7 Rekomendasi Pusat Oleh-oleh Semarang, Legendaris & Murah!

Semarang merupakan kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia yang menjadi ibu kota Provinsi Jawa Tengah. Semarang memiliki berbagai objek wisata yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga. Selain itu, di kota ini terdapat beberapa pusat oleh-oleh Semarang.

Apabila Anda berkunjung ke Semarang, maka sebaiknya Anda sempatkan diri membeli buah tangan untuk keluarga di rumah. Semarang memiliki berbagai jenis olahan makanan yang khas. Berikut beberapa jenis oleh-oleh yang dapat Anda bawa pulang:

  • Lumpia Khas Semarang

Lumpia merupakan makanan ringan yang dapat Anda jadikan sebagai camilan gurih dan lezat. Kulit lumpia khas Semarang terbuat dari tepung beras yang diisi dengan telur orak-arik, irisan ayam dan rebung. Isi lumpia inilah yang menjadi ciri khas tersendiri dari kota Semarang.

  • Bandeng Presto

Salah satu makanan khas Semarang yang wajib Anda coba adalah bandeng presto. Sesuai dengan namanya, ikan bandeng ini dibuat dengan cara di presto yang dibungkus dengan daun pisang dan dilengkapi dengan rempah-rempah alami, Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh Semarang.

  • Wingko Babat

Camilan yang popular dari Semarang adalah wingko babat. Wingko babat merupakan kue berbentuk bulat yang terbuat dari ketan, santan, kelapa parut dan gula pasir. Rasanya tidak perlu diragukan lagi, Anda bisa membeli wingko babat ini sebagai makanan oleh-oleh untuk keluarga.

  • Tahu Bakso

Tahu bakso khas Semarang dibuat dengan cara yang unik dan berbeda dengan cara pembuatan tahu bakso pada biasanya. Biasanya tahu bakso Semarang ditulis dengan kata yang unik pula, yaitu Tahu Baxo. Keunikan ini membuat para wisatawan tertarik untuk mencobanya.

Bahan yang digunakan sebagai isian tahu ini adalah daging sapi segar yang telah diolah dengan cara yang berkualitas. Sehingga rasanya dijamin lezat, gurih dan akan membuat Anda tidak berhenti untuk memakannya.

  • Roti Ganjel Rel

Bagi Anda yang sedang berlibur ke Semangat, sempatkan waktu untuk mencoba roti khas Kota Semarang yaitu Roti Ganjel Rel.

Roti ganjel rel ini memiliki tekstur yang unik tidak seperti tekstur roti atau kue pada biasanya. Tekstur roti ini sangat alot dan bantat, namun keunikan inilah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk menjadikannya sebagai oleh-oleh dari Semarang.

  • Roti Lapis Gulung

Biasanya kue lapis berbentuk kotak dengan warna yang berlapis-lapis dan sedikit basah. Kue lapis khas Semarang ini justru berbentuk seperti gulungan kasur atau lontong. Dalam bahasa belanda kue lapis ini disebut dengan kue Spekkoek.

Berbagai jenis oleh-oleh khas Semarang memang sangat menggiurkan, namun Anda harus mempertimbangkan budget yang telah Anda sediakan untuk membeli oleh-oleh. Selain itu, Anda juga perlu mengecek kemasan dan tanggal expirednya.

Dari beberapa jenis oleh-oleh diatas, mungkin Anda bingung untuk membeli oleh-oleh dimana. Maka dari itu, rekomendasi pusat oleh-oleh Semarang berikut ini wajib Anda kunjungi ketika berkujung ke Semarang.

7

Pusat Oleh-Oleh Djoe

Pusat Oleh-Oleh Djoe
AlamatJl. Pandanaran No.51, Randusari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50244
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 06.00 – 22.00
No Telpon(024) 8318663
Lucia Laras Utari
11:36 04 Mar 22
Salah satu pusat oleh oleh di semarang. Cukup lengkap. Tersedia mulai dari aneka keripik dan kerupuk, bandeng, wingko babat, lumpiaUntuk lumpia tersedia kemasan vakum, lumpia basah, lumpia goreng, lumpia setengah goreng.Terdapat 2 varian lumpia, lumpia super dan lumpia spesial. Untuk saya, lumpia spesial dengan udang cukup enak dan selalu saya bawa untuk oleh oleh

