6 Pusat Oleh-oleh Jakarta Paling Favorit dan Lengkap

Ibu kota Jakarta memang dikenal memiliki berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Maka tidak heran jika di daerah tersebut terdapat pusat oleh-oleh Jakarta yang dapat Anda kunjungi untuk membeli cinderamata atau makanan untuk dibawa pulang.

Jika Anda pergi ke tempat wisata seperti Monas, Dufan, Ancol dan ikon-ikon Ibu Kota Jakarta, tidak lengkap rasanya jika tidak membeli souvenir atau oleh-oleh khas dari tempat tersebut. Ibu kota Jakarta juga dikenal memiliki beberapa makanan khas seperti beberapa contoh buah tangan berikut ini;

  • Dodol Betawi

Salah satu makanan khas dari kota Jakarta yang bisa Anda jadikan sebagai buah tangan adalah dodol betawi. Makanan khas orang betawi ini, juga dapat dijadikan sebagai cemilan saat waktu senggang atau di saat sore hari.

Dodol betawi memiliki tekstur yang sama seperti dodol lainnya, namun bedanya makanan tersebut terbuat dari ketan hitam, ketan putih atau durian. Di ibu kota Jakarta ini terdapat beberapa toko yang menjual dodol betawi dengan pilihan rasa yang variatif.

  • Roti Buaya

Seperti dengan namanya, roti buaya memiliki bentuk persis menyerupai buaya. Roti buaya asli memiliki ukuran yang cukup besar dan biasanya digunakan sebagai hantaran pernikahan. Jangan khawatir, di pusat oleh-oleh Anda bisa membeli roti buaya bentuk kecilnya.

Dalam tradisi Betawi roti buaya melambangkan kesetiaan serta kemapanan bagi kedua calon mempelai pengantin.  Makanya pernikahan adat Betawi tidak lengkap tanpa keberadaan roti buaya. Anda bisa memakainya tanpa harus datang ke acara nikahan, yaitu dengan membelinya.

  •  Kue Geplak

Kue geplak mungkin masih terdengar asing bagi sebagian masyarakat. Namun kue geplak merupakan makanan khas Ibukota Jakarta yang terbuat dari bahan dasar beras. Kue geplak sendiri kebanyakan didominasi warna putih atau diganti warna coklat dengan cita rasa manis.

Diberi nama kue geplak karena proses pembuatannya melalui cara ditepuk-tepuk. Anda dapat membeli kue geplak di beberapa toko pusat oleh-oleh Jakarta, selain manis kue geplak cenderung awet, cocok jadi oleh-oleh.

  •  Kue Akar Kelapa

Selain kue geplak, terdapat cemilan lain khas ibu kota Jakarta yang bisa Anda beli, seperti kue akar kelapa. Bahan dasar kue akar kelapa terbuat mentega, tepung ketan, gula, telur dan juga tepung beras, membuat kue ini enak dan gurih.

Seperti dengan namanya, kue akar kelapa memiliki bentuk seperti akar pohon. Memiliki ukuran yang panjang serta bentuk bagian pinggirnya bergerigi. Jika Anda ingin mendapatkan kue akar kelapa sebagai buah tangan, bisa mengunjungi toko pusat oleh-oleh.

  • Tape Uli

Salah satu rekomendasi makanan khas Jakarta yang bisa Anda jadikan sebagai buah tangan adalah tape uli. Jenis makanan tape uli ini termasuk dalam makanan yang bisa diawetkan, sehingga cocok untuk menemani perjalanan jauh Anda.

Pada umumnya tape uli terbuat dari ketan putih, tetapi ada beberapa toko pusat oleh-oleh yang menjual tape uli dari bahan dasar ketan hitam. Anda bisa mencoba menikmati kedua jenis tape ini dan membandingkan langsung cita rasanya.

  • Biji Ketapang

Biji ketapang adalah contoh jenis makanan kering dari Jakarta yang terbuat dari campuran tepung dan parutan kelapa. Disebut dengan kue biji ketapang karena bentuknya yang mirip dengan biji-bijian. Sebagai variasinya kue biji ketapang ini dapat Anda taburi dengan selai, gula, coklat atau keju.

