Kuliner Malam di Surabaya

Dikenal sebagai kota pahlawan, Surabaya memiliki segudang keunikannya sendiri. Salah satu yang jadi perhatian adalah kuliner malam Surabayayang menyajikan berbagai jenis menu lokal hingga modern dengan banyak peminat.

Surabaya memang sudah semakin menarik untuk dikunjungi, bukan saja sebagai tujuan bisnis karena kota terbesar di Jawa Timur. Tetapi, karena makanan khasnya yang sangat beragam, mudah didapat, dan tentunya harga yang terjangkau untuk berbagai kalangan.

Untuk yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Surabaya, lalu ingin mencoba makanan khas yang ada di sana. Perlu tips memilih lokasi kuliner yang tepat, agar tidak buang waktu hanya untuk mencari satu makanan yang ternyata tidak eksis lagi atau ternyata harganya mahal sekali. Berikut tips memilih lokasi kuliner yang tepat:

  • Jarak dari Pusat Kota

Pusat kota tentu menjadi salah satu center point bagi pelancong sebagai lokasi pusat beraktivitas. Dengan begitu, ketika ingin mencari tempat kuliner sebaiknya berada di kawasan pusat kota.

Jika tidak, tentunya akan membuat transportasi menjadi sulit. Apalagi untuk yang backpacker atau melancong tanpa kendaraan sendiri dan bergantung pada transportasi umum. 

Ketika Anda memilih tempat kuliner di pusat kota, otomatis akses untuk beraktivitas lain juga akan sangat gampang. Ditambah pula, makanan yang disajikan di kawasan center kota biasanya sangat lengkap.

  • Menu yang Disediakan

Cek terlebih dahulu menu apa saja yang disediakan oleh sebuah rumah makan, cafe, atau restoran target kunjungan. Pastikan tempat tersebut menyediakan makanan yang diinginkan, pas di lidah dan tidak menyebabkan masalah pada pencernaan. 

Pasalnya, tidak semua orang bisa cocok dengan makan dari daerah lain. Contoh, Anda yang terbiasa makan dengan lauk cenderung manis tentu akan mencari tempat makan dengan pilihan menu cenderung manis pula. Jika memaksakan mengkonsumsi makanan pedas, tentu imbasnya bisa menjadi sakit perut hingga diare, bukan?

  • Ramai Atau Sepi

Apakah tempatnya ramai atau sepi? Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan untuk menentukan di mana kuliner malam Surabaya yang akan dijelajahi. Tempat yang ramai biasanya mengindikasikan makanan yang enak untuk dicoba. 

Tapi, konsekuensinya tentu Anda harus rela antri bersama pengunjung lain. Bagi yang ingin ketenangan dan lokasi yang tersembunyi untuk relaksasi dari keramaian, tentu akan memilih lokasi relatif sepi. Namun, tetap dengan menu-menu andalan khas kota pahlawan yang recommended.

  • Strategis ke Berbagai Lokasi Lain

Bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari lokasi Anda, kemudian di kawasan tersebut terdapat transportasi umum menuju lokasi lain yang dituju. Hal ini juga perlu dijadikan pertimbangan ketika akan melakukan wisata kuliner.

Supaya lebih praktis dan mempersingkat waktu, ketimbang mencari tempat yang jauh dan akses yang sulit menuju lokasi dan dari lokasi ke tempat lainnya.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, Anda akan mendapatkan tempat kuliner yang nyaman dikunjungi. Kali ini, kami sudah merangkum 10 kuliner malam Surabaya terbaik yang bisa jadi panduan Anda saat akan wisata kuliner di kota pahlawan.