6

Pusat Oleh-oleh Khas Semarang MaDua 52

Pusat Oleh - oleh Khas Semarang MaDua 52
AlamatKarangayu, Jl. Jenderal Sudirman No.134, Cabean, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50141
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 08.00 – 21.00
No Telpon(024) 7617762
Novi Mardiani
07:24 20 Sep 20
Okee
Dian Cheyo
10:20 25 Jan 22
Toko oleh-oleh yang besar di Semarang, semua khas kota Semarang ada disini. Ada moci, lumpia Semarang, tahu bakso, bandeng presto, wingko babat khas Semarang, bakpia, dan masih banyak macam oleh-oleh disini. Jadi gak usah terlalu bingung buat beli oleh-oleh keluarga dirumah.
iffah cothem
10:48 31 Oct 21
Entah ini tempat yang sama atau berbeda.Namanya sama tapi saya lihat foto-fotonya berbeda dengan hasil kunjungan saya kesana.Waktu kesana tempatnya berlantai dua.Masuknya langsung ke lantai dua.Koleksinya kurang lengkap dan lantai satu kosong.Waktu beli lumpia, sempat kehabisan sambal atau kuah. Terus saya tanya, loh nggak dapat sambal? Jawabannya,sudah habis tidak bisa bikin lagi.Saya cancel, namun karena saya tidak sendirian akhirnya dibuatkanlah sambalnya.Padahal lumpiah di sana itu tidak murah loh, 10rb/pcs. Tergantung isi. Ada yg 15rb/pcs juga.Bagi saya sih enak. Saya suka.Selain itu, pelayanan lainnya baik dan ramah juga.Oh ya, yang di stand lumpia tadi ramah juga kok.Kalau ole-ole kita banyak, bisa minta bungkus kardus.Hanya cukup nambah 5rb kalau Ndak salah ingat.Lantai satunya sepi.Ada cafe tapi waktu saya kesana sepi banget, nggak ada orang sama sekali. Apa masih tutup ya saya kurang tahu.Ada tempat mainan anak, tapi tutup juga.Mungkin ini semua efek Pandemi yang panjang.Semoga segera bangkit kembali ya..Semangat!
ksatria baja hitam
06:18 22 Mar 21
Tempatnya nyaman, dekat pusat kota, harga terjangkau, rasa oke, tdk expired, selalu fresh, pelayanan ramah 👍
Arie Amri
06:11 24 Nov 21
saya kira besar seperti krisna Bali, ternyata tidak.Pilihan oleh-oleh makanan ringan lengkap. tidak ada Kaos khas semarang. hanya batik saja.

5

Wingko Babad Cap Kereta Api

Wingko Babad Cap Kereta Api
AlamatJl. Cendrawasih No.14, Purwodinatan Timur, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50137
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 07.00 – 18.00
No Telpon(024) 3542064
agus nugroho
04:11 03 Sep 20
Makanan khas semarang, mantaaap rasanya
Freddy Aldo
04:24 19 May 21
Salah satu oleh-oleh khas dari Kota Semarang, ada beberapa merek dari Wingko Babad ini, salah satu yang menjadi favorit adalah merek Cap Kereta Api ini, Toko nya berada di area wisata Kota Lama Semarang, produk unggulannya tentu saja Wingko Babad, ada beberapa varian rasa, dan dua varian ukuran regular dan mini. Selain Wingko Babad tersedia juga beberapa oleh-oleh khas Semarang lainnya. Pelayanan ramah dan cepat, lahan parkir tersedia cukup luas.
Ica S. Rahayu
09:20 05 Mar 22
Tempat beli oleh2 wingko babad cap kereta api yg asli, Tempatnya bersih, rapih toilet juga bersihSelain wingko jajanan yang lain juga ada bakpia juga ada.Rasanya enak saya biasa beli yg wingko mini campur suka rasa yg pisang rajanya 😊Harga untuk yg wingko mini 59.500Pelayannya ramah2
okinta dea
07:43 23 Feb 22
Paling favorit wingko nangkanya. Sayang banget gak bisa di bawa ke luar jawa.Kalo mau beli wingko mini gak bisa pilih rasa, jadi harus campur.
Daryo Wahyu
07:49 06 Nov 21
Papan reklamenya berada di samping cuma aatu sisi dam bukan menghadap kedepan jalan jadi agak susah carinya padahal sudah didepan

