7 Rekomendasi Pusat Oleh-oleh Jogja, Murah & Istimewa!

Salah satu kota di Indonesia yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan adalah Kota Yogyakarta. Hal ini dikarenakan kota tersebut memiliki banyak objek wisata yang dapat Anda kunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah hingga pusat oleh-oleh Jogja.

Ketika Anda berkunjung ke Kota Wisata ini jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Jogja yang dapat Anda dapatkan di beberapa pusat oleh-oleh Yogyakarta. Berikut ini akan kami bahas mengenai rekomendasi oleh-oleh khas Jogja yang dapat Anda bawa pulang.

  • Bakpia

Salah satu oleh-oleh yang sangat kental dengan Kota Yogyakarta yaitu bakpia. Bakpia merupakan makanan yang terbuat dari tepung dan kacang hijau yang menjadi isiannya. Makanan ini dapat Anda jumpai di berbagai pusat oleh-oleh Jogja.

  • Yanko

Selain bakpia, makanan yang menjadi khas oleh-oleh di kota wisata ini yaitu Yanko. Makanan Yanko merupakan jenis makanan yang berbentuk bulat lembut. Yanko memiliki tekstur yang lembut, manis dan kenyal seperti mochi.

Yanko adalah kue tradisional yang bahan utamanya tepung ketan. Yanko Jogjakarta mempunyai berbagai varian rasa seperti melon, mangga, coklat, durian dan masih banyak lagi. Harganya cukup murah sekitar Rp 20.000 per boxnya.

  • Salak Pondoh

Salak pondoh, buah yang mempunyai pohon berduri satu ini bisa menjadi oleh-oleh ketika berkunjung ke Jogjakarta. Kelezatan salak pondoh ini tidak perlu diragukan lagi, rasanya begitu manis segar dan telah diekspor hingga Selandia Baru.

  • Tiwul

Tiwul merupakan makanan khas Jogja yang terbuat dari singkong. Tiwul biasanya dimasak seperti nasi dan sering dijadikan sebagai salah satu kudapan lezat. Jika ingin dijadikan buah tangan, kamu dapat membeli tiwul instan yang disediakan di berbagai pusat oleh-oleh.

  • Wedang Uwuh

Wedang uwuh khas Yogyakarta ini merupakan salah satu minuman yang direkomendasikan untuk dijadikan buah tangan. Wedang Uwuh terbuat dari berbagai rempah-rempah alami seperti cengkeh, kayu manis, pala, serai, jahe ditambah gula batu atau gula pasir.

Wedang uwuh mempunyai beragam manfaat untuk mengobati penyakit masuk angin, batuk, pegal linu, perut kembung dan masih banyak lagi. Wedang uwuh menjadi oleh-oleh khas Jogja, selain bermanfaat rasanya juga nikmat.

  • Kaos Oblong

Selain makanan, oleh-oleh khas dari Jogja juga bisa berupa kaos oblong yang bermotif khas Jogja dengan kalimat dan kata kata yang menggelitik dan unik. Kaos oblong khas jogja ini sangat cocok sebagai buah tangan atau kenang-kenangan dari Jogja.

Ketika Anda ingin membeli berbagai jenis oleh-oleh khas Jogja, maka sebelum membelinya sebaiknya Anda memperhitungkan budget yang Anda miliki. Setelah itu, Anda perlu mengecek tanggal kadaluarsa makanan dan juga bentuk kemasan.

Kemasan yang telah mengalami kecacatan, maka sebaiknya jangan Anda tukar dengan produk yang memiliki kemasan lebih baik. Karena biasanya makanan khas daerah itu bertekstur basah dan harus disimpan ditempat yang kering dan tertutup rapat agar awet.

Hal tersebut bertujuan agar Anda dapat membeli oleh-oleh yang tepat dan tidak mengecewakan ketika sampai dirumah. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan ukuran oleh-oleh yang akan dibawa agar tidak mengganggu perjalanan Anda menuju rumah.

Dari beberapa pusat oleh-oleh yang tersebar di Jogja, tidak semuanya menjual barang dengan harga yang standar. Oleh karena itu, ada beberapa referensi pusat oleh-oleh Jogja yang terkenal dengan kelengkapan barang dan harga yang standar.

