Pantai di Malang

Kota Malang memiliki destinasi wisata yang komplit. Di kota ini terdapat wisata pegunungan, wisata buatan yang menarik, ragam kuliner lezat, dan juga pantai yang menawan. Pantai di Malang menyuguhkan pemandangan yang tak kalah indahnya dengan pantai di Bali maupun Lombok.

Deretan pantai dengan panorama memikat dapat Anda saksikan di wilayah Malang bagian selatan. Ada puluhan pantai di Malang yang siap Anda eksplorasi keindahannya. Masing-masing pantai memiliki keunikan dan pesona yang berbeda.

Anda penasaran seperti apa keindahan pantai-pantai di daerah Malang? Berikut ini informasi 7 destinasi wisata pantai populer yang pantang terlewat saat berkunjung di Malang:

1. Pantai Ngudel

Pantai Ngudel

Pantai di Malang ini memiliki ikon batu unik berbentuk separuh segitiga yang berada di tengah laut. Batu ini kerap menjadi objek foto wisatawan yang berkunjung ke Pantai Ngudel. Selain batu ikonik, Pantai Ngudel memiliki daya pikat lautnya yang indah serta hamparan pasir putih yang bersih.

Layaknya pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, ombak di sini cukup besar sehingga cocok untuk kegiatan selancar. Namun pengunjung sebaiknya menghindari berenang di tengah lautan karena berbahaya.

Di dekat Pantai Ngudel terdapat hutan cemara yang rindang dan indah. Keteduhan hutan cemara dapat Anda nikmati sambil berjalan kaki menyusurinya atau bersepeda santai di antara pepohonan yang berjajar rapi.

Pantai Ngudel juga berdekatan dengan Bukit Asmara. Lokasinya sekitar 30 menit dari Pantai Ngudel. Untuk mencapai puncak bukit, Anda harus melewati jalan setapak dan mendaki. Dari atas bukit, Anda bisa menyaksikan panorama pantai  yang rupawan serta perbukitan di sekelilingnya yang menawan.

Pantai Ngudel terletak di Desa Sindurejo,Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Untuk menuju Pantai Ngudel dari pusat kota Malang, Anda harus berkendara sejauh 62 km. Harga tiket masuknya sebesar Rp15.000 per orang.

2. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang

Pantai di Malang Selatan yang paling terkenal adalah Balekambang. Pantai ini mirip dengan pantai Tanah Lot di Bali yang memiliki pura di tengah lautnya. Jika Tanah Lot punya Pura Besakih, maka di Balekambang ada Pura Amerta Jati.

Pura Amerta Jati terletak di Pulau Ismoyo, sebuah pulau karang di tengah laut Balekambang. Pengunjung bisa mengunjungi pura dengan berjalan kaki melewati jembatan. Anda juga bisa mengunjungi Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni.

  • Pasir Putih dan Spot Foto Instagramable

Pemandangan pantai pasir putih dengan latar belakang pura menjadi spot foto yang menarik dan ikonik. Selain itu, pengelola juga menghiasi pantai dengan spot-spot instagramable untuk memanjakan penggemar foto.

Balekambang tepat untuk dijadikan liburan bersama keluarga. Anda dapat menikmati keindahan ombak dan hamparan pasir putih yang bersih. Ombak laut Balekambang termasuk tenang sehingga aman untuk berenang.

  • Fasilitas Lengkap

Pantai ini ramai pengunjung terutama saat akhir pekan. Karena itulah,pengelola juga menyediakan fasilitas  yang penunjang dari mulai area parkir, toilet, camping ground, warung makan, mushola, toko souvenir, hingga penginapan.

Untuk menuju Pantai Balekambang, Anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam 48 menit dari pusat kota Malang dengan menggunakan mobil. Pantai Balekambang berada di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Pengunjung harus membayar harga tiket masuk tempat wisata ini sebesar Rp10.000 per orang pada hari biasa. Sedangkan pada hari libur harga tiket yang dikenakan sebesar Rp15.000 per orang.

3. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna

Pantai di Malang yang satu ini, wajib masuk ke dalam bucket list destinasi wisata bahari Anda. Pantai Tiga Warna menawarkan pesona gradasi warna biru dan hijau toska pada lautnya serta warna putih kemerahan pada pasirnya. Pemandangannya membuat siapapun jatuh cinta.

