Kuliner Malam di Cirebon

Berada di kawasan pesisir bagian utara dari Pulau Jawa, membuat Cirebon memiliki keunikannya sendiri. Bukan saja soal tradisi dan budaya, tapi juga tentang makanan hingga kuliner malam Cirebon yang menyajikan berbagai macam kudapan hingga main course.

Ketika berkunjung ke kota udang ini, memang akan terasa sangat menggelitik untuk mencoba kulinernya. Berbagai alasan menjadi latar belakang mengapa pelancong penasaran dengan menu-menu kuliner khas daerah berpenduduk 343 ribu lebih jiwa ini.

Buat Anda yang berkunjung ke Cirebon, banyak alasan mengapa makanan khas yang ada di sana wajib dicoba. Mungkin tidak semuanya, namun beberapa memang memiliki perbedaan signifikan dan hanya akan ditemukan di kota tersebut. Simak beberapa alasan dibawah ini.

  • Kaya Sejarah

Setiap makanan khas yang ada di Cirebon memiliki sejarahnya masing-masing. Kebanyakan bahkan sudah ada sejak masa penjajahan atau lebih lampau dari itu. Namun, tetap dijaga kelestariannya hingga saat ini.

Contohnya saja makanan yang dulunya merupakan menu bagi rakyat jelata dibuat dari bahan sederhana dan pengolahan mudah. Tapi soal rasa, bisa disandingkan dengan kuliner menengah ke atas.

Ada juga makanan yang dulunya disajikan untuk para pekerja dengan menggunakan wadah khusus, kini menjadi sangat fenomenal dan wajib dicicipi oleh para pendatang. Bukan saja rasanya yang enak, tapi keunikannya juga menjadi alasan orang penasaran ingin mencoba.

  • Rasa Variatif

Kuliner dari Cirebon memiliki rasa yang sangat bervariasi. Ada yang gurih dan manis, bahkan ada juga perpaduan manis dan pedas. Oleh sebab itu, siapapun bisa memilih sesuai dengan jenis makanan yang disukai.

Misalnya untuk pecinta pedas bisa memilih menu khas di warung hingga restoran kota udang ini. Dengan rasa pedas yang tepat, bisa dinikmati di malam hari atau saat hunting kuliner malam Cirebon.

Dijamin ketagihan apalagi untuk makanan tradisional yang pastinya sudah mahir dibuat oleh penduduk setempat.

  • Pas di Lidah

Jika dilihat dari rasa, aroma, dan juga teksturnya ternyata makanan dari kota nomor 43 terluas di Indonesia ini sangat cocok dimakan oleh berbagai kalangan. Diolah dengan cara khusus membuat menu tersebut pas di lidah masyarakat Indonesia dari daerah manapun.

Kalau dilihat dari beberapa cirinya, kebanyakan menu yang dijumpai di kota dengan lima kecamatan ini terdiri dari tiga kelompok utama. 

  • Pertama, kelompok makanan jenis cemilan dengan dua pilihan rasa yaitu manis atau asin.
  • Kelompok kedua adalah jenis makanan utama untuk disantap saat sarapan atau makan malam. Porsinya juga pas untuk disantap sendirian dengan pilihan menu yang lengkap protein hingga karbohidratnya.
  • Kelompok ketiga, yaitu makanan sore hari yang tidak terlalu berat namun juga tidak terlalu ringan. Bisa dijadikan makanan utama dan cemilan favorit.

Tertarik untuk hunting kuliner khas Cirebon, Anda dapat mencarinya sejak pagi hingga malam. Supaya tidak pusing mau mencari jenis makanan apa, kami sudah menyediakan 10 kuliner malam Cirebon enak dan benar-benar populer di kalangan pelancong domestik maupun mancanegara. 

10

Nasi Lengko H Barno

Nasi Lengko H Barno
AlamatJl. Pagongan No.15B, Pekalangan, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45123
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 06.00 – 22.00
No Telpon(0231) 210064
wisnu salman
12:29 01 Jan 21
Legenda kuliner Cerbon. Berulangkali datang. Kembali datang tanggal 28 Februari 2019. Sangat enak nasi lengko = tahu lontong+ kucai + sate nya. Sate 20 tusuk rp. 85.000. Tapi saya koq merasakan agak hambar ya masakannya. Kurang bumbu sepertinya. Harus ditambah kecap. Saya suka dengan kerupuknya apalagi yang gosong. Seringkali habis kalau malam.Ada jualan durian es juga.Yang perlu dicatat bahwa disini hanya bisa CASH. Kalau atm adanya di dekat yogya baru. makannya harus pakai kerupuk.Kembali datang tgl 1 agustus 2020 dan 1 desember 2021.
Noldi
15:06 19 Nov 21
Disini Sate kambing nya enak & empuk... Cocok dimakan pake nasi lengko... Isinya hampir seperti tahu kecap, ada tauge, tahu, dll... Mantap lah
Taufik Jeremias
08:25 03 Nov 21
nasi lengko wajib di cirebon, mixture rasanya pas, apalagi pakai sate kambing sama es duren buat desert... hati2 buat yg darting

