7 Pantai Terbaik di Gunung Kidul Yogyakarta yang Paling Terkenal

Berwisata ke pantai memang tidak akan mengalami kebosanan. Pemandangan unik tiap pantai yang berbeda akan memberikan sensasi dan kenangan tersendiri. Utamanya pantai di Gunung Kidul yang telah terkenal dengan keindahannya.

Di Gunung Kidul terdapat puluhan pantai dengan karakteristik keindahan masing-masing. Aktivitas yang dapat dilakukan di beberapa pantai tersebut juga berbeda-beda. Anda yang kebetulan berkunjung ke daerah Gunung Kidul wajib untuk mengunjungi pantai-pantai tersebut.

Sudah merencanakan liburan akhir tahun? Berwisata ke pantai sepertinya akan jadi ide yang unik dan menarik. Apalagi melakukan aktivitas camping bersama keluarga tercinta. Jogja banyak sekali pantai dengan pemandangan terbaik dan terkenal selalu ramai pengunjung dan spot foto keren semua.

Langsung aja simak daftar pantainya, berikut adalah rekomendasi 7 pantai terbaik bagi Anda yang akan berlibur ke Gunung Kidul:

1. Pantai Kukup

Pantai Kukup

Pantai di Gunung Kidul pertama yang dapat Anda kunjungi adalah Pantai Kukup. Berlokasi di Jalan Pantai Selatan Jawa, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, DIY pantai ini buka setiap hari selama 24 jam.

Letaknya yang bersebelahan dengan Pantai Baron mematok harga tiket yang terjangkau yakni Rp10.000. Saat pertama kali datang ke sini, Anda akan melihat deretan payung terpasang di sepanjang bibir pantai untuk disewakan.

Pantai Kukup terkenal memiliki air yang jernih dengan banyaknya ikan-ikan kecil. Jadi, jangan heran apabila Anda melihat banyak anak yang berenang di sini sembari mencari ikan. Akses untuk menuju Pantai Kukup termasuk mudah karena dapat dilalui sepeda motor hingga bus. 

View laut lepasnya yang indah banyak dimanfaatkan para pengunjung untuk berfoto selfie bersama orang tercinta. Fasilitas yang ada di salah satu Pantai di Gunung Kidul ini juga terbilang lengkap. Mulai dari tempat makan, toko souvenir, penginapan, toilet dan mushola.

2. Pantai Ngrawe

Pantai Ngrawe

Satu lagi pantai di Gunung Kidul yang tak kalah indah dari Pantai Kukup adalah Pantai Ngrawe. Lokasi pantai satu ini adalah Ngepung, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebagai tujuan wisata dari berbagai daerah di luar Gunung Kidul, pantai yang juga memiliki nama Pantai Mesra ini telah viral di media sosial. Jika pantai lain hanya menawarkan keindahan pemandangan pantai, Pantai Ngrawe lebih unik.

Pantai ini menawarkan konsep taman yang tidak biasa. Konsep yang tidak biasa inilah yang membuat daya tariknya semakin membius para pengunjung. Untuk bisa masuk ke lokasi Anda harus membayar tiket dengan harga Rp10.000 yang dapat dibeli di pintu retribusi Pantai Baron.

  • Pemandangan Cemara Pantai

Buka setiap hari, Pantai Ngrawe memiliki keindahan yang telah jadi buah bibir. Taman hijau dengan pemandangan laut biru di kejauhan pasti akan membuat Anda betah berlama-lama di sini.

Masuk ke Pantai Ngrawe Anda akan disajikan pemandangan berupa cemara pantai, rumpun pandan hingga tanaman palem yang jarang ditemukan di kawasan pantai. Keindahan lain dari pantai ini adalah formasi batu karangnya yang seolah jadi maskot pantai.

  • Fasilitas Lengkap dan Akses Mudah

Fasilitas yang dapat Anda nikmati adalah parkir, mushola, toilet, gazebo, hingga homestay dengan harga terjangkau. Untuk menuju lokasi salah satu pantai di Gunung Kidul ini akses jalannya termasuk mudah. Anda tinggal datang ke daerah Ngepung dan menemukan pantai cantik ini.

3. Pantai Drini

Pantai Drini

Hanya dengan membayar tiket sebesar Rp10.000 saja, Anda bisa datang ke Pantai Drini yang buka setiap hari untuk menikmati keindahannya. Pantai yang berlokasi di Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul ini adalah salah satu pantai yang direkomendasikan sebagai tempat liburan.

