Kuliner Malam di Semarang

Kota Semarang merupakan salah satu yang cukup besar di kawasan Jawa dan juga masuk dalam deretan kelima kota metropolitan besar Indonesia. Perkembangan ini juga membuat semakin menjamurnya kuliner malam Semarang yang wajib dicoba oleh pelancong.

Terdiri dari 16 kecamatan, tentunya masing-masingnya memiliki karakteristik tersendiri termasuk makanan. Jika tertarik hunting kuliner di sana, pastikan untuk memilih sesuai tips yang tepat berikut ini.

  • Lahan Parkir Memadai

Ketika Anda mau pergi bersama keluarga atau orang-orang terdekat tentu membawa kendaraan sendiri dengan kapasitas cukup besar. Perlu memastikan terlebih dahulu, apakah tempat makan yang ingin didatangi memiliki lahan parkir yang memadai.

Dengan begitu, nantinya kendaraan bisa diparkir dengan aman selama Anda menikmati wisata kuliner. Pasalnya, tidak semua tempat makan apalagi kuliner malam yang menyediakan parkir luas.

Hal ini bisa dilihat dari informasi internet tentang lokasi kuliner tersebut, tepatnya pada bagian fasilitas yang disediakan. Biasanya akan diinformasikan ketersediaan lokasi parkir untuk mobil dan motor memadai atau tidak.

  • Pelayanan Ramah

Selain lahan parkir, perlu dilihat juga bagaimana pelayanan dari pengelola tempat kuliner tersebut apakah ramah dan sopan atau tidak.

Alasannya, orang berwisata kuliner bukan saja ingin mencicipi makanan khas dari Semarang tapi juga menikmati kenyamanan selama berada di lokasi kuliner tersebut. Jika pelayan dan pengelola ramah, tentu bisa menambah kepuasan.

Jika tidak maka akan meninggalkan kesan negatif berujung pada ketidakpuasan bahkan enggan untuk datang lagi ke tempat tersebut. Meskipun, sebenarnya makanan yang disediakan sangat enak.

  • Makanan Bervariasi

Makanan favorit setiap orang pasti berbeda-beda. Untuk memenuhi semua keinginan orang yang Anda bawa saat berwisata kuliner malam Semarang, usahakan mencari tempat makan dengan pilihan menu bervariasi. 

Alhasil, saat memilih makanan bisa lebih puas dan benar-benar sesuai selera masing-masing. Akan beda jika memang ingin mencoba makanan khas dari Semarang dengan pilihan terbatas, tentu Anda hanya bisa mengkonsumsi menu yang tersedia tanpa bisa memilih.

  • Review Pengunjung

Bagaimana review pengunjung terhadap makanan dan kenyamanan di lokasi kuliner juga bisa dijadikan alasan saat akan memilih tempat makan di kota lumpia ini. Semakin banyak review positif, artinya kualitas dari menu dan pelayanan serta hal lainnya masuk kategori baik dan layak jadi pilihan.

Di mana bisa melihat review tersebut? Tinggal cek melalui internet, ketik nama tempat kulinernya lalu lihat testimoni orang-orang yang sudah pernah berkunjung ke sana.

  • Harga Pas di Kantong

Untuk membeli makanan tentu dibutuhkan uang cukup, apalagi saat berwisata ke berbagai daerah termasuk Semarang. Tentu Anda perlu memastikan, berapa anggaran kuliner yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, perlu diketahui tempat-tempat makan yang menyediakan menu dengan harga sesuai anggaran kuliner Anda. Ini akan berlaku untuk yang melancong sendiri maupun bersama keluarga atau rombongan.

Dengan menerapkan cara-cara memilih tempat tepat, Anda bisa menikmati berbagai makanan terbaik. Agar tidak pusing dengan pilihan yang tersedia, berikut ini rekomendasi 10 kuliner malam Semarang terbaik untuk dijadikan referensi selama berada di kota atlas.