9

Bang JT – Empal Gentong/Asem

Bang JT - Empal Gentong/Asem
AlamatJl. DR. Cipto Mangunkusumo No.4B, Pekiringan, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45131
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = Buka 24 Jam
No Telpon0816-640-009
Novrida Herwanto
05:44 16 Nov 21
rumah makan terkenal sejak dulu. Lokasi strategis di tepi jln arteri (Jl. Dr. Cipto) seberang Grage Mall.Kondisi tempat makannya cenderung sederhana, krg nyaman. Citarasa menu makanan cukup, harga menengah (tdk murah)..non MSG.
Abah Fajar
11:02 16 Nov 21
Walaupun tdk belanja di sini, kebaikan dr Ibu pemilik usha ini sangat berkesan. Hujan begitu deras, tas jinjingku diberi pelindung tas kresek besar warna hitam. Dan diam2 beliau menyiapkan jas hujan rakitan buatku. Terima kasih Bu. Maknyuus lahir batin
Reinhard Siahaan
02:02 16 Jun 21
Penyelamat jika lapar tengah malam di Cirebon, rasa makanan (empal gentong, bandeng bakar, nasi lengko) relatif enak. Mungkin agak susah akses karena jalan masuk melewati trotoar jalan.
Yusep Fitriadi
08:49 17 Nov 20
Segerrrr empal gentong nya

8

H. Moel Seafood Pusat Cirebon

H. Moel Seafood Pusat Cirebon
AlamatJl. Kalibaru Selatan No.39, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45112
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 10.30 – 00.00
No Telpon0813-2059-9922
sunset boulevard
07:34 04 Jun 21
Makanan dan harga sesuai dengan kualitas, Yang sangat disayangkan adalah pelayanan yang ga efisien(sangat lemot) dan lama .Pesanan diantarkan di waktu yang berbeda dengan jangka waktu yang lama sehingga tidak bisa segera menikmati makanan bahkan parahnya ada satu pesanan saya yang tidak diantarkan sampai saya selesai makan .Pengalaman yang kurang menyenangkan dan menghilangkan nafsu makan .
haula hamid19
01:58 05 Oct 21
Cirebon adalah daerah pesisir dengan kuliner yang terkenal empal gentong dan nasi Jamblang, padahal sebagai wilayah pesisir pasti punya tempat makan sea food yang anak kannn.... .Tempat ini di rekomen rekan kerja kami pak Nurhadi tim kotaku kabupaten Cirebon.makanan yang kami pesan ikan bakar , ikan goreng goreng rica rica, SOP Ikan, cumi goreng tepung, tumis kangkung , tumis toge , dan kerang tutut.Makanannya semua enak tapi yang paling juara bangettt SOP Ikan dan cumi goreng tepung nya .Makan dan minum untuk 4 orang habis sekitar 480 rb.Yang ke Cirebon jangan lupa mampir di H Moel yaaaaa
Haiqel
09:35 10 Sep 20
Pelayanannya cepat
Tri
03:03 11 Oct 21
Tempatnya luas. Rasa masakannya enak. Saya sudah nyoba beberapa bumbu Dan semuanya cocok. Untuk harga kepiting bisa dibioang paling mahal. Untuk menu lainnya cukup sebanding dengan harganya.

7

Sate Kalong – Drajat Kesambi

Sate Kalong - Drajat Kesambi
AlamatJalan Kesambi Dalam No.102, Kesambi, Drajat, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 19.00 – 23.00
No Telpon0877-8646-2398
Fachran Ody
12:29 28 May 21
Satenya tipis-tipis gitu tapi rasanya cukup enak. Sempet nyasar karena di maps ane ngawur 🤣 harga 20 tusuk hanya 30rbu yaa masih terjangkau kok dengan rasanya. Recomended bagi orang yang suka sate tipis-tipis gitu...
Dede fakhrizal
15:23 29 Oct 21
enak satenya.
Gabriella Ones
16:09 17 Jul 21
Enak sekali mantap