Pantai ini mendapat julukan Pantai Perawan sesuai dengan kondisinya yang masih alami dan bersih. Udaranya yang sejuk, pasir putihnya menghampar, serta air yang tenang sangat cocok bagi Anda yang menyukai ketenangan pantai.

Ada beragam aktivitas yang dapat Anda lakukan di salah satu Pantai di Gunung Kidul yang indah ini seperti berenang, berjemur, berfoto, memancing, hingga jelajah pantai. Di pantai Drini, Anda juga dapat melakukan aktivitas surfing, snorkeling, hingga naik perahu kano.

Lelah bermain di pantai, Anda dapat berwisata kuliner aneka hidangan khas pantai yaitu olahan ikan laut. Di sepanjang Pantai Drini, amat mudah ditemukan deretan warung makan dengan beragam menu makanan dan minuman.

Adapun fasilitas Pantai di Gunung Kidul ini adalah area parkir yang cukup luas, toilet, mushola dan fasilitas umum lainnya yang bersih.

4. Pantai Ngandong

Pantai Ngandong

Pesona pantai di Gunung Kidul berikutnya disajikan oleh Pantai Ngandong yang tak kalah indahnya. Pantai yang bersebelahan dengan Pantai Sundak ini memiliki pemandangan alam yang indah, hamparan pasir putih, batuan karang, serta air lautnya yang bersih.

  • Dekat dengan Pantai Lain

Pantai yang disebut pula sebagai pantai nelayan berlokasi di Desa Sidoarjo, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Kebetulan lokasi Pantai Ngandong bersebelahan dengan beberapa pantai lain yaitu Pantai Indrayanti dan Pantai Sundak.

Untuk bisa sampai di lokasi, dari Yogyakarta Anda harus menempuh perjalanan hingga 2 jam. Aksesnya yang mudah membuat berbagai ragam kendaraan bisa melaluinya. Adapun jam buka pantai Ngandong adalah  setiap hari selama 24 jam.

Fasilitas yang dapat Anda nikmati saat berada di pantai adalah area parkir yang luas, warung makan, kamar mandi, tempat pelelangan ikan hingga penginapan.

  • Pemandangan Batuan Karang

Daya tarik utama pantai yang jadi magnet adalah pemandangannya yang indah. Pantai di Gunung Kidul ini memiliki batuan karang yang dihiasi pepohonan hijau. Di Pantai Ngandong Anda juga dapat menemui wahana air seru seperti snorkeling, berenang atau sekedar bermain dan mencari ikan.

  • Beach Cafe

Daya tarik terakhir dari pantai ini adalah hadirnya cafe atau restoran dengan nama South Shore yang mengusung tema beach cafe. Dari cafe ini Anda dapat menyaksikan indahnya sunset.

5. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang

Terletak di Jl. Sepanjang, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul Pantai Sepanjang sering disebut sebagai kutanya Yogyakarta. Agar bisa masuk Anda harus membayar tiket sebesar Rp10.000 dan bisa berkunjung ke sini setiap hari.

Pesona salah satu pantai di Gunung Kidul ini berbeda dengan Pantai Kuta yang ada di Bali. Pantai Sepanjang lebih menawarkan kearifan lokal dengan kondisi alam pantai yang masih terjaga. Deretan pohon palem dan pandan tetap bisa Anda nikmati.

Di Pantai Sepanjang selain dapat menikmati keindahan pantai, Anda juga dapat berburu kerang di lantai batu karang yang terhampar di sepanjang pantai. Pantai Sepanjang juga memiliki spot foto cantik mulai dari bangku yang didekorasi hingga lengkung bunga yang indah.

Aktivitas seru lainnya adalah bermain ombak, bermain voli, layangan dan berwisata kuliner aneka olahan makanan laut yang masih segar. Banyak pula toko souvenir lain yang bisa Anda manfaatkan untuk belanja oleh-oleh.

Terkenal sebagai pantai yang indah, bagian dari pantai di Gunung Kidul ini mempunyai fasilitas lengkap mulai dari toilet umum, area parkir, warung makan hingga homestay yang dapat Anda sewa ketika ingin bermalam di pantai ini.

