Pantai Sendiki

Indonesia memang dikenal kaya akan tempat wisata. Salah satunya adalah wisata pantai, contohnya Pantai Sendiki. Pantai yang satu ini tepatnya berada di Malang. Selain dikenal dengan wisata pegunungannya, Malang juga ternyata dikenal dengan berbagai wisata pantainya.

Pantai Sendiki adalah salah satu wisata pantai di Malang yang sangat direkomendasikan. Ada banyak hal yang bisa dinikmati di pantai ini. Pantai yang dikenal eksotis ini, tepatnya ada di Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang.

Pantai Sendiki

Harga Tiket Masuk

Meskipun pantai eksotis ini masih dikenal sepi pengunjung, namun warga sekitar tetap menarik harga tiket masuk. Tenang saja, harga tiket untuk masuk ke wisata pantai yang satu ini sangat terjangkau. Anda hanya perlu membayar Rp5 ribu saja. Sedangkan, biaya parkirnya juga Rp5 ribu.

Jika kebetulan Anda ingin berkemah atau menginap dulu di sekitar pantai, maka tarif tiket akan ditambah Rp10 ribu. Ada beberapa fasilitas yang bisa Anda pakai selama ada di pantai ini. Beberapa fasilitas tersebut adalah seperti mushola, toilet umum, pemandian, hingga camping ground.

Untuk bisa makan dan minum, Anda juga tak perlu khawatir karena di sana juga ada warung warga. Semua fasilitas yang ada di tempat wisata ini dikelola oleh warga sekitar pantai.

Rute Menuju Pantai Sendiki

Seperti dikatakan sebelumnya, pantai eksotis Sendiki berada di Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang. Untuk bisa sampai ke Sendiki, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dengan jarak tempuh sekitar 68 km.

Untuk menuju ke sana, Anda bisa gunakan mobil pribadi. Hal ini mengingat masih jarang sekali ada angkutan umum yang bisa membawa Anda menuju tempat wisata pantai.

  • Rute Mobil atau Motor

Rute dimulai dari Kota Malang menuju Pakishaji. Di Pakishaji Anda bisa langsung menuju Gondanglegi. Belum sampai di situ, Anda harus lanjut perjalanan menuju Turen baru kemudian sampai di Sumbermanjing Wetan dan menuju lokasi utama di desa Tambakrejo.

Sesampainya di Tambakrejo, Anda sudah bisa mengikuti jalan menuju tempat wisata Pantai Sendiki. Dalam perjalanan, Anda akan melalui jalanan menurun lurus. Sampai Anda bertemu dengan pertigaan, Anda bisa belok kiri dan jalan lurus hingga sampai di pos kamling bambu.

  • Lanjutan Rute Menggunakan Motor

Dari pos kamling ini, beloklah ke kanan menggunakan motor. Hal ini karena jalanan yang akan dilalui selanjutnya cukup sempit sehingga tidak bisa dimuati mobil. Untuk sementara, Anda bisa menitipkan mobil ke penduduk yang ada di sekitar sana.

Dari pos kamling ini Anda harus mengendarai motor dengan jarak tempuh perjalanan sekitar 3 km. Disarankan untuk sangat berhati-hati selama perjalanan karena kondisi jalan yang masih licin dan banyak lumpur di sana sini.

Setelah sampai, Anda bisa langsung parkir dan bayar harga tiket wisata di sana yang sangat terjangkau. Jika Anda punya waktu panjang, Anda bisa sekaligus berkunjung ke pantai lain yang juga dekat lokasinya dengan Sendiki.

Pantai tersebut tak lain adalah pantai Tamban. Hanya butuh jarak tempuh 2 km saja untuk bisa sampai ke pantai Tamban.

Hal Menarik di Pantai Sendiki

Setiap tempat wisata pasti punya daya tariknya masing-masing, tidak terkecuali dengan Pantai Sendiki yang banyak diminati wisatawan. Bagi Anda yang belum tahu tentang pantai ini, berikut bisa disimak beberapa daya tarik dari pantai yang satu ini:

  • Bisa Berkemah

Berkemah di pinggir pantai tentu menjadi hal yang menyenangkan, apalagi jika berkemah bersama teman-teman dan keluarga. Nuansa pantai yang masih asri dan tak banyak pengunjung ini sangat mendukung untuk dijadikan tempat berkemah.

Adapun untuk berkemah, pengunjung bisa memilih untuk menyewa tenda di sana atau membawa sendiri dari rumah. Namun meskipun membawa tenda dari rumah, Anda tetap akan dikenakan biaya sebesar kisaran Rp20 ribu untuk ijin buka tenda.