10

Warung Nasi Cumi-Cumi (Ibu Atun)

Warung Nasi Cumi-Cumi (Ibu Atun)
AlamatJl. Waspada No.30, Bongkaran, Kec. Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur 60161
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = Buka 24 Jam
No Telpon0812-3313-5455
Aditya Wahyu
17:28 20 Sep 20
terlalu bising, karna di atasnya tempat fitnes
Novianti Kartika
13:32 13 Sep 20
Legend bgt guys..
Cecep Yoesmadi
13:59 08 Sep 20
Enak, murah
Anna Dwi M
07:16 14 Sep 21
Nasi campur cumi, lumayan enak. Porsi pas (untuk saya). Untuk yg makan banyak, 2 porsi harusnya.

9

Nasi Babat Kampung Malang

Nasi Babat Kampung Malang
AlamatJl. Kp. Malang Tengah I No.4, Wonorejo, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur 60263
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = Buka 24 Jam
No Telpon0812-2773-5580
Asal konten
10:05 18 Sep 20
bagus tempatnya enk masakanya..recoment
Fu Satria
22:38 13 Sep 20
Selalu antri
Yusianto 12
09:20 03 Sep 20
Murah meriah
Mochamad Ichsan Al Ayubi
10:52 20 Sep 20
Mantap

8

Penyetan Bang Ali

Penyetan Bang Ali
AlamatJl. Simpang Darmo Permai Utara No.22, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota SBY, Jawa Timur 60188
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = Buka 24 Jam
No Telpon(031) 99148218
Abdul1 Arif
02:40 13 Sep 20
tempat strategis restonya bersih pelayananya mantap
Kristian Wong
18:31 18 Sep 20
Ok sih makanan nya
Armita Chanel
15:13 08 Sep 20
Tempatnya nyaman harganya mumer
Nadia Habibah
01:23 19 Nov 21
Enakk banget, pertama kali makan disini langsung cocok sambelnya bisa pilih mau pedes atau gak. Pesen usus dan ususnya empuk berasa bumbunya tapi emang paling juara sambelnya sih tipikal sambel bawang gt gurih pedes sedep

7

Bebek Wachid Hasyim

Bebek Wachid Hasyim
AlamatJl. Raya Jemursari No.17, Jemur Wonosari, Kec. Wonocolo, Kota SBY, Jawa Timur 60237
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 06.00 – 22.00
No Telpon(031) 8490859
Muhammad Taufiq Rizqullah
14:40 14 Sep 21
Lokasinya cukup luas. Namun cukup sulit untuk parkir apalagi di ruas jalan yang ramai. Tempat ini bisa dibilang cukup ramai namun yang sangat disayangkan pelayannya sangat minim sehingga semuanya terkesan tidak terlayani dengan baik. Untuk waitersnya saja hanya 2 orang yang rolling melayani tamu mengantar makanan, mencatat pesanan, dan membersihkan meja sehingga terlihat terburu-buru. Begitu juga pelayan bagian kasir dan bungkus. Disini tersedia mushola yg bersih, namun sayangnya kecil dan tidak ada petunjuk arah kiblat.Untuk bebeknya cukup unik, disajikan dengan nasi hangat, bumbu bebeknya yang di goreng dan sambal. Untuk rasa bebeknya sendiri tidak terlalu spesial dan sambalnya kurang pedas namun pas untuk orang yang tidak suka pedas. Untuk porsinya cukup mengenyangkan dan harganya standar untuk beberk goreng sejenis di Surabaya.
Shinta Dewi
12:39 15 Nov 21
Awalnya dikasih tau temen bebek paling enak n terkenal Krn setiap artis sll makan disini. Rame bgt tempatnya n agk susah parkir Krn tepat ditepi jalan raya n hmpr perempatan lampu merah. Harga nasi bebek sekitar 25rban n ada nasi rawon, nasi krawu n nasi ayam. Minumnya ada es kacang ijo n es campur. Bebek lumayan besar dgn porsi nasi yg melimpah ruah dijamin kenyang pollll. Tp dr segi kebersihan tempat kurang,Krn memang Dateng pergi yg makan jdi g sempet diberesin smpe bersih,panas pastii Krn mmg g ber AC
Mfa Fiki
04:50 31 Oct 21
Saya mencoba Nasi Bebek (25k) dan Es Teh (5k).Pertama untuk rasanya enak, kedua porsinya menurut saya benar2 jumbo sih ini. Jadi baik nasi sama bebeknya sama-sama banyak dan besar. Dan menariknya, dikasih bonus leher bebek sama rempelo dan hati bebeknya. Jadi bener2 banyak banget.Yang paling disayangkan di sini adalah parkirnya yang benar2 terbatas. Terus kebersihan di dalam nya kurang. Mejanya masih banyak yang lengket, dan suasana di dalam benar-benar panas. Kipasnya kurang.

