nyaman, barang bagus dan untuk orang yg ga bisa nawar2, disini tempatnya...tinggal pilih barang trs bayar dan dapat diskon 5%
takterke solo
08:12 16 Jul 22
Toko Batik Sri ratna..menyediakan aneka batik untuk pria wanita dan anak anak.melayani penjualan grosir dan seragam..harga bervariasi dari ribuan sampai jutaan rupiah..tersedia juga tas dan kain batik ...lokasi di tengah kota dekat pusat perbelanjaan Singosaren
Agoes Sugiyantoro
00:51 27 Apr 22
Untuk yg cari harga murah dan kwalitas yang bagus datang aja kesini,dijamin anda ga rugi dan ga akan kecewa
Valentino Kurniawan
01:42 10 Apr 22
Pelayanan owner ramah ikut membantu memilih2 kan yg kita inginkan, harga bersaing, kualitas barang cukup memuaskan, diperbanyak diskonnya kalau bisa
DODINURBADRI “Bah Dodeng” AYI
10:09 08 Jul 22
Koleksi lengkap kualitas bagus harga murah lokasi strategis pelayanan ramah...jempol papat..

3

Batik Soga Laweyan Solo

Batik Soga Laweyan Solo
AlamatJl. Dr. Rajiman No.472-474, Bumi, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57148
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 08.00 – 21.00
No Telpon(0271) 716796
Wikan Sulistiani
06:08 14 Feb 22
Tempatnya luas,strategis,bersih dan terbesar se kampung Batik Laweyan. Dapatkan koleksi batik terlengkap, kualitas terbaik dengan harga terjangkau hanya di Batik Soga Laweyan. Monggo mampir...😊👍
nina lashwaty
04:24 21 Dec 21
Barang berkelas. Suasana nyaman. Dan hebatnya ketika saya kemarin ke sana, mas pramuniaga masih mengingat saya meski sudah beberapa waktu saya tidak ke sana. Terima kasih atas apresiasinya. Tidak menyangka, ternyata mereka masih mengingat saya.....
Marfuah Musthofa
12:19 24 Nov 21
Belanja Batik yg bagus dan nyaman tempatnya ya disini, segala ada, sampai meubeler antik, meja kursi, lemari, meja rias ,gebyok dari jati kuno juga yersedia disini
Kun Yong T (Jonathan)
19:46 23 Dec 21
Kayaknya, dari 7 jenis batik solo, disini yg paling lengkap. Staf nya juga paham motif2 batik solo dan baik pelayanannya.

2

Ria Batik Solo Indonesia

Ria Batik Solo Indonesia
AlamatJl. R. M. Said No.85, Punggawan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57132
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 09.00 – 20.00
No Telpon0878-3613-3335
Bowo Nastiono
06:45 12 Sep 20
Macam² corak dan motif batiknya, soal harga grosir ko
ady karnavi
12:24 04 Sep 20
Produk oke bagus bagus,,masukan tingkatkan pelayan lebih ramah
ardhian yanuar
10:56 13 Sep 20
Banyak pilihannya, harga juga terjangkau
rico fortianus
01:55 12 Sep 20
toko hp paling lengkap dan murah
adellia riyana putri
17:42 24 Dec 21
Pelayanan oke banget, karyawannya ramah2, tempat nyaman, banyak bgt macam2 aksesoris disini, harganya juga murah2, tersedia kain batik yg meteran, bru pertama kali beli disini murah bgttt kmrn aku dapet jarik embos warna ungu cantik bgt 2 meter lebih dg hrga 50rb tp di kasir dpt diskon jd 45rb

1

Batik Benang Ratu Heritage Solo

Batik Benang Ratu Heritage Solo
AlamatJl. Veteran No.119, Danukusuman, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57156
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 09.00 – 21.00
No Telpon(0271) 2934483
Eka Wahyu Widianingsih
05:35 11 Aug 22
Pusat oleh oleh solo yang lengkap dengan suasana yang lebih rapi, cantik dan bersih. Gak takut harga dinaikin sama oknum pedagang. Harga ne murah murah poll gak kalah sama yg di pasar. Parkir luas, staff ramah dan membantu.Saran: kipas ditambah atau AC nya deh.. rada panas heheTapi overall nyaman dan sukaMakasih loh 🥰
Nenny Anisah
05:26 04 Aug 22
Toko batik ter komplit,mau cari oleh2,batik,pernak pernik unik lucu semua ada,dan tentunya harga dijamin murah meriah kwalitas jg bagus.Tempatnya nyaman bikin betah klo belanja disini..pelayanan juga ramah. Sukses selalu Batik Benang Ratu Solo👍
Brigitta Kurnia
04:39 14 Aug 22
Nyaman banget belanja di batik benang ratu, tempatnya luas, pilihan batik nya banyak , ada rok, ada brukat juga dan kain meteran . Dari yg murah - harga tinggi ada. Souvenir dan makanan khas solo juga ada. So much love Batik benang ratu 💗
0327 Hamzah Izzan Alimuddin
11:17 17 Aug 22
Salah satu toko batik dan oleh oleh rekomendasi di kota solo yang letaknya strategis dekat dengan pusat kota dan destinasi wisata seperti keraton kasunanan surakartaTempat yang bisa menampung rombongan wisatawan serta parkir bus pariwisata yang memadai dan pelayanan ramah dari karyawan toko yang siap menyambut dan membantu wisatawan ataupun rombongan berbelanja batik maupun oleh oleh dengan Harga yang relatif terjangkau bagi seluruh kalangan wisatawan.Terdapat banyak pilihan batik yang komplit baik untuk anak maupun dewasa dengan kualitas yang terbaikpokoknya nggak nyesel mampir di batik benang ratu solo❤️❤️
Muyash AL Rizah
11:04 21 Aug 22
Tempatnya luas, okay lah dr harga sedang sampai mahal ada..bisa jadi langganan ini..batik-batiknya bagus2..pelayannya juga ramah dan sabar..😊