10

Es Puter Cong Lik

Es Puter Cong Lik
AlamatJl. Kh Ahmad Dahlan No.11, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50241
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 18.00 – 22.00
No Telpon(024) 8443619
Natalia Willem
10:47 11 Nov 21
Es putar legend ala semarang, letaknya di jl kh. Ahmad dahlan. Satu porsi dpt 2 scoop (dgn pilihan rasa alpukat, durian, cokelat, kelapa muda), potongan roti tawar, dan sagu mutiara. Harganya Rp 20.000. Rasa kelapa mudanya recommended !Btw, di google tertulis buka jam 6 sore tapi aku dtg jam setengah 6 sore dan udh buka kok.
ferari laferari
16:27 07 Sep 20
Ada harga ada rasa
Dessy Indrajati
15:55 30 Oct 21
Enak gak terlalu manis gak bikin eneg ,tekstur es nya lembut , untuk harga nya menengah keatas sih ..Kalo mau beli harus sabar yaa , antriannya lumayan lamaTapi sayang cari parkirnya yang kesulitan kalo naik mobil
Heru Blackelf
05:31 19 Sep 20
Kuliner legendaris

9

Nasi Goreng Babat Hengky

Nasi Goreng Babat Hengky
AlamatJl. Puri Anjasmoro Blok K, Tawangsari, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50144
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 17.00 – 23.00
No Telpon0852-2508-6676
Rowena Suryobroto
03:08 11 Nov 21
Enakkkk babatnya empuk ga amis, porsinya cukup, rasanya pas ga kemanisan ga keasinan. 25rb kenyang mantep.Mau tambah puol lagi? Pesen paru gorengnya buat beramai2. 100rb dpt setumpuk paru goreng yg crispy tp rmpuk. Ga kayak keripik paru... ini potongannya tebal2 tp ga amis sama skali
Aris Dharmawan
23:55 07 Nov 21
Nah ini baru Nagi Goreng Babat Juara. Segala macam babat dan jerohan tersedia dan kita boleh memilih sendiri mana suka, a la sop kambing betawi. Nasi gorengnya gurih dan tidak terlalu manis.Tambah 1 menu lagi, paru Gorengnya Juara! Renyah diluar tapi empuk didalam.
ARIS DHARMAWAN
16:08 14 Nov 21
dari banyak penjual nasi goreng babat yang banyak tersebar di semarang, Nasi Goreng Babat Hengky ini sedikit unik, dengan menyajikan pilihan potongan babat dimana kita bisa memilih sendiri. Sajian lain yang istimewa adalah paru gorenggnya, cryspi di luar dan tetap "moist" didalam.
Gvac Ja
12:42 07 Nov 21
Tempat nya ramai. Rasanya istimewa, porsi nya bikin kenyang. Sedikit saran buat yang mau mencoba makan disana, untuk datang lebih awal dikarenakan tempat nya ramai jadi antriannya juga lumayan lama.

8

Angkringan Blendoek

Angkringan Blendoek
AlamatJl. Gajahmada No.138, Gabahan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50135
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 16.30 – 00.00
No Telpon0822-2413-2806
SatriaShutter
14:22 17 Nov 21
Tongkrongan di semarang yang cukup lama, dari yang awalnya buka di sebelah taman gereja blendoek kota lama, pindah pindah sampai sekarang. Walau namanya angkringan, menu2 yang disajikan sangat beragam dan cukup lumayan mahal kalau di bandingan dengan angkringan biasanya. Yang menarik dan nilai plus adalah live musiknya, walau nilai kurangnya adalah kadang pegawainya ada yang tidak pakai masker di masa pandemi ini. Yang lainnya sangat memuaskan.
endah warsiyani
13:17 07 Sep 20
Enak buat nongkrong
Risa Mutia
18:54 12 Sep 21
Beras kencur yg di botol wuih enak tenan, emang bener enak. Kok sekarang ga ada. Kunir asemnya enak banget
Yunita Dhini
02:53 26 Jun 21
Mau cari angkringan di tengah kota Semarang? Disini tempatnya. Berada dekat pusat jual beli mobil bekas di jalan gajahmada. Tempat luas, parkiran luas, ada live music juga.
Iswarin Retailman
06:04 02 Nov 21
Buat yang suka nongkrong di angkringan dan dengerin live music tempo dulu tempat ini cocok