7

Mamahké Jogja

Mamahké Jogja
AlamatKT 1 329 Kraton, Jl. Taman, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 08.00 – 21.00
No Telpon0811-8063-080
Itsna Amaliatun
22:05 30 Aug 20
Enak.. harganya 50an ke atas
Nunuk Ambarwati
05:52 02 Nov 21
Sering lewat tapi jarang mampir. Jadi tahu banget sejak buka pertama sampai renovasi yang sekarang. Bahkan ada menu kopinya juga. Memang lebih asyik yang sekarang setelah direnovasi. Renovasi nuansa yang senada dengan tempat wisata Tamansari (sebelah utaranya).Memang lokasi Mamahke deket banget dengan tempat wisata Tamansari dan Alun Alun Kidul. Jadi bisa sekalian hangout.Harga cake Mamahke nya sekitar Rp 60rban. Kalau menu minumannya sekitar Rp 20rb an. Tadi sih cuma take away, belum dine in. Kapan kapan ngopi nyore disini lah. Meski buat parkir kendaraan roda 4 agak mikir ya, karena lokasinya terbatas. Kalau roda 2 masih bisalah.
Agus Mulya
02:09 27 Feb 22
Alhamdulillah. Allah sampaikan perjalanan ke Jogja lagi.Sore sore saat hujan seperti ini memang perut sedang lapar setelah turun dari Sleman. Ke Alun alun aah. Dan kami mampir kesini.Dari luar konsep nya memang khas Jogja banget.Interior juga unik dan yang tak kalah adalah servicenya.Setelah order, menunggu beberapa saat dan alarm tanda pesanan sudah siap yang kami pegang berbunyi.Well, waktunya pulang.Hujan lebat . Alhamdulillah ada pak juru parkir yang dengan sigap dengan payung mengantar ke mobil.Setelah di buka, burger bleger Mamahke memang top.Apakah akan buka di tempat lain???Sepertinya tdk.....(tidak tahu) maksudnya!!Semoga bermanfaat!
Lensa Riska
10:26 01 Feb 22
Salutt dan keren banget buat mamahke..konsep cafenya unik, ada library dan spot foto instagramable.Paling keren adalah pegawainya (kasir). Beliau saaaangat ramah, friendly, dan hafal nama nama konsumen loh. Jadi ngena di hati banget kan klo dipanggil nama kita dari awal pesan, pelayanan, sampai pulang say goodbye nya pakai panggil nama.Menu blegernya recomended banget.. enak, bumbu saus nya nikmat, tidak eneg.Kapan kapan smoga bisa ksni lagi bonus ktmu bia n fams
Mamaliem Aliem
12:48 14 Nov 21
Rasanya enak semua, harga terjangkau...tp spageti ukuran segitu kemahalan mnrt aku.Hari ini minggu 14 nov 2021 jam 5 sore an,, dilayani " karyawan cwe yg ga ramah "..trs kita dikasih pesanan yg tyt milik org lain...pdhal alat kita dh bunyi tulit2 dan ada nmr antriannya..

6

BAKPIAKU Gajah Mada (pusat)

BAKPIAKU Gajah Mada (pusat)
AlamatJl. Gajah Mada No.60, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55112
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 07.00 – 22.00
No Telpon(0274) 552739
Annas Makruf Haifani
04:46 11 Sep 20
Mantul.. Rasanya enak
Atr b
05:14 02 Sep 20
Bakpianya mak nyus...
Warih Utami
02:26 28 Jan 22
. kemarin waktu saya ke sana.agak susah mencarinya.maklum bukan penduduk asli.gimana kalau saya usul buka di tempat yg gampang di cari org.(maunya saya)utk rasa memang beda dgn bakpia yg lain.harga juga rada beda tapi memang anak saya pada suka.👍👍
Vinie Budi
15:06 14 Dec 21
Agak tak terlihat dari jalan. Tapi gak papa thoooowwwww yang penting kita su tau tempat. Jadi tidak bakal nyasar. Rasa masih tetap seperti dulu, berarti mereka benar 2 menjaga resep ini dengan baik.

