Daya Tarik Pantai Watu Kodok Gunung Kidul, Rute & Harga Tiket

Bagi Anda yang sudah pernah berwisata di Gunung Kidul Yogyakarta, pasti pernah mendengar pantai yang bernama Watu Kodok. Pantai Watu Kodok menjadi salah satu destinasi populer di Kota Bantul yang banyak diminati oleh para wisatawan dari berbagai daerah.

Berkunjung ke pantai adalah cara untuk merefresh otak. Apalagi jika liburan Anda ditemani oleh orang terdekat, pasti rasanya akan lebih lengkap dan menyenangkan. Tapi ingat, persiapkan destinasi wisata tujuan sebelum memutuskan berlibur untuk merasakan waktu yang berkualitas bersama.

Pantai Watu Kodok

Pantai ini diberi nama Watu Kodok karena memiliki ciri khas yaitu terdapat dua batu yang menyerupai bentuk kodok, bila dibahasa Indonesiakan katak. Kedua batu tersebut terletak di sisi pantai sebelah barat dan timur. Pantai Watu Kodok memiliki pasir berwarna putih dan ombak yang tidak terlalu besar.

Sehingga, cocok untuk Anda yang ingin bermain pasir dan bermain air pantai. Di Sepanjang garis pantai banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon berjenis cemara udang dan pandan laut. Pohon-pohon tersebut akan membuat Anda tambah nyaman untuk berteduh sambil menghirup udara pantai yang khas.

Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Sepanjang. Jalan menuju lokasi Pantai Watu Kodok, terdapat berbagai pemandangan yang memanjakan mata. Contohnya adalah perbukitan yang indah dan hamparan sawah yang sangat cocok menyegarkan mata.

Harga Tiket Masuk

Anda bisa mengunjungi Pantai Watu Kodok kapan saja. Pasalnya pantai yang satu ini dibuka setiap hari selama 24 jam. Sebagai pengganti keindahan yang mempesona ini, Anda hanya perlu mempersiapkan tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang.

Sedangkan untuk pengunjung yang datang menggunakan kendaraan bermotor akan ditambah dengan uang parkir. Bagi pengendara motor dikenai uang parkir sebesar Rp 3.000 dan bagi pengendara mobil sebesar Rp 5.000. Murah dan terjangkau bila dibandingkan membeli makanan instan di kafe ternama.

Rute Menuju Pantai Watu Kodok

Lokasi Pantai Watu Kodok terletak di Dusun Kelor di Kecamatan Kemadang, Tanjungsari, Daerah Gunung Kidul. Pantai ini berjarak kurang lebih 70 km dari pusat Kota Yogyakarta. Waktu yang relevan untuk sampai di lokasi ini, sekitar 2 jam dari Malioboro.

Rute yang perlu Anda lalui untuk sampai di lokasi bisa dimulai dari pusat Kota Yogyakarta menuju ke arah timur. Kemudian ikuti jalan Panembahan Senopati dan melewati jalan Brigjen Katamso. Setelah itu menuju ke Jl Kolonel Sugiono dan berbelok ke arah selatan menuju Jl Sisingamangaraja.

Lalu ikuti jalan Imogiri Barat dan berbelok ke arah timur melewati jalan Siluk. Setelah itu Anda lurus terus mengikuti arus jalan sampai menemukan papan arah yang bertuliskan nama pantainya. Kemudian ikutilah petunjuk arah tersebut hingga menemukan gerbang masuk menuju pantai.

Jalan menuju pantai ini memang berkelok-kelok, untuk masuk lokasi setelah gerbang juga sedikit sempit dan hanya terbuat dari semen. Namun, tetap masih bisa dilewati oleh kendaraan bermotor ataupun mobil pribadi.

Daya Tarik Pantai Watu Kodok

Meskipun jalannya seperti itu, keindahan yang disajikan tidak akan mengecewakan. Pesona alam yang luar biasa akan menghilangkan rasa lelah dan membuat Anda puas serta tenang. Rute pantai ini cukup mudah, karena sejalan dengan Pantai Baron dan Pantai Indrayanti.

Ada beberapa hal yang menarik di pantai ini yang dapat Anda nikmati bersama teman atau keluarga. Beberapa aktivitas yang menarik diantaranya:

  • Dua Batu Kodok yang Unik

Sebelah barat dan timur pantai terdapat dua batu yang bentuknya adalah katak. Dua Batu ini bisa Anda nikmati sebagai icon foto yang menakjubkan. Selain itu, di pantai ini juga memiliki batu karang yang tak kalah eksotis dengan pantai-pantai yang lain.

  • Area Camping yang Luas

Pantai yang satu ini menyediakan tempat yang cukup luas untuk Anda yang ingin mendirikan tenda atau camping bersama teman atau keluarga. Keamanannya sendiri tidak perlu diragukan lagi, karena ada warga yang bertugas menjaga keamanan di sekeliling pantai ini.

Ketika ingin berkemah disini, sebaiknya Anda membawa peralatan dan perlengkapan dari rumah atau menyewa dari pusat kota. Pasalnya, di pantai ini menyediakan peralatan kemah yang terbatas. Tentu saja ada gantinya, Anda akan disuguhkan pemandangan indah berupa sunset di sore hari.