7

Soto Bangkong

Soto Bangkong
AlamatRuko Bangkong Plaza, Jl. Brigjen Katamso No.1, Peterongan, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50242
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 07.00 – 22.00
No Telpon(024) 8412842
Kurniawan Sutrisnadi
03:15 19 Sep 20
Tempat strategis, nyaman, layanan cepat, bersih.
fajar harimukti
05:25 04 Sep 20
Tempatnya enak, luas. Rasa sotonya cukup lumayan.
Arie Sasela
04:00 02 Sep 20
Parkir relatif mudah. Pelayanan ramah dan cepat. Toilet bersih.
Thata Pang
01:22 05 Sep 20
Perkedel, telur puyuh kecap plus soto ayam. Sempurna deh

6

Nasi Goreng Babat Pak Sumarsono

Nasi Goreng Babat Pak Sumarsono
AlamatJl. Anjasmoro Raya No.64, Karangayu, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50142
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 17.00 – 00.00
No Telpon0813-9030-2192
Yatiya Yaqyu
11:46 12 Sep 20
Kurang pedes,,,,murah
JIA
05:43 12 Nov 21
Salah satu pilihan nasi goreng babat yang terkenal di Semarang. Satu porsinya bebas mau berapa potong. Bisa pilih sendiri mau pakai apa saja, paru, babat, usus, dll.Muantabbb...
Deri H
07:41 12 Nov 21
Tempatnya dipinggir jalan, pas dateng rame pakai banget, rasanya memang enak sih, babat gongsonya wajib coba, harus sabar nunggu kalau ramai ya
puji raharjo
22:33 17 Oct 21
Ini nie.....nasgor babat yang bikin lidah brsa danza menari......andalan keluarga dan recom buat tamu tamu luar kota yg kangen sama nasgor babat maupun lainnya....dan ini kesukaan pak mentri erick tohir lho....😀😀udh laaah..ga perlu lamaaa lamaaaa berpikirnya....panasi mobil loe mampir ke AtM doloe,baru kemari....👍👍
Only Me
03:45 12 Oct 21
Rasa tetap sama spt dulu..Baiknya klo kesana,jam 5.30 an sore.. biar ga antri banyak.😁

5

Nasi Kucing Pak Gik Gajahmada

Nasi Kucing Pak Gik Gajahmada
AlamatJl. Inspeksi, Gabahan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 21.00 – 04.00
No Telpon
JesS iCa
18:45 26 Sep 21
warning bagi yg suka higienis, hmm.. agak jorok ya..bisa kaget pas lihat pertama kali. karena lokasi pinggir sungai, orang2 dan penjualnya kalo comotin gorengan pake tangan dipegang2 🤣 tp ruamenya bahkan yg naik mobil bagus2pun berderet. tempat makan sedikit, banyak orang ngedeprak aja di trotoar jalan. mungkin keseruannya bersama teman2. jd ambil2 br hitung belakangan. jgn lupa hitung kalian comot brp guyss.. hati2 kalo berbohong, bs dilempar ke sungai (menurut hikayat rakyat dsana) 🤣🤣🤣👍rasa makanannya lmyn ok. terutama pia (biasanya baru dateng, blm ditaruh di meja sudah habis 🤣), pangsitnya juga ok, tempura harus anget2 br enak berasa, semua itu hrs dimakan sama nasi kucingnyah (bukan makan kucing ya, cm istilah aja karena isinya paling nasi brp sendok sm lauknya super dikit).. ada berbagai rasa paling doyan yg peda dan teri..yg lain biasa aja tp variatif loh, ada nasi goreng, nasi kuning, nasi gurih, babat, tahu telor, ketan, dll dsb . ada bakso goreng, sate sosis, sate telor puyuh. oiya jangan lupa teh panas manis dan jahenya mantaabbb..harga ok bgt lmyn. setiap kali ke sana selalu ruamee..banyak mobil, motor, gojek grab dll..lokasi pinggir sungai tp ga bau kok.
Rizky Nanda Noverianto
13:59 14 Sep 20
Tempat makan yang enak dan terjangkau
Neutz
05:21 25 Oct 21
Terkenal sekali di kota Semarang. Selalu kesini kalau pas larut malam cari "pengganjal perut" juga kangen teh manis panasnya yg khas.Pia goreng selalu jadi rebutan, kecuali hari biasa non weekend.
Felsafa Arby
12:19 18 Sep 21
Mantaap sama seperti dulu murah dan banyak pilihan gorengan & nasi kucing

