Pantai Gemah: Harga Tiket Masuk, Rute, Hal Menarik & Review Pengunjung!

Pantai Gemah menjadi salah satu tempat wisata populer bagi warga Tulungagung yang juga kerap didatangi oleh warga luar kota. Mungkin tak banyak yang mengenal kabupaten seluas 1.055,65 km 2 ini karena Tulungagung tidak sepopuler Malang, Surabaya, dan beberapa kota/kabupaten lain di Jawa Timur.

Tapi jangan salah, berbagai jenis pantai bisa ditemukan di sini mulai dari yang berpasir coklat hingga putih atau yang memiliki karang besar di tengah laut.

Pantai Gemah

Pantai ini sempat ditutup cukup lama pada tahun 2020 ketika angka penyebaran virus Covid-19 sedang sangat tinggi di Indonesia. Saat awal 2021, pantai ini sempat dibuka namun tidak begitu ramai pengunjung dan tidak lama setelahnya kembali ditutup karena PPKM yang diberlakukan pemerintah.

Lalu sekitar pertengahan 2021, pihak pengelola pantai mulai membukanya kembali untuk publik namun para pengunjung disarankan untuk tetap menggunakan masker dan menjaga jarak dengan pengunjung lain. Tempat cuci tangan juga terlihat di beberapa titik di pantai ini.

Menjelang akhir tahun, pantai ini mulai kembali dipadati pengunjung bersamaan dengan semakin menurunnya angka Covid di dalam negeri. Pengunjung pantai ini berbagai usia mulai dari anak-anak hingga kakek nenek dan tak hanya warga Tulungagung tapi juga dari Kediri, Blitar, dan lainnya.

Harga Tiket Masuk & Jam Buka

Menurut beberapa sumber online yang ada, harga tiket masuk ke pantai ini akan berbeda antara weekday dan weekend / libur nasional. Berikut daftarnya beserta biaya parkir kendaraannya:

  • Senin – Jumat: Rp 5.000 per orang
  • Sabtu dan Minggu atau saat libur nasional (natal, tahun baru, idul fitri/adha, dll.): Rp 10.000 per orang
  • Parkir roda dua (sepeda atau motor): Rp 2.000/kendaraan
  • Parkir roda empat: mulai dari Rp 4.000/kendaraan

Pantai ini sebenarnya dibuka 24 jam jadi Anda bisa datang kapan saja namun biasanya tidak pernah ada pengunjung ketika hari sudah mulai gelap. Ketika menjelang adzan maghrib, pengunjung akan mulai pulang karena pantai ini memang tidak dilengkapi dengan penerangan.

Tidak ada pemukiman di sekitar pantai, tempat menginap dan semacamnya sehingga kondisi pantai akan sangat sepi ketika malam hari.

Selain itu, Jalur Lintas Selatan tadi juga tidak dilengkapi dengan lampu jalan, sehingga ketika malam tiba, pengguna jalan hanya bisa mengandalkan lampu kendaraan. Kondisi seperti ini tentu tak biasa bagi kebanyakan orang apalagi untuk warga luar Tulungagung.

Rute Menuju Pantai Gemah

Salah satu alasan mengapa pantai ini hampir tak pernah benar-benar sepi pengunjung adalah lokasinya yang sangat mudah untuk dijangkau karena berada di Jalur Lintas Selatan (JLS) yang beraspal sangat mulus dan dengan jalur khas pegunungan yang berkelok tapi tidak tajam.

Pemandangan memukau di sepanjang jalan yang memiliki spot kece dijamin akan memuaskan hasrat fotografi para pengunjung. Jalurnya sendiri seperti pegunungan dengan pemandangan pohon di sisi kanan kiri, dan view laut saat melempar pandangan jauh kedepan di bagian bawah.

Sedangkan untuk rutenya, bisa lewat Pasar Boyolangu menuju Jalan Raya Popoh dan masuk ke Jalur Lintas Selatan. Ikuti papan petunjuk jalan dan Anda akan segera tiba di Gemah. Nama desa yang menjadi lokasi pantai ini adalah Keboireng, yang masuk di kawasan Kecamatan Besuki.

