Pantai Pacar: HTM, Rute & Review

Tidak mau kalah dengan provinsi lain, Jawa Timur juga punya banyak tempat wisata bertema pantai. Salah satunya adalah Pantai Pacar yang letaknya ada di Tulungagung, Jawa Timur. Konon, pantai ini dulunya dipenuhi dengan area hutan yang banyak ditumbuhi pepohonan dan tanaman lain.

Salah satu tanaman yang banyak tumbuh di area pantai ini adalah tanaman pacar. Dari sinilah asal usul pantai yang punya nama pacar. Seperti halnya pantai lain, pantai ini juga punya segudang keindahan yang sangat sayang dilewatkan. Pantai ini layak dijadikan destinasi liburan.

Pantai Pacar

Harga Tiket Masuk Wisata

Pantai ini sudah dikelola oleh masyarakat sekitar menjadi destinasi wisata. Maka untuk bisa menikmati keindahan pantai, tentu saja Anda harus membayar tarif tiketnya. Tak perlu khawatir, harga tiket dijamin tidak akan menguras kantong Anda.

Harga tiket masuk wisata ini di hari efektif hanya sekitar Rp3 ribu saja. Sedangkan saat weekend, harganya menjadi Rp5 ribu. Harga tiket ini bisa jadi naik lebih mahal bergantung pada tingkat keramaian dan pada event hari libur nasional.

Adapun tarif tersebut belum termasuk biaya parkir dan sewa fasilitas lain yang ada dalam kawasan pantai. Untuk tempat parkir sudah disediakan oleh pengelola pantai. Meskipun jalan akses menuju pantai ini sempit, namun Anda tetap bisa membawa motor dengan catatan harus super hati-hati.

Rute Menuju Pantai Pacar

Jalur untuk sampai ke Pantai Pacar ini tergantung dari mana titik Anda berangkat. Jika Anda berangkat dari Tulungagung Kota, Maka Anda bisa langsung ikuti jalur sampai ke Kecamatan Ngunut. Anda juga bisa memanfaatkan GPS atau bisa menggunakan jasa ojek online.

Dari kecamatan Ngunut, titik incaran adalah pasar Ngunut. Setelah sampai pasar Ngunut, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Pasar Panjerejo. Kemudian dilanjutkan ke Desa Pucanglaban. 

Belum sampai di situ, dari Desa Pucanglaban Anda masih harus melanjutkan perjalanan menuju Tambak Udang. Lokasi Pantai Pacar ini tepatnya ada di samping Tambak Udang. 

Namun Anda masih harus melewati jalanan sempit untuk bisa sampai ke titik lokasi Pantai ini. Untuk bisa sampai, sebaiknya Anda tidak perlu menggunakan kendaraan.

Hal Menarik di Pantai Pacar

Keindahan Pantai Pacar tidak kalah menarik dari pantai-pantai lain yang ada di Jawa Timur. Pantai cukup ramai pengunjung karena memang sudah dikelola menjadi tempat wisata umum. Lantas, apa saja objek wisata yang menarik di sini? Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Hunting Foto Super Kece

Tak lengkap rasanya jika liburan tanpa mengabadikan momen dalam sebuah foto. Hunting foto yang super kece bisa Anda dapatkan di pantai yang satu ini. Apalagi di sekitar pantai berdiri kokoh tebing kapur yang super kece.

Selain berfoto dengan background tebing kapur, Anda juga bisa hunting dengan ayunan yang sudah disediakan oleh pengelola tempat wisata.

Di sana juga sudah dibangun gardu pandang untuk melihat pemandangan pantai dari kejauhan. Dijamin, pemandangannya akan sangat mempesona saat dilihat dari gardu pandang ini.

  • Air Terjun

Salah satu hal yang sangat menarik dan unik dari pantai ini adalah adanya air terjun. Air terjun ini mengalir deras dari atas bukit yang ada di sekitar Pantai Pacar. Air yang segar dan deras ini juga bisa Anda nikmati untuk mandi di sekitar area air terjunnya.

Biasanya, air akan turun dengan derasnya saat musim hujan. Bukit yang berada di atas pantai memang tidak punya aliran untuk mengalirkan air hujan yang turun. Hal ini membuat volume air yang deras akan langsung turun ke area pinggir pantai.

Namun, tentu saja air terjun yang ada di sini tidak semegah dan setinggi air terjun kebanyakan. Volume airnya juga tidak selalu deras. Hal ini karena sumber air terjunnya bukan berasal dari pegunungan, melainkan dari bukit tebing kecil yang ada di pinggir pantai.