6

Sego Sambel Mak Yeye

Sego Sambel Mak Yeye
AlamatJl. Jagir Wonokromo Wetan No.10, Jagir, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60244
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 21.00 – 04.00
No Telpon
Zen Ling
14:29 18 Sep 20
Pelayananx sangat cepat dan gampang d cari
rendy jay
16:12 10 Sep 20
Tempat kuliner makan tengah malam di surabaya
Moch Zainal
08:56 12 Sep 20
KL antri mkn GK ada aturannya
saddam husien
04:29 17 Sep 20
Pandemi masih penuh ajaa
Silfi Silf
05:53 13 Oct 21
Setiap kesini ngga pernah ngga rame.Tp sistem jualannya yang sekarang lebih better sih drpd yg dulu karena pelayanannya lebih cepet. Jadi dibedain antara yg orderan online, dine in sama yg take away. Jd cepet deh ngga perlu antri lama..Untuk parkiran mobil dan motornya silih berganti banget. Klo parkir mobil di sepanjang jalur jalanan gang mak yeye, klo lg bejo ya dpt parkirnya cepet tp pas full ini yang PR hehe...

5

Yung Ho Restaurant

Yung Ho Restaurant
AlamatJl. Mayjen HR. Muhammad No.393, Pradahkalikendal, Kec. Dukuhpakis, Kota SBY, Jawa Timur 60226
Google MapsKlik di sini
Jam bukaMinggu – Jumat = 07.00 – 01.30 , Sabtu = 07.00 – 02.30
No Telpon(031) 7381426
Rei Chan
15:08 01 Nov 21
Bubur polos atau ada pot ubi khas tiongkok dimkn dgn berbagai lauk. Seperti telur pitan, cakwe, sayur asin dll. Fav saya mkn dgn telur cai po dan cambah oseng. Dulu waktu kecil mkn bubur tiongkok selalu tengah malem kl tdk bs tidur sm ortu. Nostalgia. Tp skrng resto tutup jm 10.
Rudy Salam
16:49 26 Aug 20
Enakk
Judi Ismaini
04:37 26 Aug 20
Sangatbagus
Deden Palita
13:22 02 May 21
Menu sarapan atau makan siang atau makan malam semua nya bisaaa.. rasa masakan enak.. sapo tahu seafood hotplate juara cik!!
Bagas Saputra
11:46 07 Nov 21
Nunggu lama saat deliveri order sedang kan yg dine in di dulukan

4

Soto Madura Wawan

Soto Madura Wawan
AlamatJl. Mayjen Sungkono No.86, Gn. Sari, Kec. Dukuhpakis, Kota SBY, Jawa Timur 60224
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 07.00 – 23.00
No Telpon(031) 5612760
Santoso Hidayat
10:43 11 Sep 20
Selalu komplit macam nya
andryan novan
04:59 16 Sep 21
1. Tempatnya enak2. Bisa pilih macam2 menu dsoto3. Daging agak diempukkn jd tmbhlg lebih enak
Setyawan Sahli
12:34 23 Oct 21
Rasa soto madura sudah cukup familier, karena soto madura ada di hampir semua kota di indonesia. Buka 24 jam. Enak
Al amin Ibnu Fajar
06:08 03 Oct 21
Mantap sih rasanya, harga sesuai rasa... Hati2 kolesterol dan darah tinggi
Happy Prabowo
01:43 15 Oct 21
gak begitu suka sama soto madura karena pakai santen, tapi recommend sih

