Pantai Jungwok

Daerah Istimewa Yogyakarta memang selalu meninggalkan kesan yang menyenangkan bagi para wisatawan. Bagaimana tidak, di kota yang satu ini ada banyak sekali destinasi wisata kebanggaan. Salah satunya ada Pantai Jungwok yang sangat sayang dilewatkan.

Pantai Jungwok dikenal sebagai pantai yang punya kesan mistis atau angker. Meskipun begitu, daya tarik keindahan yang ada di pantai ini tak menyurutkan wisatawan untuk datang dan menikmati pemandangannya. Bahkan, ada banyak hal menakjubkan yang bisa didapat di pantai ini.

Pantai Jungwok

Harga Tiket Masuk

Berlibur ke pantai yang eksotis seperti Pantai Jungwok ini ternyata tidak harus merogoh banyak rupiah. Tarif tiket masuknya terbilang sangat terjangkau. Anda hanya butuh Rp5 ribu untuk setiap orang agar bisa masuk ke pantai wisata yang satu ini.

Untungnya lagi, biaya tiket masuk ini sudah satu paket dengan biaya masuk ke wisata pantai Wediombo yang berdekatan dengan Jungwok. Namun, biaya ini belum termasuk biaya parkir. Untuk biasa parkir motor, Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp2 ribu.

Sedangkan untuk pengendara mobil akan ditarik ongkos parkir Rp5 ribu. Dengan tarif yang sangat terjangkau ini, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam pantai yang ada di Yogyakarta ini.

Rute Menuju Pantai Jungwok

Secara umum, ada tiga pilihan jalur yang bisa dilewati untuk bisa sampai ke Pantai Jungwok. Tiga pilihan ini masing-masing punya durasi waktu yang berbeda. Maka Anda bisa sesuaikan titik lokasi awal, sehingga bisa memperkirakan waktu sampainya lokasi tujuan. Di antara akses jalurnya adalah:

  • Jalur Yogyakarta

Pada jalur ini, perjalanan akan dimulai dari Yogyakarta kemudian melalui Jalan Bausasran. Dari Jalan Bausasran, Anda perlu jalan lurus saja sampai berjumpa dengan SMAN 8 Yogyakarta.

Perjalanan dilanjutkan menuju PLN Yogyakarta di jalur Jalan Nasional III dan Jalan Yogyakarta. Belum sampai di situ, Anda masih harus menuju Wonosari ke Jalan Kyai Legi. Kemudian dilanjutkan menuju Jalan Pantai Selatan menuju Jalan Wediombo.

Jangan sampai salah tujuan karena pantai Wediombo juga berdekatan dengan Pantai Jungwok. Anda bisa melihat petunjuk jalan yang menuliskan nama destinasi pantai agar tidak salah tujuan.

  • Jalur Bantul

Tidak hanya lewat Yogyakarta Kota, Anda pun bisa lewat jalur Bantul. Sesuai nama jalurnya, perjalanan pertama dimulai dari titik lokasi Bantul menuju Jalan Playen Dlingo. Dari Jalan Playen Dlingo, Anda bisa langsung menuju ke Jalan Kyai Legi menuju Jalan Pantai Selatan.

Kemudian dilanjutkan menuju ke Jalan Wediombo. Barulah kemudian Anda sampai di titik lokasi Pantai Jungwok. Akses jalur kedua ini memang terbilang lebih cepat. Hal ini karena jarak Bantul ke pantai tersebut lebih dekat jika dibandingkan dengan Yogyakarta.

  • Jalur Umum

Jalur ini biasanya digunakan untuk pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi, alias mengendarai transportasi umum. Jalur ini juga cocok untuk Anda yang berasal dari luar kota dan sedang mengendarai bus atau jenis transportasi lainnya.

Perjalanan dimulai dari titik lokasi terminal Giwangan. Dari Terminal Giwangan, mintalah turun di Desa Jepitu. Di desa tersebut, Anda akan mendapati ada banyak sekali jasa ojek online yang siap mengantar kemana saja.

Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan ojek tersebut untuk mengantar Anda hingga sampai ke titik lokasi pantai. Karena jarak yang tidak terlalu dekat, maka jangan heran jika Anda ditarik tarif ojek yang cukup mahal. Biasanya, tarifnya akan dikenakan sekitar Rp40 ribu – Rp50 ribu.