  • Bermain Pasir

Kondisi pasir yang ada di pantai ini adalah putih dan halus. Tak heran jika banyak pengunjung yang memilih bermain pasir saat berkunjung ke Pantai Pacar. Selain itu, kondisi air lautnya sangat jernih sehingga mengundang para pengunjung untuk bermain-main dengan airnya.

Perlu diperhatikan saat bermain air di pantai ini, pastikan Anda tetap waspada karena kondisi ombak di pantai ini bisa besar dan bisa juga kecil. Apalagi untuk Anda yang membawa anak kecil, diharapkan untuk selalu berhati-hati.

  • Menikmati Keindahan Senja

Tak kalah dengan Pantai Kuta yang ada di Bali, pantai yang ada di Tulungagung Jawa Timur ini juga memiliki nuansa yang sangat keren saat menjelang senja. Saat senja tiba, warna langit akan berubah menjadi orange.

Anda bisa duduk-duduk di pinggir pantai menikmati angin semilir dan pemandangan senja yang begitu indah. Pemandangan ini akan sangat sayang dilewatkan. Bahkan, ada banyak pengunjung yang rela bermalam untuk menikmati sunset yang indah ini.

  • Berkemah

Nuansa pantai yang begitu indah, memang sangat cocok dijadikan sebagai tempat berkemah atau camping bersama teman atau keluarga. Pantai Pacar ini tergolong sebagai pantai yang juga menyediakan fasilitas untuk berkemah.

Namun Anda juga bisa membawa perlengkapan kemah sendiri. Jika ingin menyewa tenda, pengelola pantai menyediakan beberapa pilihan tenda dan juga matras. Untuk tenda dengan kapasitas 6 orang, tarif yang dikenakan sekitar Rp35 ribu.

Sedangkan untuk tenda dengan kapasitas 4 orang tarifnya sekitar Rp25 ribu rupiah saja. Untuk tarif sewa matrasnya hanya dibanderol Rp5 ribu. Sangat terjangkau, bukan? 

Tak perlu khawatir soal makan dan minum, di sekitar area pantai sudah banyak warung makan yang menyediakan beragam pilihan makanan dan minuman.

  • Kuliner

Selain bisa menikmati keindahan kawasan pantai, di sana Anda juga bisa menikmati wisata kuliner yang ada di sekitar kawasan pantai. Ada beragam jenis makanan khas Tulungagung yang bisa Anda nikmati.

Meskipun medan menuju pantai ini lumayan sulit karena jalanan yang sempit, namun keindahan pantai akan membayar semuanya. Anda akan dibuat takjub dengan keindahan pantai yang jernih dan tebing kapur yang menjulang tinggi, ditambah lagi ada air terjun yang melengkapi pantai ini.

Tulungagung memang dikenal punya banyak tempat wisata, tak kalah dari kota lain di Jawa Timur. Namun, Pantai Pacar ini bisa jadi salah satu destinasi wisata terbaik yang bisa Anda kunjungi bersama teman dan keluarga. 

Review Pengunjung

Gooby P
10:16 19 Nov 21
KELEBIHAN : - view bagus bagi yang suka foto2 bagus banget- htm murah cuman 5K- akses jalan g begitu susahKEKURANGAN : - panas, minim area berteduh gazebo cuman dua pepohonan jarang- fasilitas umum kurang bagus, bisa dimaklumi masih baru- kalo weekend ramenya minta ampunSaran kalo kesini mending weekdays menghindari kerumunan, spot foto pun gantian kalo rame, bawa bekal dr rumah atau beli di minimarket di spot jarang orang jualan kalaupun ada harganya beda
Nurul Fitri
06:45 21 Nov 21
Pantai ny bagus, hny jalan ny belum sepenuhnya di cor beberapa meter tanah, buat yg bawa mobil lebih baik sejenis mobil tinggi misalnya avanza Krn sedikit licin apabila hujan dan sedikit berbatu. Semoga kedepannya akan lebih d perbaiki LG. Yuk d coba traveling k sini
Rindu Rindy
02:56 24 Nov 21
Bagus banget view pantainya ..penempuhan jalan nya sangat panjang dari trenggalek selama 2 jam naik sepeda motor . Kalau untuk jalan sudah mudah dilewati apalagi akan ada jalur lintas selatannya juga pokoknya keren
Uswahh
06:27 21 Nov 21
Follow me on Instagram @uzwahchasaSeru banget kesini cuma bayar parkir aja minusnya jalannya waktu mau sampe ke lokasi rada becek next time semoga waktu ke sana lagi jalannya udah diperbaiki yy
sindi Ludvitasari
09:42 29 Aug 21
Sangat kecewa jalan diperbaiki dan ditutup.. Ga bisa ke pantai pacar. semoga cepat selesaiJangan kesana dulu ya daripada kecewa tapi pemandangan sangat bagus dan ga dia"kesana