4

Kampoeng Semarang

Kampoeng Semarang
AlamatJl. Kaligawe Raya No.KM.1 No.96, Tambakrejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50161
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 08.00 – 20.00
No Telpon(024) 6580015
fitrika avicenna
03:05 17 Sep 20
lengkaaap semua oleh oleh ada... mulai dr makanan..minuman.. batik..kaos semua ada
Ragil Pariyadi
11:26 28 Aug 20
Cukup komplit klo mau cari oleh" kas semarang
Desyinta Chandra
02:52 02 Sep 20
Tempat yang baghs, nyaman, makanan nya juga oke
adinanta
04:05 13 Sep 20
Sangat bagus, terlengkap dan paling recomended
sonia rollyta
13:33 19 Sep 20
Pusat oleholeh kota semarang terlengkap

3

Lunpia Gang Lombok

Lunpia Gang Lombok
AlamatGg. Lombok No.11, Purwodinatan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50137
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 08.00 – 17.00
No Telpon0816-4881-194
Tony Anhar
11:31 19 Feb 22
Oleh2 khas semarang pasti nya Lumpia dong..Salah lumpia ter legend di kota ini, wajib banget buat buah tangan keluarga, teman2.Rasanya gak usah di raguin lagu. EnakAda 2 varian basah dan goreng..Ketahanan yg basah : 12 jam , untuk yg goreng : 24 jam sdh di lengkapi dgn bumbu , daun bawan ,plus lombok..Harga update per Feb 22 adalah... 20k ( tp worth it banget.. ukurannya jumbo... isian nya rebung fresh, telur, dan udang.. best pokoknya )Pembayarn bisa cash dan tf via Qris.. simple..Service dr koko2 nya juga ramah dan informatif.Selalu ramai. Harap bersabar.. tp antrian gak yg lama kok.. wajib.. lah mampir..
Galih Wardhana
00:10 31 Jan 22
lunpia legendaris semarang, bau rebungnya minim banget, harga 18rb/pcsvarian isi sama semua, bedanya cuma goreng dan basah ajawalaupun tempatnya kecil tapi kalo mau maksain dine in bisa juga kok, tapi kalo mau dine in lebih baik datengnya pagi sekalian, karena kalo udah siang udah banyak pesenan dan waktu tunggu bisa cukup lamakalo mau buat oleh2 lebih baik pesen dulu di pagi hari bilang mau diambil jam berapa gtu, jadi bisa kalian tinggal jalan2 duluakses masuk lewat jalan pekojan ntar kalo udah liat jembatan belok kanan pinggi jembatan, susurin aja pinggir sungai, cuman beberapa meter aja udah nyampe kok, biasanya sih banyak yang parkir di parkiran klenteng tay kak sie
tika ullyatifa
03:45 27 Feb 22
Lumpia legendaris di Semarang. Buka dari jam 7 pagi sampe jam 5 sore...Kalau kesini mending pagi2 agar gak ramaiKalo weekend pasti rame banget siap2 antri sekitar 1 jam yaa. Nanti akan dikasih catetan pesanan dan no antrian.Harga lumpia 20rb bisa pesan lumpia goreng dan basah.Lumpia goreng tahan 24 jamLumpia basah tahan 12 jamKalau dimasukkan kulkas tahan 1 mingguParkir luas bisa parkir mobil di sekitar klentengSelamat menikmati lumpia hehe
wahyuni hasanuddin
03:02 14 Jan 22
Sering beli lumpia tapi baru kali ini dapat mengunjungi tempat ini. Lokasinya ada di sebuah gang cukup besar yg msh dpt dilalui oleh 2 mobil kecil. Datang jelang makan siang dan dapat nomor antrian dengan waktu tunggu 2 jam baru pesanan tersedia. Setelah menunggu kisaran 1 jam 40 menit ternyata lumpia pesanan sudah ada. Keadaannya masih panas dan kulitnya renyah / garing. Sayang ada sedikit aroma / bau asap ikut menyertai. Pelayanan baik. Lahan parkir yg tersedia msh cukup dpt menampung pembeli yg ada krn beberapa pembeli lebih memilih pergi ke tempat lain dulu sementara menunggu lumpia pesanan siap tersedia. Harga lumpia lebih kurang sama dg lumpia kualitas setara.