4

Nasi Ayam Bu Sami

Nasi Ayam Bu Sami
AlamatPojok Matahari Simpang Lima, Karangkidul, Central Semarang, Semarang City, Central Java 50241
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 23.00 – 06.00
No Telpon0852-1379-87983
Anggita N.A
05:15 08 Nov 21
Rasanya enak,ramai pengunjung biasanya warga pendatang dr luar kota,harga standar,tempat cukup luas.Satu porsi nasi ayam+sate usus 21rb.
Prima Tahta Amrillah
17:38 12 Oct 21
Umtuk para pecinta kuliner larut malam, recommended banget ini 👍Buka dr jam 11 malam sampai jam 6 pagi
Marno Al Bahry
21:00 09 Oct 21
Tempatnya biasa saja tapi soal rasa emang juara, punya ciri khas tersendiri, ndak salah kalau nasi ayam bu Sami ini masuk kategori kuliner terbaik di Semarang.Buat anda yang suka kuliner dan sedang di semarang jangan lewatkan untuk makan ditempat ini. rasanya Ahh... Mantaapp...
Naneth Ekopriyono
13:03 09 Nov 21
Solusi untuk yg lapar tengah malam .buka jam 23 sampai jam 06.00 . Mantap 👍 enak 👍👍
Imey Maisyarah
16:05 25 Jun 21
Pokoknya g bakalan nyesel buat makan disini,,selain rasanya enak harganya jg g bikin dompet kempes

3

Pakne Heksa

Pakne Heksa
AlamatJl. Sidorejo No.2-82, Sarirejo, Kec. Semarang Tim., Kota Semarang, Jawa Tengah 50124
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 17.00 – 22.30
No Telpon
Sony Arief Wicaksono
13:45 06 Nov 21
parkir disarankan di dpn restonya agar lebih mudah, jam buka di tempat ini lebih lama dari jam makan siang sampai makan malam. menu yang tersedia juga sama, tempat lebih luas & nyaman tidak sesak dan ada kipas anginnya, rekomendasi jika di pakne heksa 1 penuh bisa kesini atau ke pakne heksa 2 rasa sama menu sama harga sama.
Budi Wahyono
10:06 07 Sep 20
Menu masakan: ayam goreng, bebek goreng dan udang goreng cukup enak.Sambal bisa pilih tingkat pedasnya dan nasi bebas ambil sendiri.Yg perlu diperhatikan adalah minyak gorengnya jangan sampai hitam, baru ditambah minyak yg baru...