Berlibur ke Ibu Kota Jakarta tentu akan terasa kosong jika pulang tidak membawa oleh-oleh. Berkeliling Jakarta juga menjadi hal yang sulit bila membayangkan macet yang panjang, jadinya Anda perlu referensi pusat oleh-oleh Jakarta yang tepat dan menarik untuk dikunjungi. Berikut beberapa referensi pusat oleh-oleh Jakarta yang paling favorit dan lengkap yang wajib Anda kunjungi:

6

Khas Jakarta Thamrin City

Khas Jakarta Thamrin City
AlamatThamrin City lantai 1 blok H6 no.6 Jalan Tanah Abang Timur, Jl. Kebon Kacang Raya No.6, Kb. Melati, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10230
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 10.00 – 16.00
No Telpon0896-7880-8034
Dendi Irawan
08:20 16 Jan 22
Toko oleh2 khas jakarta yg lengkap dan strategis ditengah kota, klo lagi main kejakarta jangan lupa mampir dah yak👍👍👍
Zainul Fahri
08:10 23 Jan 22
Keren barang2 nya rekomendasi dah elu . Kalau dimari yak .. Jangan lupa ya mampir ya elu pada kalau ke jakarta 👍👍👍👍👍👍
Istiah Iyah
04:07 30 Jan 22
Bagus banget saya suka banget, barangnya bagus, makanannya enak khas betawi, keren 🤩👍
Fajriah
08:26 16 Jan 22
Mbak nya ramah banget, sebelum beli boleh icip-icip makanannya, semoga ramai selalu toko nya, Aamiin

5

Lapis Jakarta Lenongku

Lapis Jakarta Lenongku
AlamatJl. Medan Merdeka Tim. No.13, RT.5/RW.2, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 06.00 – 21.00
No Telpon0812-1256-5799
Elia Lusiana
23:47 21 Nov 18
Enak empuk rasanya luar biasa gk bosen bosen makan kue ini rasanya lezat sekali gak bisa berhenti bikin mau mau lagi harganya pun pas dikantong gak bikin bosen top bangets dech harus dicoba..................................................................................................................................................... .............................................................................
Gus wahid
23:17 30 May 18
perlu oleh2 tempat ini lengkap dan punya ciri khas.akses mudah.lengkap nyaman.ke amanan 24 jam non stop.tempat parkir aman
Agus Andy Kariswan
12:55 14 Aug 19
Menjadi penolong oleh2 khas Jakarta tanpa harus jauh2 ke Bogor..
Ayu Lestary
01:11 27 Mar 19
Banyak rasa untuk dipilih bagus buat buah tangan
Fikri Alfarisy
05:39 18 Nov 18
Oleh2 jakarta

4

Betawi Online Galeri

Betawi Online Galeri
AlamatJl. Situ Babakan No.41, RT.13/RW.8, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 09.00 – 20.00
No Telpon0896-1542-7426
Lia Cute
09:30 08 Mar 22
Barang jaman tempo Dulu ada euy.... Gelas babeh pernah hits di zaman nya... Terima kasih betawi Online
AHYADI
12:49 26 May 21
Oleh-oleh betawi
Abanda jabulani
00:19 05 Jul 21
Yang mau cari Sovenir tentang Betawi disini tempat nya, mau cari apa juga ada harganya terjangkau
Didi saxophone
02:23 15 Jun 21
Kurang komplit
nawawi 79
18:29 11 Nov 20
owner ramah dan baik hati, tempat nya nyaman, cari apa aja khas betawi ada di sini...jasa pengiriman ninja xpress juga ada di mari, mantap...