  • Snorkeling dan Pemandangan dari Atas Bukit

Tak hanya itu, Anda bisa menjelajahi keindahan bawah lautnya dengan menyelam ataupun snorkeling. Tidak masalah jika Anda lupa membawa peralatan karena di sekitar pantai tersedia pos yang menyewakan alat snorkeling dan diving.

Tempat terbaik menyaksikan keindahan Pantai Tiga Warna adalah dari atas bukit. Bukit ini dilengkapi dengan gardu pandang sehingga pengunjung bisa melihat pemandangan lebih luas. Dari atas bukit selain Pantai Tiga Warna juga terlihat pantai-pantai lain di sekitarnya dan Pulau Sempu.

  • Terletak di Kawasan Konservasi

Pantai Tiga Warna berada di kawasan Clungup Mangrove Conservation (CMC). Secara administratif terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Untuk masuk ke kawasan ini Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu sebelum berkunjung.

Untuk menuju Pantai Tiga Warna, Anda harus trekking melintasi kawasan hutan mangrove dan menyusuri beberapa pantai. Perjuangan tersebut sepadan dengan suguhan alamnya yang indah

Waktu berkunjung di Pantai Tiga Warna dibatasi hanya 2 jam dan maksimal 200 orang dalam satu waktu. Hal ini untuk menjaga agar kawasan konservasi tetap bersih dan asri. Untuk masuk ke tempat wisata ini dikenakan tarif Rp10.000 per orang.

4. Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk Asmara

Primadona pantai di Malang Selatan berikutnya adalah Pantai Teluk Asmara. Pantai ini dijuluki Raja Ampat kecil di pulau Jawa. Hamparan laut biru yang dikelilingi pulau-pulau kecil memang mengingatkan pada keindahan panorama Raja Ampat di Papua yang sudah mendunia.

Gugusan pulau tersebut bisa Anda jadikan objek foto yang memikat ketika berada di ketinggian. Jika Anda perhatikan gugusan pulau tersebut membentuk untaian serupa bentuk hati. Bentuk hati inilah yang mendasari lahirnya nama Teluk Asmara.

  • Puluhan Tangga Untuk Mencapai Pantai

Untuk mencapai Pantai Teluk Asmara, Anda harus meniti puluhan tangga. Agak melelahkan namun kepenatan akan sirna seketika melihat panorama yang memukau di tepian pantai. Teluk Asmara memiliki pasir putih yang lembut dan gradasi warna pantai yang ciamik.

  • Aktivitas Menarik

Banyak aktivitas yang bisa wisatawan lakukan di tempat wisata ini. Selain berfoto dan menikmati pemandangan yang cantik, Anda bisa bermain di pasir putih, menyelam, snorkeling, berkemah dan menelusuri goa-goa di sekitar pantai.

Lokasi Pantai Teluk Asmara berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Dari pusat kota Malang jaraknya sekitar 71 km atau membutuhkan 2 jam perjalanan dengan menggunakan mobil.

Untuk masuk ke pantai Teluk Asmara Anda cukup membayar Rp10.000 saja. Sangat terjangkau harganya untuk menikmati suasana pantai yang indah.

5. Pantai Sendiki

Pantai Sendiki

Sendiki merupakan pantai di Malang yang berlokasi di desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Dari Pantai Tiga Warna, sekitar 6 km menuju Pantai Sendiki. Tempat  ini baru dibuka untuk umum pada tahun 2015 dan masih dikelola secara swadaya oleh warga setempat.

  • Pantai yang Nyaman dan Belum Banyak Dikunjungi

Pantai Sendiki memang belum ramai dikunjungi wisatawan karena akses menuju lokasi ini cukup menantang dan hanya bisa menggunakan sepeda motor. Namun justru di situlah kelebihan pantai ini, Anda bisa lebih leluasa menjelajahi keindahan alamnya tanpa terganggu ramainya pengunjung lain.

Pantai yang terletak di pesisir Selatan Jawa ini menyuguhkan panorama alam yang masih asri. Hamparan pasir putih, laut yang biru bersih dan suasana yang tenang menjadi daya tarik pantai Sendiki. 