2

Kopi Tarik Ungaran

Kopi Tarik Ungaran
AlamatJl. Kartini No.230 B, Sembungan, Ungaran, Kec. Ungaran Bar., Semarang, Jawa Tengah 50511
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Sabtu = 17.00 – 01.00 , Minggu = Tutup
No Telpon0811-1889-011
Alden Sinai
17:09 16 Nov 21
Salah satu tempat menikmati kopi yang unik di daerah Ungaran, Kabupaten Semarang dan tempat ini juga cukup populer. Apa yang menjadi keunikannya? Infonya, kopi yang disajikan di sini adalah kopi yang ditanam dan dipanen dari tanah Ungaran, begitu pun teh yang juga disediakan di sini, merupakan teh asli daerah Ungaran. Variasi minuman dengan mengkombinasikan rempah-rempah seperti secang, cengkeh, dan jahe, juga bisa Anda temui di sini.Pilihan menu minumannya sangat banyak dan bervariatif. Anda mungkin butuh waktu untuk membaca menu dan menentukan pilihan pesanan Anda. Selain menjual minuman, kudapan ringan seperti singkong, pisang, dan tahu juga tersedia. Untuk makanannya tersedia Indomie dengan beberapa pilihan.Dilihat dari bentuk kedainya, kedai ini tadinya merupakan rumah tinggal yang kemudian dijadikan kedai. Sekat antarruangannya jelas memperlihatkan itu. Namun suasana yang ditimbulkan menjadi hangat, seperti meminum kopi di rumah kerabat, hangat dan dekat.Pemilik kedai sangat ramah. Beliau menyapa setiap pengunjung dan menanyakan jika ada hal yang kurang. Terkadang beliau juga menyelipkan guyonan ringan yang membuat pengunjung merasa diterima dengan hangat sebagai tamu. Terkadang sang pemilik kedai juga menarik kursi untuk bisa duduk bersama dan berbincang dengan pengunjung dan membaur bersama.
Tesalonika Anastasya
02:17 10 Nov 21
Tempatnya enak buang nongkrong bareng temen atau sahabat.. Ada banyak pilihan area kongkow di luar ataupun didalam,, pelayanan baik dan cepat,, ada banyak pilihan kopi disini.Untuk area parkiran ada dipinggiran jalan.. Lumayan kok tempatnya, tpi bukan yg menyediakan makanan berat ya.. Harganya masih umum terjangkau gk yg mahal.
Belinda Rosa
16:39 19 Oct 21
Sedia berbagai macam minuman hangat yang otentik, seperti kopi, teh, jahe, secang, dan lain-lain. Spesial kopi tarik atau teh tarik. Lokasi berupa bangunan rumah dengan desain interior berasa di rumah juga. Cukup besar karena aa beberapa meja di teras maupun di dalam rumah. Recommended untuk yang butuh minuman hangat di daerah Ungaran. Saran: Penyajian makanan bisa dipercepat dengan pelayanan bagian makanan yang lebih ramah.
Temy K.
06:59 11 Sep 21
kedai kopi tradisional di kabupaten semarang... menu2nya sederhana, dari kopi tarik, teh tarik, yang herbal juga ada, seperti jahe, secang dll ..favorite saya kalau kesini wedang secang susu, rasanya creamy dr susu kental manis, ditambah ada rasa jahenya...makanan juga simple, ada tahu goreng, tempe goreng, pisang goreng, singkong, dan ada mie instant juga...tempatnya sendiri di rumah biasa yang diberi meja kursi...tidak terlalu besar, tapi cukup nyaman buat nongkrong dengan teman2..parkir bisa dipinggir jalan raya (lokasinya berada di jalan kabupaten, 1 arah) saat ppkm jam menyesuaikan, jadi lebih baik wa atau telepon dl sebelum kesana (pernah sekali datang tapi ternyata sudah tutup karena masih ppkm)
Yohanes Purnomo
15:24 16 Oct 21
Lokasi papan nama nya kecil, jadi harus pelan-pelan kalo cari lokasinya karena jalur satu arah. Tempatnya ok, penyajian snack cukup lama walaupun tidak ramai.

1

Nasi Gandul Pak Memet

Nasi Gandul Pak Memet
AlamatJalan Dokter Cipto No.12, Bugangan, Kec. Semarang Tim., Kota Semarang, Jawa Tengah 50123
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 16.00 – 21.30
No Telpon(024) 3559928
Bayu Boy
04:57 12 Sep 20
Nasi gandul yg paling enak menurut saya.....
Heru Blackelf
05:31 19 Sep 20
Mantap ...porsi pas...rasa 👍👍
Ryanbakti Pranata
02:29 28 Aug 20
Rasanya enak, porsi sedikit, harga murah
sandy liga
03:40 16 Nov 21
Pertama kali berkenalan dengan nasi gandul, sekitar 15 tahun lalu di Warung Tenda jl Casablanca Jakarta. Karena setiap minggu mesti anter anak pertama saya yang alergi ke dokter Di Jl Surabaya-Jakarta. Nah, pulangnya sekitar jam 20 an kita selalu mampir makan diaitu. Kemudian sekian tahun kemudian setelah tidak ke dokter lagi, rupanya sudah kena gusur warung tenda tsb.Sekarang baru nemu lagi nih, nasi gandul Pak Memet di Semarang. Rasa kuah santannya gurih, apalagi dikunyah berbarengan dengan tempe kering celup kuah, daging sapi empuk dan terutama telor kecap bagian putihnya agak kenyal2.. saya suka sekali dengan telor seperti itu, tanda itu telor sudah direndam lama dalam kuah kecap.Pengunjung rame, yang konon kabarnya kalau hari sabtu atau minggu, buka jam 4 sore, jam 7 malam sudah banyak item yang habis, terutama bagian jeron.Jadi siap2 kalau mau berkunjung.. enak tenaaannn .. 👍👍
Shandy Indo
16:14 25 Aug 20
makan malam wajib yen nang semarang