2

Moaci Gemini Pusat

Moaci Gemini Pusat
AlamatJl. RA. Kartini No.19, Karangturi, Kec. Semarang Tim., Kota Semarang, Jawa Tengah 50124
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 07.00 – 21.00
No Telpon0822-9229-6321
karina Tamara
02:51 04 Nov 21
Moaci gemini ini dupeer enak sekali, disukai oleh anak² sampai dewasa. Tempatnya juga gampang ditemui. Sangat cocok untuk oleh² Keluarga Teman Kantor, atau dikonsumsi sendiri, karena bisa tahan 7 hari di suhu ruang. Harganya sangat terjangkau. Jika ingin pesan banyak untuk oleh² maupun jastip bisa pesan terlebih dahulu lewat WA. Untuk jenisnya ada yg pakai tepung dan wijen, ada juga yg oreo. Harganya mulai belasan ribu. Ditoko ini juga menjual berbagai oleh2 khas daerah juga looo. Kalau ke Semarang jangan lupa mampir yaa.
Silvia Nur Safaah
03:19 18 Feb 22
Suka banget sama moaci gemini...enaknya mantulitaaaa wkwkwk...sampe sampe ada temen jakarta yg pesen ini berkali kali minta dikirimin ke jakarta...mungkin sebulan sekali sih ya ..krna emg seenak itu...buat yg mau beli oleh2 ke sini aja...moaci gemini selain di jl kartini ada juga di jl kentangan lho (daerah mt haryono gt)..tinggal pake maps aja gaes...
Bella Imania Putri
02:54 23 Aug 21
salah satu tempat belanja oleh-oleh di semarang yang disukai keluarga. ada berbagai pilihan oleh-oleh.yang paling istimewa adalah kue moci. kue ini terbuat dari adonan tepung ketan yang didalamnya berisi kacang tanah yang lembut dan gula. bagian luar ada pilihan dua varian yaitu tepung atau wijen. cita rasanya unik, enak dan tekstur kenyal. Moci disini rasanya enak, andalan banget. Harganya juga terjangkau. Kalau ke semarang jangan lupa mampir ke sini deh😍
Shafia Nurislam0412
03:25 10 Nov 21
Wajib sih jadi oleh-oleh ini moaci, karna varianya rsanya banyak banget trus rasanya berinovasi enak banget ga akan cukup deh kalau cuma makan satu, rasa khasnya itu yg akan selalu di rinduiin dan kalau kalian beli trus bawa jadi oleh2 pasti deh orang bakal bilang enak, Mantap suka bangett 👍🏻
Siti uliah
02:18 04 Aug 21
Oleh-oleh yang enak dan wajib banget kita beli 😩❣️💞🤍. Enak banget dan bikin nagih dong.Oleh2 yang wajib kalian coba nih klo ke semarang. Disini ga cuma jual moci aja tapi ada banyak oleh2 khas lainnyaa. Jangan sampai ga cobain yaa klo lagi di semarangg.

1

Bandeng Juwana Elrina – Pandanaran

Bandeng Juwana Elrina - Pandanaran
AlamatJl. Pandanaran No.57, Randusari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50244
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 07.00 – 20.00
No Telpon(024) 8311488
Mohamad Yusuf Alfatah
06:29 11 Sep 20
Tempat parkir nya kecil Klo pakai mobil.
Norma Fika
06:58 14 Sep 20
Bandeng uk. Kecil 112k isi 6
khamad dotkh
03:43 12 Sep 20
Erlina bandeng juwana...Endos.
Fran Siska
11:19 02 Oct 21
Sengaja dr jogja k semarang cuma k bandeng elrina ..Dsini td ada menu baru yg aq liat tahu baso dan lumpia.. jd langsung nyicip tahu baso daging sapi yg daging nya bner" berasa dan lumpia ayam .. d sana jga beli moci gemini . Sarang madu dan yg UTAMA BANDENG DURI LUNAK PLUS OTAK" YAAAA AMPUNNNN DEMI BANDENG AQ BELA"IN K SEMARANGbiasa aq d layani dgn baik...Tapi hari ini aq kecewa ma kasirnya uda songong jutek . Nyebelin gk enak cara ngomongnya ...Yaa udalaahhh yaa mungkin si embak kasir lagi lelah ....😅😅😅
Gunawan Wibisono
14:57 18 Sep 20
Banyak pilihan menu oleh2