Jika perjalanan dimulai dari pusat kota, pantai ini bisa dicapai sekitar 1 jam berkendara dengan jarak kira-kira 35 km. Anda bisa gunakan maps untuk sampai ke Pasar Boyolangu dan mengikuti rute di atas, atau bertanya kepada warga lokal jika kebetulan sedang tidak bisa membuka maps online.

Sebagai informasi tambahan, jalur menuju pantai ini termasuk bagus beraspal sehingga berbagai jenis kendaraan darat mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus dan truk bisa melewatinya. Lokasi dari pantai ini cukup dekat dengan destinasi wisata lain seperti Pantai Klatak, Goa Bolong, dan Pantai Bayeman.

Hal Menarik di Pantai Gemah

Datang ke pantai ini dijamin tidak akan kehabisan aktivitas karena ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan termasuk:

  • Buat Foto Estetik di Bawah Rimbunnya Pohon Pinus

Puluhan atau bahkan ratusan pohon pinus menjadi salah satu penghias paling kece di pantai ini mulai dari area parkir hingga pantai. Banyak sekali pengunjung yang memanfaatkan pemandangan ini untuk mengambil foto instagenik dengan pose berdiri di bawah pohon-pohon yang menjulang tinggi.

Saat matahari sedang sangat terik, pohon-pohon ini menjadi peneduh alami yang membuat pengunjung rombongan seringkali menggelar tikar di bawahnya sambil menyantap bekal yang dibawa. Jika tak membawa tikar, Anda bisa menyewa Rp 10.000-Rp 15.000/tikar.

  • Tangkap Pemandangan Indah dari Atas dengan Drone

Pemandangan indah lain bisa didapat dengan menggunakan drone untuk mendapat view air laut yang berwarna kehijauan, hamparan pantai berwarna coklat, dan lebatnya pohon pinus dalam satu frame.

Lebih bagus lagi jika pemandangan ini bisa didapat ketika pantai sedang sepi pengunjung (biasanya saat pagi-pagi sekali) sehingga ketika diposting ke media sosial akan terkesan seperti pantai pribadi.

  • Uji Adrenalin dengan flying fox

Tak hanya lensa kamera Anda yang bisa melihat pemandangan pantai Gemah dari atas, Anda juga bisa melakukannya dengan naik flying fox seharga Rp 25.000 yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter.

  • Naik ATV atau Motor Trail

Jika bermain air atau duduk santai di pantai sudah terlalu membosankan, dan sudah puas berjalan-jalan di sepanjang pantai, maka mengendarai ATV atau motor trail untuk pergi dari satu ujung ke ujung pantai lain bisa dicoba.

Siapkan uang sekitar Rp 100.000 untuk menyewa ATV besar selama 1 jam, dan Rp 80.000 untuk ATV yang lebih kecil. Sedangkan untuk motor trail, sewanya dibanderol sekitar Rp 60.000 per jam.

  • Coba kapal bareng-bareng atau Banana Boat

Tak hanya kendaraan darat, pihak pengelola pantai juga menyediakan wahana air berupa banana boat dan kapal bareng-bareng (kapal kayu).

Siapkan uang Rp 10.000 jika ingin naik kapal selama 20 menit untuk menjelajah birunya laut, dan sediakan uang Rp 40.000 untuk mengendarai banana boat yang memiliki kapasitas hingga 10 orang. Tak perlu cemas dengan keselamatan selama di laut karena setiap penumpang banana boat akan diberi pelampung.

Jika sudah puas menikmati panorama pantai Gemah, Anda bisa mampir ke salah satu warung makan di tepi pantai yang menyediakan snack, minuman kemasan dingin, dan beberapa menu makanan berat untuk bersantap siang atau sore. Terdapat juga fasilitas toilet, mushola, dan toko souvenir kecil serta pakaian.