3

Alun Alun Indonesia

Alun Alun Indonesia
AlamatJl. MH Thamrin No.1, RT.1/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 10.00 – 22.00
No Telpon(021) 23580895
Berty James Dondocambey
06:41 01 Mar 22
Tempat pilihan utama untuk mencari batik khas Indonesia. Sangat lengkap beserta cinderamata lain khas Indonesia terlengkap disini.Lokasi di East Mall Grand Indonesia.
Annie Nugraha
11:00 21 Dec 21
Tempat yang cocok untuk menemukan ribuan produk handmade asli Indonesia. Berbagai pernak-pernik unik hadir disini termasuk diantaranya produk makanan dan minuman, home decor, outfit khas tanah air, dan lain-lain.Semua produk memiliki keunggulan masing-masing dan sangat cocok untuk dijadikan souvenir, buah tangan atau oleh-oleh bagi tetamu asing, pun untuk wisatawan domestik.Saya senang sekali bisa berada disini dan berharap suatu saat produk handcrafted wire jewelry saya bisa bergabung. Tentu saja ditambah dengan harapan bahwa ALUN ALUN INDONESIA bisa memiliki tempat yang jauh lebih luas dan lapang. Sehingga penataan produknya tidak terlalu berdempetan dan memberikan keleluasaan berjalan bagi pengunjung.
Arif Petualang
03:05 12 Aug 21
Shoppingnya produk dalam negeri. Parkir sangat luas memadai aman dan nyaman. Fasilitas lengkap.
Pryajava Indonesia
12:55 20 Jan 22
.... alun alun indonesia L3 [ P.3.2 ]Musholla L6
Francisca
05:09 18 Nov 21
-Ini tuh tempat yang pas banget buat orang-orang yang cari souvenir khas Indonesia. Mulai dari makanan, snack, kue, coklat, kain batik, perabotan, kerajinan tangan, pajangan, dll yang khas Indonesia ada disini.

2

Rumah Makan Nusa Indah

Rumah Makan Nusa Indah
AlamatJl. KH. Ahmad Dahlan Kby. No.33, RT.3/RW.1, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 10.00 – 20.00
No Telpon(021) 7398883
Frismadani End
11:09 16 Feb 22
Sangat lengkap oleh2 nya dan masa expired nya masih lama2 pembayaran bisa via tf melalui rek BCA kalau yg ada mobile banking..saran nya, mungkin lebih bagus lagi kalau bisa buka cabang di daerah jakarta utara atau timur
nana pram
08:36 28 Jan 22
Masakan mkn di tmpt tdk enak. Kurang greget. Hanya segala oleh² dr seluruh Nusantara ada dsni... Lumayan drpd hrs cari jauh², walau lbh mahal
dimas yudo pratomo
10:47 04 Sep 21
Pusat jajanan/oleh2 yg lumayan lengkap di jaksel.Segala sambel Bu Rudy, sambel Roa sampai kopi aroma -braga ada di sini.

1

Romlah Oleh-Oleh Jakarta

Romlah Oleh-Oleh Jakarta
AlamatJl. Swadaya II No.20B, RT.7/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 08.00 – 17.00
No Telpon(021) 7814342
Agusmiyana Merdekawati
04:42 19 Dec 21
Alhamdulillah pertama kalinya belanja di sini, buat oleh-oleh temen yang lagi main ke Jakarta. Responnya ramah, baik dan cepat tanggap. Pengiriman pakai go send. Tadi beli paket oleh-oleh seharga 201.000 isinya macam-macam ditaruh di dalam goodie bag. Terima kasih Mpok Romlah.
anak milenial
07:09 27 Jan 22
Ya cukup lah tapi oleh-olehnya kurang lengkap semoga kedepan lebih baik dan banyak variasinya dan lancar rejekinya Aamiiin
Sri Fitria Novita
04:29 11 Dec 21
Harga terjangkau, unik, pelayanan ramah, sayangnya ga dekat jalan raya aja..
Gerald Lasut
07:35 01 Jun 21
Nih.. ane kasih tau ye para pemirsah..Kalo pada mau beli oleh2 khas betawi atauwe djakarta.. dimari aje tempatnye..Kalo kaga sempet dateng kemarih pesen onlen aje ye ..Soal harga mah temenan dah pokoknye
wa wicaksono
13:41 21 Apr 21
Jakarta bukan lagi Betawi, karena konon warga pendatang ada jauh lebih banyak daripada warga betawi asli.Pun pembangunan yang begitu pesat sebagai kota metropolitan dan ibu kota negara Indonesia mrmbuat banyak unsur tradisi dari budaya Betawi tergusur.Namun dibolak-balik seperti apa pun Jakarta sebenarnya berasal dari Betawi. Karena itu sebagain warisan nenek moyang, unsur-unsur betawi wajib kita kenang, jaga dan pertahankan.Mumpung jelang lebaran ini saatnya kita ingatkan kerabat dan kawan-kawan kita akan budaya-budaya khas betawi. Misalnya kiriman parcel khas betawi. Bahkan kita tak perlu pusing dan repot mencari-cari sendiri.Semua telah ada di sini. Di lapak mpok Romlah tempatnya oleh-oleh khas Betawi yang khas dan unik.