6

Bubur Sop Ayam M. Kapi

Bubur Sop Ayam M. Kapi
AlamatJl. Tentara Pelajar No.18, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45118
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 17.00 – 01.00
No Telpon
Asep Subhan
22:13 09 Sep 20
Mantap rasa nya
F. Anjas Sagita
22:32 06 Nov 21
Cirebon tak hanya identik dengan nasi jamblang atau empal gentong. Bubur sop ini juga khas sini. Bubur yang diguyur sop ayam panas dengan aroma tauco dan merica yang tebal menjadikannya cocok untuk menghangatkan malam-malam yang dingin.
Panser 818
07:35 16 Nov 21
Rasanya kembali ke waktu lampau, sate, bubur sop tidak diragukan lagi....... 👍👍👍👍Satu yang kehilangan es Campur yang entah kemana......
Yanto Hardjo Prawiro (Nco)
15:22 29 Oct 21
Ke Cirebon, sudah pasti mampir ke bubur Sop M Kapi.Sebenarnya belum lengkap tanpa es Campurnya yang sekarang sudah tidak ada........
M Adiyanto
11:59 12 Oct 21
Buburnya buanyak, rasanya nagih, pelayanan ramah..harga ramah dikantong...lokasi sedikit geser dr maps...seberang princess kosmetik..sebelum jembatan persis

5

Nasi Jamblang Mang Dul

Nasi Jamblang Mang Dul
AlamatJl. DR. Cipto Mangunkusumo No.8, Pekiringan, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45131
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 05.00 – 00.00
No Telpon(0231) 206564
ANDRE KALIVA
08:12 27 Oct 20
Beberapa waktu silam, menginap di sekitar area warung ini dan mencoba makan ditempat karena banyak yg rekomend, ternyata waktu itu segalanya kurang. Nasinya kurang lembut/kering keras, sambal yg tersohor terasa BIASA saja, lauk yg tersedia sepertinya tidak fresh, alhasil kecewa dengan ekspektasi yg besar mendapatkan kuliner khas yang super.Pagi ini, meninggalkan breakfast di hotel dengan rasa penasaran, balik COBA dan sedikit deg2an dengan ekspektasi lidah, setelah sampai, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir(sementara melihat beberapa pengunjung tak melaksanakan prosedur kebersihan...😅) saya ambil nasi bungkus daun jati, sambal double, cumi, tongkol dan tahu, beserta teh tawar panas. Alhamdulillah, thanks Allah, rasanya CUKUP saya apresiasi walaupun belum dapet yg top banget seperti 6-7tahun yang lalu. Tapi ada kemajuan, lauknya segar (mkn karena pagi hari ....).Jadi saya rekomendasikan warung ini untuk dikunjungi dan tentu saja belanja di sini.😀21/10/2020MAHAL BANGET SEKARANG.Untuk para traveler siapkan dompet anda dengan baik 😅
Martsa Mahanani
23:40 01 Oct 21
Kesini karna kebetulan lagi di cirebon dan cari2 referensi nasi jamblang enak dimana dan berakhir disini. Awalnya bingung konsep pesennya gimana, ternyata nasi bakal diambilin sama pelayan dalam bentuk udah dibungkus daun jati. Jadi pilihannya nasi 1 atau 2 atau kelipatannya gabisa 1 1/2 gitu. Terus lauk pauknya ambil sendiri. Disini aku ambil sate kentang, perkedel, tempe goreng tepung, pepes jamur, dan sambal. Buat rasanya kalo untuk aku pribadi, nasinya kurang ada aroma daun jatinya mungkin kurang lama ngebungkusnya, buat lauknya juga standar sih, tapi yang paling enak pepes jamurnya karna terasa banget kalo hasil dipanggang/diasap. Untuk harga juga standar, ambil lauk sebanyak ini + es jeruk dibandrol sekitar 20an ribu.Selamat mencoba!🤗
Dinni Lutfiani M
06:27 07 Nov 21
Salah satu warung nasi jamblang ternama di kota cirebon. Ada area parkir tersendiri, disamping jejeran ruko mang dul. Pilihan menu banyak, rasa enak. Kalau weekend atau hari libur rame bgt sama pendatang dari luar kota yg mau makan nasi jamblang. Harga agak lebih tinggi dari nasi jamblang pada umumnya mungkin karena sdh punya nama dan tempat sendiri. Untuk tempatnya sendiri tidak terlalu luas tp ada 2 lantai.
Nissa Respati Noor
02:10 26 Aug 20
Kesini krn rate di Google Bagus & masih bisa makan diatas Jam 23:00. Pas sampe , pilihan Nasi Jamblang nya kurang banyak. & Ditempat ini Ada Empal Gentong. Seporsi Empal Gentong + Nasi = 35000, menurut gue agak Mahal ya. Nasi Jamblang yg gue makan itu Nasi yg dibungkus daun Hari, kuah Semur sm Paru (yg udh dingin jd ga garing) + Sambel sekitar 21rb.
Wisnu
13:28 09 Nov 20
Mereview sambil sarapan di Mang Dul..Ga ada yg spesial sampai saat ini.. nasinya beraroma khas namun dingin, sambal tidak pedas sama sekali, paru goreng rasa asin, telor goreng biasa, lainnya standar.. balakutaknya blom ada, mungkinkah ini yg spesial?Tempatnya ok bersih dan mulai ramai, pelayanan sigap, harga ok, parkiran khusus luas, lokasi strategis..Besok mo coba jamblang di toko sebelah..