  • Gazebo yang Berjejer

Ketika merasa lelah seharian beraktivitas dengan asyik di pantai, Anda bisa beristirahat di beberapa gazebo yang telah disediakan di sebelah pantai ini.  Gazebo ini sangat cocok untuk bercengkrama dan makan bersama teman atau keluarga.

Gazebo ini bisa dimanfaatkan untuk meletakan barang-barang pribadi Anda seperti bekal, tas dan barang-barang liburan lainya. Anda tidak harus membawa tikar lagi dari rumah atau menyewanya melalui penyedia jasa sewa tikar pantai.

  • Wisata Kuliner

Setelah berteduh di gazebo, mungkin Anda akan merasa lapar dan haus. Tapi tidak perlu khawatir, karena disini ada banyak sekali kuliner yang disediakan dengan khas makanan ala pantai. Jadi jika Anda tidak membawa bekal dari rumah tidak masalah, bisa melarisi makanan pedagang pantai.

  • Spot Foto yang Fantastic

Bagi Anda yang suka berburu fotografi, maka tempat ini merupakan tempat yang direkomendasikan untuk Anda. Pemandangan yang indah sangat wajib untuk diabadikan. Selain pemandangan yang indah, pantai ini juga sangat bersih dari sampah sehingga tidak akan merusak jepretan Anda.

  • Pemandangan yang Memanjakan Mata

Suara deburan air pantai menghantam batu karang yang berada di pesisir pantai menambah keindahan pantainya sendiri. Gradasi warna pasir putih pantai sangat indah dan eksotis. Anda akan dimanjakan pula dengan cantiknya sunset dan sunrise di sore dan pagi hari.

Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah ketika Anda sedang menikmati cuti panjang atau weekend. Selain terkenal dengan kenyamanan pantainya, Anda bisa mendapatkan kepuasan dalam berlibur jika menikmati waktu liburan. Makanya disarankan mengunjungi tempat wisata yang tepat.

Pantai Watu Kodok jadi ikon wisata populer di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Anda yang sudah jenuh dengan tugas kantor yang menumpuk bisa menyegarkan diri dengan mengunjungi pantai terbaik di DIY.

Review Pengunjung

anna N
07:32 07 Dec 21
Bisa jadi tempat yang nyaman buat camping yang terjangkau.Kalau mau camping bisa pengeluaran meliputiParkir masuk pantai 10 ribuKemudian Anda bisa memilih tempat untuk ngecam..Saran saya sebelumnya bisa komunikasi dulu dengan warung warung terdekat untuk meminta izin sekalian tanya listrik dan kamar mandi..Untuk kamar mandi sepuasnya 7 ribu per orangNyalur listrik 20 ribu per malam per mobil.Mungkin beda tempat beda juga biaya.Kemudian pagi2 ada uang kebersihan 10 ribu (resmi dan berkarcis)..Ngecam di pantai harus siap dengan segala cuaca terutama hujan badai karena jika hujan angin sangat kencang.Karakter gunung tentu saja berbeda dengan karakter pantai. Cuasa di pantai juga agak panas meskipun malam hari jadi jika bawa anak kecil bisa bawa kipas portable agar lebih nyaman tidur.Secara umum tempatnya worth it untuk dicoba.Ada musola juga untuk salat.Warga sekitar juga ramah dengan kedatangan wisatawan.Di mana pun kita berada jika kita menghormati orang lain, sopan-santun tentu saja orang lain akan bersikap sama..
i chan official
01:05 21 Sep 20
Tempatnya nyaman, pantainya lumayan bersih, airnya jernih sekali, masih sangat asri dan bagus
Djihan Puspitasari
05:53 05 Nov 21
Maasyaa Allah cocok sekalii untuk kalian yg ingin melepas kepenatan perkotaan dan mencoba suasana baru..Untuk dapat masuk ke wisata ini, cukup scan melalui aplikasi peduli lindungi saja, dan membayar tiket diawal..Harga jajanan sangat masuk akal.. Tidak dimahal2 kaan..Di pantai ini, kita bisa bermalam ditendaa..Jangan khawatir ada tempat penyewaan tenda, alat masak, lampu senter, dan penyewaan kamar mandi..Pemandangan tentunya sgt indaah.. Pantainya bersih walau ada beberapa sampah karena ulah manusiaa yg tidak bertanggung jawab -_-Namun tidak bisa berenang di laut..hanya bisa main air di pinggiran pantai saja, dikarenakan ombaknya yang besar.Tambahan :Sinyal IM3 dan by.u kurang bagus disiniii.Selamat mencoba 🌷
Santoso Celluller
09:54 07 Nov 21
Salah satu pantai pasir putih di gunung kidul yg patut dikunjungi;; lokasi pantai ini berdekatan dengan pantai Kukup ;; pantai Sepanjang;; lebih enak kesini naik motor atau armada yg tidak terlalu besar ;; agar bisa ke pantai watu kodok yg paling ujung ;;; kalo naik bus besar ;; bus tidak bisa masuk ke lokasi yg paling ujung pantai watu kodok(batu karang sedikit),, yg cocok untuk bermain2 air laut dengan ombak;;Bus besar hanya bisa parkir di depan ;; dan memang bisa turun langsung pantai watu kodok;; tapi banyak batu karang yg cukup banyak ;;