Sedangkan jika menyewa tenda di sana, Anda akan dikenakan tarif sekitar Rp75 ribu untuk satu tenda berkapasitas 4 hingga 5 orang saja.

  • Berjemur

Selain berkemah, di pantai ini Anda juga bisa berjemur dengan santai. Pasir pantai yang warnanya putih bersih dengan nuansa yang sepi, bisa membuat Anda merasa berada di pantai pribadi. Sambil menikmati pemandangan bebatuan sekitar pantai, Anda bisa menggunakan waktu berjemur dengan baik.

  • Menikmati Pesona Pantai

Pantai Sendiki adalah salah satu pantai dengan pemandangan yang luar biasa di Malang. Pantai yang hingga saat ini masih sepi pengunjung ini sangat layak dijadikan tempat berwisata. Keasriannya masih terjaga dengan baik karena belum banyak campur tangan manusia.

Pemandangan eksotis yang ada di pantai ini, sangat bagus dijadikan objek foto dan menikmati keindahannya. Di sekitar pantai, ada titik hutan yang tak kalah mempesona Anda bisa sambil berjelajah ke dalam hutan yang ada di sana, namun pastikan untuk tetap waspada.

  • Mengetahui Mitos Menarik

Tidak semua tempat wisata punya kisah mitos menarik. Namun, berbeda halnya dengan Pantai Sendiki ini. Pantai yang sangat eksotis ini ternyata menyimpan kisah mitos yang cukup menarik didengar. Kabarnya, pantai ini dahulu ditemukan oleh sekelompok sahabat.

Masing-masing dari mereka memilih bagian dari pantai untuk menjadi wilayahnya. Salah satu sahabat yang bernama Singo Lelono, menjadi penerima wilayah terakhir. Namun, seketika ia kebingungan dengan bagian wilayah miliknya hingga berkata “Punyaku seng ndi ku?”

Dari kalimat tersebut, akhirnya menumbuhkan ide untuk memberi nama pantai dengan nama Sendiki. Sampai sekarang, makam Singo Lelono masih ada di sebelah kiri pantai ini.

  • Menikmati Pantai dari Homestay

Tidak hanya berkemah, bagi pengunjung yang ingin meningkatkan pantai tanpa berkemah pun ada homestay yang siap menampung. Homestay yang dimaksud ini sebenarnya adalah rumah penduduk sekitar pantai. Namun, mereka kerap menawarkan untuk dijadikan tempat menginap.

Menginap di rumah penduduk akan memberikan Anda pengalaman baru sambil menikmati pemandangan pantai yang super asyik. Namun tentu saja, mungkin Anda akan ditarik biaya inap sesuai dengan tarif yang dibandrol.

Ada banyak sekali pilihan pantai eksotis yang ada di Malang. Pantai Sendiki bisa jadi pilihan terbaik untuk mengisi hari libur Anda. Utamanya, bagi Anda yang suka dengan suasana indah dan tenang, Sendiki sangat bisa untuk memenuhinya. 

Review Pengunjung

Dinda Nurul Fatih
23:07 20 Sep 20
Pantainya bagus, bersih, dan tidak teralu ramai
Lukita Selma
16:34 23 Nov 21
Hai semua. Aku dan temen temen ke pantai sendiri bulan september akhir 2021. Dan pantai nya sebenernya belum dibuka loo. Cuman kalo kalian kesana bisa kokk ada mang mang parkir yang memperboleh kan kesana.Sewa karpet : 20kParkir : 15 (per motor) impressiff wkwkTutup : 17.00NB : Jangan lupa beli camilan sebelum sampe pantaii. Karena hampir gaada yang jual karena msih pada tutuppEnjoyyyyy salam happy kiyowo
Pakde Yoes
01:54 01 Oct 21
pantai yg keren, pasir putih dan ombak yg ramah, dan suasana yg nyaman. semoga pihak terkait semakin memperbaiki fasilitas jalan menuju pantai dan pengunjung selalu menjaga kebersihan. sayangnya saya melihat sendiri rombongan pengunjung yg meninggalkan sampah plastik bekas bungkus makanan
roli yani
12:16 25 Aug 21
baguslah pokonya, sayang aja waktu saya dateng lagi mendung jadi gak cerah pas foto-foto. akses jalan menuju pantainya agak rusak dan waktu kesana jg masih banyak yg tanah gitu.
Agam Sutanto
16:47 19 Sep 21
Tak sarankan pakai sepeda motor aja kalau ke pantai ini jalannya banyak bebatuan kalau hujan jembret jalannya pantainya bagus sekaliii warungnya cukup jauh dari pantai jadi disarankan beli stok makanan aja diwarung daripada bolak balik lagi