Hal Menarik di Pantai Jungwok

Seperti dikatakan di atas, ada banyak hal menarik di sisi keangkeran Pantai Jungwok. Nama pantai ini mungkin tidak sepopuler Pantai Parangtritis yang ada di Jogja. Namun berbagai hal menarik dan unik bisa Anda nikmati di pantai ini, apa saja itu? Simak berikut ini ulasannya:

  • Keunikan Tiga Aliran Sungai Tawar

Lautan yang ada di pantai ini menjadi muara dari tiga aliran sungai tawar sekaligus. Dengan keunikan ini, Pantai Jungwok bahkan terlihat seperti punya tiga belahan aliran air. Perpaduan antara dua jenis air tawar dan asin pun menjadi daya tarik yang sangat unik.

Tidak semua lautan di pantai menjadi muara dari tiga aliran sungai sekaligus. Namun, di sini Anda bisa melihat pesona yang menakjubkan. Selain menikmati keindahan pantai, Anda juga bisa sekaligus diingatkan untuk bersyukur atas kuasa Tuhan.

  • Garis Pantai Melengkung yang Unik

Tidak hanya aliran sungai air tawar saja yang membuat pantai ini unik. Ada juga keunikan pada garis pantainya yang berbentuk lengkung. Bentuk garis pantai melengkung yang sangat unik ini bisa menjadi objek foto terbaru Anda.

Akan sangat sayang jika Anda tidak mengabadikan nuansa eksotis yang ada di pantai ini. Anda bisa mengambil gambarnya dari arah mana saja. Bahkan dari arah atas, pemandangan lengkungan garis pantai ini akan semakin menarik.

  • Olahraga Pantai

Pantai Jungwok dianugerahi dengan kondisi pasir yang putih, halus, dan bersih. Ditambah lagi nuansa pantai yang sangat mengasyikkan. Maka salah satu aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini adalah dengan bermain olahraga pantai. Salah satu contohnya adalah voli pantai.

  • Camping

Suasana Pantai Jungwok yang asri, eksotis, serta meneduhkan akan sangat cocok dipakai untuk destinasi tempat camping bersama teman-teman. Namun, perlu diketahui bahwa pengelola pantai tidak menyediakan peralatan camping.

Jika ingin camping, maka Anda harus membawa peralatan untuk camping sendiri dari rumah. Meskipun bebas digunakan sebagai tempat camping, tapi Anda harus tetap berhati-hati selama ada di sana. Tetap jaga kebersihan dan sopan santun saat berada di kawasan pantai.

  • Pulau Kecil di Tengah Laut

Salah satu hal lagi yang sangat menarik di pantai ini adalah adanya pulau kecil tepat di tengah lautnya. Pulau kecil ini akan menambah kesan keindahan Pantai Jungwok. Bagi Anda yang hobi fotografi, pemandangan ini bisa jadi objek yang sangat menarik dan mengesankan.

  • Batu Topi

Batu topi merupakan objek batu karang besar yang letaknya ada di tengah laut pantai ini. Namun, jaraknya dengan daratan tidak seberapa jauh sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkannya sebagai tempat memancing.

Sebutan batu topi ini disematkan oleh warga sekitar pantai. Selain batu karang yang besar, di beberapa bagian perairan lautnya juga terdapat batu karang kecil yang menambah keindahan pantai.

Tidak harus menghabiskan waktu liburan dengan berbelanja saja, Pantai Jungwok bisa dijadikan alternatif wisata saat ke Yogyakarta. Anda pasti bisa melihat pesona dari Provinsi Yogyakarta dengan lebih luas lagi. 

Review Pengunjung

NN
13:33 09 Oct 21
Sumpaaaah... Pantai.a bersih...masih sepi.. berasa pantai pribadi .
Alvita Zheronia
07:23 24 Aug 21
Tempat nyaa keren, belum banyak org yang tau tempat e
silvia sudarto
18:30 23 Nov 21
Tempat refresing untuk semua usia bisa menikmati,apalagi untk camp
R B R
08:31 07 Aug 21
Salah satu Pantai selatan jawa yang memiliki keindahan pasir dan baru karangnya