5

( BW ) Batik Dan Bakpia Wong Jogja

( BW ) Batik Dan Bakpia Wong Jogja
AlamatJl. HOS Cokroaminoto No.149, Tegalrejo, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55244
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 08.00 – 21.00
No Telpon0818-1888-8863
Asia Tour Jogja
00:12 30 Aug 20
Wisata di jogja, jangan lupa kesini, sangat komplet
Tamu Negara
06:37 19 Jan 22
Hi! Reviewer Gabut hadir disiniKali ini saya akan mereview kunjungan terakhir saya di ( BW ) Batik dan Bakpia Wong Jogja kemarin laluSebenernya ekspektasi saya tempat ini hanya tempat jualan Bakpia Kukus, namun ternyata di dalamnya sangat lengkap. Terdapat oleh-oleh khas Jogja mulai dari makanan, batik, handcraft dari umkm jogja dan masih banyak lagiYuk cusss meluncur ....Lokasinya berada di Ring Road Utara kalo ga salah, pakai aja google maps udah pasti ga nyasar soalnya titiknya juga pas banget.Parkiran luas, bisa menampung 7 Bus besar berjejer, untuk kendaraan roda empat saat lengang kemunginan bisa hingga 25 kendaraanakMasuk eh sebelum masuk wajib scan peduli lindungi dulu yayk, jangan lupa mencuci tangan dan minimal menggunakan hand sanitizerTempatnya nyaman, hanya saja sedikit crowded karena saat kami berkunjung, datang 6 rombongan bis besar waaaawwwwKami langsung menuju ke Bakpia Kukus "PIKACHU" karena memang inilah alasan utama kami kesini, karena anak saya yang paling ganteng seneng banget ama Bakpia PIKACHUPelayan toko sangat bagus dalam melayani kami, mereka juga menawarkan untuk mencoba tester dari bakpia kukus dan bakpia yang oven.Kami serombongan 5 orang langsung berpencar. Mamah dan istri saya langsung menuju tempat Bakpia, Papah saya nyari oleh-oleh kaos, sedangkan anak saya langsung memainkan handcraft berbentuk pesawat yang dipajang di etalseBakpia Pikachu harganya sangat masuk di kantong antara hanya 45 rb (untuk isi yang 10 biji) dengan 2 varian rasa keju dan cokelat.Untuk bakpia oven Papah saya memilih varian rasa kacang ijo
Shalahuddin Abdullah
10:58 05 Mar 22
BW ini merupakan salah satu tempat oleh-oleh di jogja yang menarik untuk dikunjingi, karena disini ada berbagai macam olahan bakpia khas jogja dan berbagai jenis makanan camilan lainnya, selain itu juga disini ada macam-macam baju batik khas jogja dan kaos. Untuk harganya bervariasi ada yang murah ada pula yg cukup mahal tergantung barangnya. Disini juga disediakan toilet.
Andra
06:57 05 Mar 22
Tempat belanja nya nyaman, bersih dan harga terjangkau..Disini ada bakpia kukus juga, terus kalau bakpia wong nya disediakan tester jd bs icip2 dulu sebelum beli..😍
dea Lrnt
14:17 20 Sep 21
bersihbakpia nya enak.salah satu tempat oleh2 milik artis recommended di jogja.cuma kebersihan toilet bisa lebih d tingkatkan lagi

4

Bakpia Kukus Tugu Jogja – Stasiun Lempuyangan

Bakpia Kukus Tugu Jogja – Stasiun Lempuyangan
AlamatBausasran, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55211
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 06.00 – 21.00
No Telpon
Anak Rantau
08:00 09 Sep 20
Bakpia yg seperti apam pakai isian keju atau coklat
Rahma Artika
01:31 31 Aug 20
Pelayanan ramah... Varian lumayan banyakk yg ready
cha
09:28 05 Dec 21
Dari segi rasa ya standard siCuma lebihnya dia bisa tahan lama ajaCuma untuk tempat, Krn lokasi kecil dan cuma bisa maksimal 2 org doang. Sarannya sih mending taruh menu di luar pintu jg, jd yg antri bisa sambil mikir2 mau beli varian apa jd pas masuk langsung transaksi ga perlu mikir2 lama gtuYa kl buat tanya2 okela setidaknya bisa mempercepat proses transaksi jd ga numpukkkk