3

Rawon Kalkulator

Rawon Kalkulator
AlamatSentra PKL Tamam Bungkul, Jl. Raya Darmo, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60241
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 08.00 – 22.00
No Telpon(031) 5661784
Justinus Looho
23:59 14 Sep 20
Rawon yg sangat terkenal, layak utk dicoba.
Kholid Ibrahim
02:07 13 Sep 20
Makan rawon ngitungnya tidak pake kalkulator elektrik tapi lgs dari lisan kasirnya unik
Yulia Anggraini
05:17 18 Sep 20
Pelayanan cepat dan tekstur daging tidak Kelas.. Mantabbb
SETIAWAN
05:23 11 Sep 20
Ke sini nyobain sotonya dan enak kok , harga juga relatif ga murah dan ga mahal
Kreasi Mira
18:49 04 Sep 20
Rawonnya rekomended! Dagingnya empuk. Pokoknya enak.

2

Nasi Pecel Rawon Pucang Moroseneng

Nasi Pecel Rawon Pucang Moroseneng
AlamatJl. Pucang Anom No.17, Pucang Sewu, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60283
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Sabtu = 21.00 – 03.00 , Minggu = 21.00 – 04.00
No Telpon
moy ci
12:53 14 Sep 20
Pecel kuah rawon, rame bgd, harus antri
PT. Karya Akbar Karunia
05:37 01 Sep 20
Lokasi 4/5Kebersihan, kenyamanan 3/5Rasa 3/5Harga 3/5Pelayanan 4/5
rahmah fitrah
19:12 20 Sep 20
Rasanya enak harga bersahabat
Alexander Kailuhu
12:27 12 Sep 20
Rame tempatnya makanan nyaman

1

Bubur Ayam Mang Dudung

Bubur Ayam Mang Dudung
AlamatJl. Kedung Doro No.107, Kedungdoro, Kec. Tegalsari, Kota SBY, Jawa Timur 60261
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 18.00 – 23.00
No Telpon0877-2817-3700
M. R Mahardika
03:29 13 Nov 21
makan disini awalnya karena nunggu antrian makan steak di daerah kedungdoro, akhir sekarang kalo ke surabaya dan mau makan di daerah kedungdoro ini jadi salah satu pilihan juga,, enak apalagi dipakein telor 😁 nah disebelahnya ada jualan minum anget kayak jahe susu,, bisa sekalian pesen itu buat menemani makan bubur,, yuk ngunyah
Fitrika Aulia
14:40 30 Oct 21
First time cobain buburnya dan rasanya sesuai ekspektasi alias enak banget!!! Harganya juga bersahabat dan ada aneka jenis bubur mulai yg ori sampai yg spesial. Kapan" bakal mampir kesitu lagi buat coba buburnya 😆👍
Steffanie Anggie
07:39 01 Nov 21
Rasa cukup enak, cuma buburnya terlalu berair (encer), jd kayak kurang terasa bubur aja gt, mungkin masalah selera ya..
Rachma Alifatul
14:19 26 Oct 21
bubur ayam enakk bangeett di Surabaya. bubur ayamnya khas, jd bubur polos aja udh gurih enak banget. tipe bubur yg tanpa kuah kuning. jd dimakan dg merica, sambal, kecap manis / kecap asin.topping nya bnyk pilihan, bisa telur setengah matang, ayam suwir, ati ampela, pangsit, kerupuk, dll.kalo main ke area TP sll nyempetin mampir ke sini. selama pandemi tetap buka. better dtg agak sore karna mejanya terbatas di trotoar jalan dan rame bgt.kuliner Sby yg wajib dicoba 👌🏻
Ghina Salsabila
10:41 07 Nov 21
Seminggu bisa 4x makan disini. Buka malam hari, selalu ramai pengunjung. Terdapat pilihan bubur ayam dengan telor kampung setengah matang dan ati ampela.