4

Mie Colot Cirebon

Mie Colot Cirebon
AlamatJl. Pekalangan No.15, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45118
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 10.00 – 21.00
No Telpon0878-2900-2227
Ace Heryana
14:38 19 Sep 20
Mie yamin nya maknyus, kuahnya sedap. Tempatnya bersih dan rapih
Auli Rachman
07:15 26 Aug 20
Yamin manis pangsit rebus sama tahu wajib coba
Rini Widiani Thea
10:33 11 Nov 21
Menunya enak, tempat lumayan nyaman dan bersih, karyawannya ganteng2 dan ramah. Sempat termakan hoax ktnya pake b2 oil, udah dikonfirmasi langsung ke karyawannya, HALAL.. Ownernya jg muslim kok..
Ditta Meiriani
01:56 22 Oct 21
Aku kasih bintang 5 utk pelayanannya yg cepat, ruangannya yg bersihCuma mungkin ac ditambah ya utk ruangan bagian dlm karena agak kurang dingin apalagi kalau rame orang
Tri Maulana
15:48 25 Aug 20
Tempat makan favorit ketika dengan keluarga

3

Rumah Makan Klapa Manis

Rumah Makan Klapa Manis
AlamatJl. Raya Gronggong, Patapan, Kec. Beber, Kota Cirebon, Jawa Barat 45122
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 10.00 – 22.00
No Telpon(0231) 490785
Wisnu Nugroho
07:40 21 Oct 21
Viewer banget...tapi hati2 Bila ada hujan disertai hembusan angin santapan makan kita terganggu..😀(jangan ambil tepian viewer).Yang TOP bgt...bagi rekan2 anggota PHRI Datang yaach Ada potongan khusus😍😍Untuk menu Gurame goreng tepung asam manisnya tersaji hangat namun udang tepungnya dingin..mohon perbaikan rasa dan penyajiannya.
Riri Mbulss
09:46 14 Nov 21
Wow,viewnya bagus pas malemMakanan enak semuaaa,.. harga agak mahal tp kalau rame2 lumayan lah.Parkiran bisa buat 10-15mobil, aga susah karena deket tikungan nanjak dan sign-nya ga terlalu keliatan.Ada tempat solat, tapi jauh banget kebawah, ada sekitar 2.5 lantai pakai tangga nanjak 😀
Muhammad Abi Sa'id Al Rahmat
14:22 17 Nov 21
Tempatnya estetik saat sore, malam hari, disajikan pemandangan dari dataran ketinggian tanah gronggong-Cirebon, tersedia banyak sekali tempat buat nongkrong, makan bersama, ngumpul. Pelayanannya ramah, cekatan, menjaga protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang berlaku mantap pokoknya soal menu banyak varian cepat saji, seafood, drink ya uwenak

2

Nasi Jamblang Ibad Otoy

Nasi Jamblang Ibad Otoy
AlamatJl. DR. Cipto Mangunkusumo, Pekiringan, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45131
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSelasa – Minggu = 07.00 – 23.30 , Senin = Tutup
No Telpon0813-2407-7789
Tajudin Nur Handayani
04:46 20 Sep 20
Obat lapar... Mudah dijangkau di pusat kota Cirebon
Toto adityo
02:02 27 Aug 20
Nasi jablang ny enak, banyak pilihan menu
Ciputra
12:24 20 Sep 20
Murah meriah , suasananya ramai
Najlamuthia channel
10:14 01 Sep 20
Ciri khas cirebon nasi jamblang
NANANG PERMANA
10:33 28 Aug 20
Pedesan entognya mantul.... 🤗🤗

1

Empal gentong H apud pusat

Empal gentong H apud pusat
AlamatJl. Ir. H. Juanda No.24, Battembat, Kec. Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat 45153
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 09.00 – 21.00
No Telpon(0231) 211055
SOLIKHIN SUBEKTI
04:30 12 Sep 20
Kata istri saya, orang Cirebon, inilah legenda empal gentong
gie tyo
01:20 15 Sep 20
Mantap soto dan sate nya. Pelayanan cepat
Bambang Yuli Lesmana
05:20 06 Sep 20
Masih tetap enak, klo ke cirebon pasti mampir
Ary Mitoen
01:39 02 Sep 20
Lebih nyaman setelah renovasi, musholanya jg jadi lebih luas
Saputra Amien
01:53 20 Sep 20
Rasa empal gentong nya enak apalagi di bayarin sama teman yg tinggal di cirebon hahaha