Pantai Sadranan Gunung Kidul: Harga Tiket, Rute & Review

Selain dikenal sebagai Kota Pendidikan, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta juga dikenal dengan tempat wisata yang sangat terkenal. Di sini, wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai macam jenis wisata mulai wisata budaya sampai dengan wisata alam, salah satu yang menarik perhatian adalah Pantai Sadranan.

Pantai Sadranan sendiri termasuk pantai eksotis di Gunung Kidul, D.I.Y diantara pantai-pantai eksotis lain yang ada di sini. Pantai ini juga sering disebut dengan surganya pecinta snorkeling karena keindahan bawah airnya dan ombaknya yang relatif tenang.

Pantai Sadranan

Pantai Sadranan adalah pantai yang memiliki pemandangan cukup indah. Destinasi wisata yang satu ini terletak di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Sadranan memiliki hamparan pasir putih yang menutupi seluruh bibir pantai khas pantai Gunung Kidul.

Pantai ini sangat cocok untuk snorkeling atau diving. Tentunya harus tetap didampingi oleh profesional jika Anda belum berpengalaman. Meskipun masuk wilayah pantai selatan, namun ombak di pantai ini cukup tenang sehingga baik untuk beraktivitas di air.

Minimnya batu karang di pantai ini juga menjadi faktor kenapa Pantai Sadranan cocok untuk bermain air. Resiko luka terkena karang pun berkurang. Tapi tetap saja Anda harus berhati-hati karena akan selalu ada resiko bahaya ketika bermain dengan alam.

Untuk peralatan snorkeling, Anda tak perlu khawatir atau harus membawa sendiri. Karena di pantai tersebut sudah tersedia penyewaan.

Pantai Sadranan tidak seterkenal pantai lain di Jogja seperti Pantai Indrayanti, Pantai Krakal, atau bahkan Parangtritis. Hal ini membuat Pantai Sadranan relatif sepi pengunjung sehingga cocok bagi Anda yang menyukai tempat sepi untuk ber-healing.

Sedikit jauh dari bibir pantai, terdapat banyak gazebo untuk sekedar bersantai atau berbincang bersama teman atau keluarga. Ada juga beberapa warung makan yang menjual kuliner-kuliner seafood yang lezat.

Anda juga diperbolehkan membawa makanan sendiri dari luar. Hanya saja, kewajiban Anda adalah tetap mempertahankan kebersihan pantai. Jangan membuang sampah sembarangan apalagi meninggalkan sampah di tempat Anda bersantai.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Pantai Sadranan terbilang sangat murah. Yakni hanya 10 ribu saja dan dengan 10 ribu tersebut Anda bisa menikmati pantai lain di sekitar Pantai Sadranan. Lalu untuk gazebo yang ada di pinggiran pantai, Anda bisa menyewanya dengan harga 10 – 25 ribu rupiah.

Bagi Anda yang ingin bermain air dengan cara snorkeling, Anda bisa menyewa peralatan snorkeling di sini dengan harga 50 ribu sampai 100 ribu rupiah. Jadwal snorkeling di sini sudah ditentukan. Yakni puku 06.00 – 08.00 dan pukul 16.00 – 18.00.

Pada jam-jam tersebut, pemandangan bawah laut di sinisangat indah. Di saat sore, Anda juga bisa menikmati pemandangan bawah laut sambil disuguhi pemandangan luar biasa dari matahari terbenam. Selain itu, penentuan jam ini juga terkait dengan keamanan karena pada jam tersebut ombak relatif tenang.

Rute Menuju Pantai Sadranan

Diasumsikan Anda berangkat dari pusat Jogja, ambil jalur ke arah Wonosari. Setelah sampai di pasar Wonosari, belok kanan ke arah Pantai Baron. Sebelum tiba di Pantai Baron, arahkan kendaraan ke sebelah Timur hingga menemukan petunjuk jalan bertuliskan Pantai Sadranan.

Barulah setelah itu Anda tinggal mengikuti jalan sampai ke pantai tujuan. Estimasi perjalanan sekitar 2 jam dengan kondisi jalan yang sudah bagus untuk dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat.

Perlu diketahui juga bahwa pantai ini tidak pernah tutup, atau buka 24 jam mulai hari Senin sampai Minggu.

Hal Menarik di Pantai Sadranan

  • Snorkeling

Jika berbicara mengenai aktivitas menarik, tentu Snorkeling menjadi yang nomor satu. Karena sekali lagi, pantai ini merupakan surga bagi pecinta pemandangan bawah laut di Indonesia. Di sini Anda bisa menemukan biota laut yang indah serta tanaman bawah air yang masih terjaga keasliannya.