  • Camping

Tempat ini cocok untuk berkemah bersama teman atau keluarga. Jika tidak memiliki tenda, jangan khawatir, karena di sini ada persewaan tenda. Harga tenda yang disewakan sekitar Rp75.000 untuk menampung 4 atau 5 orang. 

Kalau membawa tenda sendiri, Anda dikenakan biaya Rp20.000. Hindari berkemah di dekat bibir pantai karena ombaknya cukup deras. Untuk masuk ke tempat wisata ini pengunjung membayar tiket Rp10.000 per orang di hari biasa. 

Adapun hari libur tiket masuknya Rp15.000 per orang. Pantai Sendiki memiliki fasilitas yang cukup memadai. Pantai ini menyediakan mushola, pemandian umum, toilet, warung makan, dan homestay rumah pohon.

6. Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru terletak di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Untuk menuju lokasi ini Anda perlu berkendara sekitar 2 jam dengan jarak 71 km dari Kota Malang menggunakan mobil. 

Tiket masuk pantai Sendang Biru sebesar Rp5.000 per orang. Pantai di Malang Selatan ini menyajikan pemandangan yang memanjakan mata. Sendang biru dalam bahasa Jawa pantai bermakna sumber air berwarna biru. 

Tidak salah karena air lautnya memang berwarna biru jernih. Saking jernihnya hingga biota laut bisa Anda lihat dengan mata telanjang. 

  • Snorkeling dan Keliling dengan Perahu Motor

Untuk mengeksplorasi keindahan alam bawah lautnya lebih banyak lagi, Anda bisa menyelam atau snorkeling. Tempat wisata ini menyediakan perahu untuk berkeliling pantai. 

Biaya sewa perahu motor keliling pantai berkisar Rp100.000-Rp150.000, sedangkan perahu dayung berkisar Rp50.000-Rp75.000. 

  • Melihat Lumba-Lumba

Anda juga bisa menggunakan perahu motor atau dayung untuk mengunjungi Pulau Sempu yang terkenal dengan lagunanya yang indah. Jika beruntung, di perjalanan menuju Pulau Sempu Anda akan melihat lumba-lumba yang berlompatan di tengah laut.

  • Pelelangan Ikan

Pantai Sendang Biru merupakan tempat pelelangan ikan. Anda dapat membeli berbagai jenis ikan dan hasil laut yang segar dari nelayan. Nikmati kelezatan bersantap hasil laut sembari menyaksikan pesona mentari yang terbenam di ufuk Barat. 

7. Pantai Modangan

Pantai Modangan

Keindahan pantai di Malang juga bisa Anda temui di Modangan. Lokasinya berada di Dusun Kalitekuk, Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Jarak dari pusat kota Malang ke Pantai Modangan sekitar 70 km. 

Pantai ini berada di perbatasan kabupaten Malang dan Blitar Perjalanan menuju Pantai Modangan cukup berliku dan menantang. Namun, semua akan terbayarkan dengan melihat kecantikan alam Pantai Modangan.

  • Aktivitas Paralayang

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih di sisi kirinya. Sedangkan di sisi kanan didominasi hamparan bebatuan hitam yang elok, lengkap dengan muara berair jernih. Tujuan pengunjung ke lokasi ini selain untuk menikmatinya keindahan pantainya juga untuk bermain paralayang. 

Lokasi take off nya berada di Bukit Waung dan landing di Pantai Modangan. Jika tertarik mencoba aktivitas yang memacu adrenalin ini, Anda bisa tandem dengan pelatihnya.

Rasakan sensasi terbang dari bukit Waung menuju Pantai Modang. Nikmati pemandangan yang memukau disertai hembusan angin. Kondisi angin di Bukit Waung tidak terlalu ekstrim sehingga cocok untuk pemula maupun atlet profesional. Namun untuk bisa terbang harus memperhatikan kondisi cuaca.

  • Spot Foto Menarik

Di Bukit Waung Anda juga dapat swafoto di depan spot foto unik bertuliskan “I Love You”. Untuk menikmati aktivitas seru di tempat wisata ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000.  

Daftar 7 pantai di Malang tersebut bisa Anda eksplorasi keindahannya bersama keluarga atau teman. Pahami rutenya agar rencana berlibur Anda berjalan lancar. Jangan lupa membawa kamera dan baju renang untuk menikmati semua sisi area pantai.