Review Pengunjung

Ryan Amadea
13:46 02 Oct 21
Di sekitar pantai gemah terdapat pepohonan pinus yang tinggi menjulang, bikin Pantai Gemah jadi sangat berbeda dengan lainnya. Kamu bisa berteduh, apalagi saat matahari sedang terik-teriknya. Bisa juga dijadikan latar foto yang Instagramable banget.Ada juga persewaan ATV dan motor trail ukuran sedang yang di sewakan disana cocok untuk mengelilingi area pantai gemah yang indah.jangan lupakan untuk bermain pasirnya yang lembut. Deburan ombak di sini cukup besar, apalagi jika air laut sedang pasang, jadi harus tetap waspada dan hati-hati.Duduk-duduk di atas hamparan pasirnya yang berwarna cokelat, sesekali tubuhmu dibasuh oleh deburan ombak yang datang, lebih seru lagi jika kamu berlari menjauh ketika ombak datang dan kembali mendekat untuk menanti ombak yang datang. Aneh memang, tapi seru banget
Febri Cola
10:34 30 Oct 21
Secara pribadi saya sangat suka dengan pantai ini.Karena mayoritas pasir sehingga jika berniat mandi di laut, insyalloh aman dari karang, kerang yang tajamTapi disatu sisi, pada saat berkunjung kesini tepatnya sabtu 30 oktober 2021, banyak sekali sampai yang berserakan.Entah itu sampah bekas minuman, snack, bungkus makanan, bungkus shampo, sabun bahkan mayoritas tumbuhan air yang kemungkinan besar berasal dari sungai.Mudah2an kedepannya ini menjadi PR yang segera diselesaikan oleh pihak penyelenggara PGT.Secara keseluruhan saya sangat puas.Permainan yang tersedia berupa sepeda motor 2 roda atau 4 roda, mungkin ada lagi teman2 bisa menambahkanPusat oleh oleh / makanan / camilan juga tersediaParkir yang cukup luas baik untuk bus, PV, sepeda motorYang membuat point plus buat saya lagi disini adalah air. Air yang berlimpah sebagai bilasan jika selesai mandi dilaut sangat membantu sekali dengan 2ribu rupiah sekali mandi.Mohon maaf jika difoto agak kurang memuaskan, tapi jika anda belum kesini, ayo segera datang kesini, insyaalloh anda akan tertari dengan pantai iniTerima kasih yang sebesar besarnya kepada pihak penyelenggara PGT dari saya, semoga bisa berkunjung lagi kesini.
Siti Indrawati
00:04 09 Nov 21
Pantai Gemah dan Pantai Bayem bersebelahan dan tanpa sekat, HTM 20rb/mobil sudah termasuk parkir. Pasir di pantai ini berwana coklat dan garis pantainya juga panjang, ombak tidak terlalu besar jadi buat anak-anak masih aman (dengan pendampingan). Ada persewaan ATV untuk menyusuri pantai tanpa harus capek berjalan. Di sekitar pantai banyak cemara laut yang membuat suasana terasa teduh dan sejuk, warung makan dan minum serta menyediakan fasilitas toilet dan mushola berjejer, tersedia juga ikan laut segar dan segala panggangan hasil laut harga mulai 15 rb/ekor. Saat malampun pantai ini masih ramai dikunjungi, lampu lampu perahu nelayan membuat suasana terlihat makin indah dan syahdu
Evi Prihatining Tyas
21:12 17 Nov 21
Ke pantai pas hujan, di siang hari, pengunjung bny, tdk ada tiket masuk, hanya parkir saja, parkir bisa langsung di bibir pantai, dan berjejer (kecuali bus udah di sediakan tempat parkir), banyak sampah di area bibir pantai karena minim tempat sampah juga, airnya laut pas waktu kesana warnanya agak kecoklatan cz hujan (bisa jadi), ada persewaan motor trail, ATV, kapal, banana boat, naik Dokar (cuma 1) dengan harga yg sangat affordable, pasirnya berwarna agak coklat, pas hujan kemarin kek bercampur lumpur, disini juga menyediakan oleh2 seperti ikan asap dengan harga yang affordable juga, ombaknya tdk terlalu besar, aman buat anak-anak yg ingin bermain di bibir pantai (tetap dengan pengawasan orang tua), sangat rekomendasi buat kalian yang ingin liburan ke pantai 🙏👍👍
fisalwahyu pujawiganda
10:15 21 Nov 21
lumayan rame pada hari minggu, dan selalu patuhi protokol kesehatan, selalu pakai masker, untuk masuk bayar 20per mobil sudah bisa parkir, tempat enak bisa buat lesehan sambil tiduran habis bermain air dipantai, ada juga penyewaan atv 80 1jam, bisa juga ½jam udah puas, terima kasih penyedia dan pengelola pantai tdk sia" jauh" dari karawang mapir ke pantai gemah ini puas pokoknya