6. Pantai Slili

Pantai Slili

Terletak di Jl. Pantai Krakal, Tepus, Gunung Kidul DI Yogyakarta Pantai Slili adalah pantai sempit diantara Krakal dan Sadranan. Walaupun kecil, pesona pantai ini tidak kalah dengan pantai lainnya.  Agar bisa masuk dan menikmati keindahannya, Anda hanya perlu membayar tiket Rp10.000 saja.

Buka selama 24 jam setiap hari, pesona Pantai Slili dapat disaksikan dari keunikan posisinya yang terapit beberapa pantai yang lebih luas di dekatnya. Setelah mengunjungi pantai di sekitarnya, Anda bisa mampir ke sini untuk menikmati keindahannya.

Pantai di Gunung Kidul yang juga mendapat julukan sebagai Lawang Watu dihiasi pasir putih yang halus dan berkilau. Terdapat sebuah bukit di sini yang menarik untuk dijelajahi serta dapat digunakan sebagai tempat untuk melihat Pantai Krakal dan Sadranan.

Selain menikmati keindahannya, aktivitas lain yang dapat Anda lakukan di sini adalah melakukan snorkeling. Spot-spot karangnya yang cantik akan sangat mengasyikkan dibuat untuk snorkeling.

Adapun fasilitas yang dapat Anda manfaatkan di salah satu pantai Gunung Kidul ini adalah area parkir, toilet, kamar mandi, mushola, warung makan, dan Gazebo. Fasilitas ini terbilang nyaman dan bersih untuk memanjakan para pengunjung pantai.

7. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan

Potensi keindahan alam yang dimiliki, membuat pantai di Gunung Kidul senantiasa dibanjiri para pengunjung saat musim liburan tiba. Salah satunya adalah Pantai Sadranan yang telah menjadi pantai favorit dengan sejuta keindahan dan keunikan.

  • Aktivitas Snorkeling

Pesonanya terletak pada beningnya air laut serta kejernihan warna laut biru kehijauannya. Anda yang datang ke sini pasti ingin segera menyelam dan menjelajahi keindahan bawah lautnya. Aneka biota laut yang indah dan unik masih banyak terdapat di sini.

Aktivitas seru lain yang dapat Anda lakukan di sini adalah diving dan snorkeling. Keduanya dapat dilakukan dengan nyaman karena objek wisata pantai Gunung Kidul ini memiliki batu karang yang lebih sedikit.

  • Mendayung Kano

Selain kegiatan snorkeling, Anda pun dapat melakukan aktivitas lainnya yakni mendayung perahu kano. Kegiatan mendayung perahu Kano ini memerlukan tarif sewa sekitar Rp50.000 per jam. Momen sunrise dan sunset pun bisa Anda nikmati di pantai ini dan mengabadikannya dalam foto.

Lapar saat bersantai, Pantai Sadranan telah banyak memiliki tempat makan atau angkringan dengan berbagai makanan khas Yogyakarta.  Bukan hanya aneka makanan khas Yogyakarta yang dapat Anda nikmati, berbagai olahan ikan laut pun dapat disantap bersama dengan keluarga.

  • Camping

Jika Anda masih betah berada di pantai ini dan ingin menikmati indahnya malam di pantai, camping di sekitar pantai adalah pilihan tepat. Banyak para wisatawan yang memilih untuk melakukan camping bersama dengan keluarga dengan menyewa tenda yang telah disediakan.

Penasaran dengan keindahan pantai ini, Anda bisa datang ke Dusun Pulegundes, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, DIY. Walaupun tidak seterkenal pantai-pantai lainnya, Pantai Sadranan tetap memiliki pesonanya sendiri.

  • Tiket Masuk Terjangkau

Pesona ini dapat dinikmati dengan membayar tiket masuk sebesar Rp10.000. Harga tiket ini mungkin berubah sewaktu-waktu, terutama saat musim liburan tiba. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena harga tiket tersebut sudah termasuk tiket terusan.

Tiket tersebut dapat Anda gunakan untuk menuju destinasi wisata pantai-pantai lain di pesisir selatan kabupaten Gunung Kidul. Tidak rugi bukan datang ke Pantai Sadranan ini, karena dapat menikmati pula keindahan pantai lainnya.

Pantai di Gunung Kidul selalu hadir dengan pesonanya yang khas dan unik. Layaknya pantai-pantai lain di daerah sekitar Gunung Kidul, sejumlah pantai di sini akan selalu memberikan kenangan tersendiri yang tidak dapat dilupakan. Jadi, kapan Anda akan berkunjung ke pantai tersebut?