Untuk bisa ber-snorkeling di sini, Anda cukup menyewa perlengkapannya dengan harga antara 50 ribu sampai 100 ribu rupiah saja. Pastikan juga Anda datang di waktu yang tepat. Karena waktu terbaik untuk snorkeling di sini adalah pukul 06.00 – 08.00 dan 16.00 – 18.00 WIB.

  • Camping

Pantai Sadranan adalah pantai yang dibuka selama 24 jam. Hal ini membuat banyak orang memutuskan untuk mengadakan camping di sini. Anda bisa camping di pantai ini dengan aman dan merasakan suasana pantai seharian.

  • Nikmati Sunset dari Atas Bukit

Bermain di Pantai Sadranan Anda tidak hanya bisa menikmati keindahannya dari bawah bibir pantai saja. Di sini juga terdapat bukit yang bisa dikunjungi tidak jauh dari bibir pantai. Bukit ini adalah tempat yang sempurna jika Anda berniat untuk menikmati sunset atau matahari terbenam di Pantai Sadranan.

  • Bermain Air

Pantai Sadranan adalah tempat yang aman untuk Anda atau pun anak-anak bermain air. Namun khusus untuk anak-anak jangan lupa untuk selalu mengawasinya. Ombak di sini tergolong tenang walaupun menghadap Samudra Hindia.

Akan tetapi Anda harus tetap berhati-hati dan waspada ketika memutuskan untuk bermain air di sini. Karena pantai selatan tetaplah pantai selatan. Ada beberapa saat dimana ombak akan ganas.

  • Hunting Foto Estetik

Pantai Sadranan merupakan tempat yang sempurna untuk mencari foto estetik di pantai. Ada banyak spot yang tersedia di sini. Seperti dari puncak bukit di menghadap ke laut, spot ayunan, foto dengan latar belakang pulau kecil di seberang pantai, dan masih banyak lagi.

Foto tersebut akan terlihat lebih indah lagi di momen-momen tertentu. Seperti saat matahari terbit, matahari terbenam, dan lain-lain. Dari atas bukit, Anda juga bisa memanfaatkan pondok kecil untuk bersantai sekaligus mempercantik foto.

  • Menginap

Jika tidak ingin camping namun ingin menginap, di sini tersedia beberapa penginapan di sekitar pantai. Anda bisa mendapatkan kamar yang menghadap ke pantai jika beruntung. Fasilitas yang tersedia pun cukup lengkap dan kualitasnya bagus.

Jika Anda berkunjung ke Jogja dan ingin mencari wisata alam yang eksotis, langsung saja kunjungi Pantai Sadranan. Apalagi jika Anda mencintai dunia bawah air, di sini Anda bisa menemukan bagaimana keindahan bawah laut Indonesia yang masih alami.

Review Pengunjung

Bunda SR
08:33 24 Oct 21
Pasir putih, air bening. Beneran kl anak2 mau main air baiknya di bawah jam 10, air masih pasang. Diatas itu air mulai surut, jadi lgs kena karang2 kecil, pedih di kaki kecuali bawa sepatu air nya. Nyantai di bale2 murah meriah. Banyak sewa kamar mandi. Pilih aja yg bersih2. Minuman dingin, kelapa muda. Enaknya bawa bekal atau jajanan, abis maen air pasti laper.
Sangapta Damar
14:02 01 Dec 21
Weekdays cukup ramai dengan pengunjung. Ada jasa sewa perahu cano dan snorkeling serta buat duduk santai nan teduh. Warung makan dan kamar mandi tersebar merata jadi nggak khawatir kalo mau bilas sekalian makan. View nya sangat bagus dan ombak cukup tenang, bisa renang sekalian menikmati sunset ♥
Dimas Nugroho
12:44 01 Dec 21
Pasir putih lembut, air bagian dangkalnya banyak terumbu karang dengan berbagai mahkluk laut kecil yang berwarna-warni dengan ombak yang pecah agak jauh dari garis pantai jadi bisa snorkeling dan main air dengan cukup aman. Belum terlalu ramai juga.
rifka annisa
06:27 13 Nov 21
Tempat yang paling oke buat snorkling . Mirip banget tipe pantainya kaya di Balangan Uluwatu Bali. Super recomended ..penyewaan alat snorkling mulai 35k . Tapi langsung nyebut juga oke
Iis Rahmawati
02:20 01 Nov 21
Pantainya lumayan. Tapi menurut saya agak kotor. Dari parkiran sampai tepi pantai keliatan kurang bersih karna masih banyak sampah. Saya kesana hari minggu. Ramai sekali. Garis pantainya pendek. Pasirnya juga pendek kayak di pantai indrayanti. Ombaknya tidak terlalu tinggi. Tapi enaknya bisa sewa kano dan banyak fotografer kalo mau foto2 tapi berbayar ya. Kamar mandi, tempat makan banyak tinggal pilih. Dari parkiran jaraknya dekat kalau mau ke tepi pantainya.