3

Hamzah Batik

Hamzah Batik
AlamatJl. Margo Mulyo No.9, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 08.00 – 23.00
No Telpon(0274) 588524
Ari Pramono
00:35 20 Oct 21
Hamzah Batik tempat yang menjual beragam kerajinan batik yang murah dan kerajinan tangan lainnya seperti mainan anak, sculpture patung dan makanan atau minuman khas Jawa. 😍- Di Hamzah Batik mengenai Protokol kesehatan sudah dilengkapi petugas pemeriksaan yang ada di depan pintu masuk dan selain petugas keamanan adapun tokoh mas/mbak layaknya abdi keraton yang menyambut anda 💁💁‍♀️💂‍♀️💂‍♂️- Fasilitas fasilitas penunjang sudah begitu lengkap seperti sebagai berikut.1. Toilet🚾🚻2. Tempat penitipan barang 📦🛅3. Ruang tunggu bagi keluarga yang setelah jalan-jalan dan ingin menunggu diluar dapat menunggu di dekat pintu masuk 🛋️4. Lift/tangga 🛗5. Papan harga dan informasi lokasi penjualanℹ️6. Alat Prokes😷7. Cafe atau kedai ☕- pelayanan disini sudah sangat excellent keramahtamahannya dan baik- Overall belanja disini sangat lengkap dan ada rasa pengen balik lagi tiap pengen belanja dan tingkatkan lagi ❤️😍
Parluhutan Harahap
10:48 25 Jan 22
Ini tempat lengkap banget kalau ingin mencari oleh2 khas Yogyakarta. Hampir 95% barang yg dijual di sepanjang jalan Malioboro ada di tempat ini. Jadi kalau waktu kita terlalu sempit utk berjalan sepanjang Malioboro. Ke tempat ini menjadi alternatif yg utama. Harga ngak beda jauh dg harga kaki lima di jalan Malioboro, apalagi bila anda TDK pandai menawar.Toilet dan musholah tersedia apik. Ada kamu yg di jual murah. Beras kencur, kunyit asam dijual Rp 3.000 utk satu batok kelapa. Kita aja sampai minum 3 batok. Mantap benar rasanya. Bisa juga dibawa pulang dengan harga Rp 10.000 per botolnya.Barang antik juga tersedia di toko ini ada yg asli dan ada juga yg replikanya.Kalau sdh mampir di Hamzah Batik sebaiknya jgn lupa mampir di tempat makan Raminten ( nama Hamzah saat berperan sebagai wanita). Biar lengkap rasa Yogyakarta nya. Apalagi kalau nginapnya di Grand Inna Malioboro.....wah makin lengkap tuh menikmati suasana Malioboro nya.
khoir umi Laksana
00:06 06 Jan 22
A lot of things.. suka banget si tempatnya benar-benar masih tradisional dan aesthetic. Cari apa aja disini ada, aku Nemu barang2 unik disini pengen borong wkwk. Koleksi baju batik nya juga lengkap dari yg murah hingga yg mahal. Cuma menurutku untuk koleksi couple atau sarimbit masih perlu ditambah nih.. di lt 1 juga bakal nemuin aneka jamu, rempah, buat mandi, lulur, masker, kopi, rokok tentu saja yg unik2 dan yg lainDi lantai dua merupakan favorit ku, banyak barang2 unik, aksesoris, patung, hingga perabot lucu2, ada tas dan sandal juga. Dan di lt 3 bakal ada busana muslim, mukena, sajada hingga restauran.Kalau kalian beruntung ada pagelaran tari gratis juga loh. Oh ya jangan kaget juga disini saat masuk hingga lt 3 aroma nya bakal khas dupa bgt wkwkTidak ada foto si karena sibuk cuci mata wkwk
yon chan
13:37 02 Mar 22
Siapa yang tidak mengenal tempat ini. Dahulu, orang mengenalnya dengan Mirota Batik. Berlokasi tepat di depan Pasar Beringharjo, Hamzah Batik menawarkan berbagai jenis produk batik baik berupa kain maupun pakaian. Tidak hanya itu, produk kriya lainnya juga terdisplay untuk dijual. Ragam ini diantaranya nampan kayu, peralatan makan dari kayu, payung kertas dan masih banyak lagi. Produk-produk ini ditempatkan di lantai 1 dan lantai 2.Di lantai 3, kita bisa menikmati hidangan lezat dari Raminten Resto n Cafe. Sajian menu lokal dan western tersaji di sini. Jika anda berkunjung di hari Jumat atau Sabtu, jangan lewatkan pula sajian cabaret show yang sangat bagus dan menghibur, dimulai pukul 19.00 sampai 21.00 dengan harga tiket sebesar Rp50.000,-
ningida
01:48 19 Dec 21
Pusat oleh-oleh dan hiburan di ujung jalan Malioboro. Sejak pertama mampir di tahun 2019, tiap ke Malioboro selalu mampir ke Hamzah Batik. Tempatnya luas banget (tiga lantai). Barang yang dijual sangat lengkap. Mulai dari batik, kain, daster, snack, jamu, perabot kayu, aneka pajangan, lukisan, dsb. Sangat lengkap. Tiap barang ada label harganya. Kualitas barang yang dijual baik. Harga bervariasi. Dari yang murah, medium sampai mahalpun ada. Tinggal menyesuaikan kemampuan pembeli saja. Suasana sangat nyaman dan homey. Nuansa Yogyakarta kental. Pelayanannya sangat baik. Banyak pramuniaga yang siap membantu ketika dibutuhkan. Mereka bukan tipe pramuniaga yang akan ngintili (ngikutin terus) pembeli. Tapi selalu ready ketika ditanya dan dimintai tolong. Di lantai satu ada aneka baju batik, kain, sprei, aneka cemilan, jamu gendong dll. Di lantai dua ada aneka perabotan dan pajangan seperti lukisan, patung, dll. Lantai 3 ada Kabaret Ruminten, mushola, aneka perabot kerajinan tangan dan baju anak. AC dingin. Sangat nyaman. Pembayaran bisa tunai ataupun non tunai. Belanja via WA pun bisa. Nanti akan dibantu oleh personal shopper mereka. Kalo bisa kasih bintang 10 atau 100 pasti bakal tak kasih buat Hamzah Batik Malioboro.
Perindu Syurga
09:43 13 May 22
Assalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,Bismillahirrahmanirrahim ...Hamzah Batik adalah salah satu toko yang sangat recomended di Jogja untuk mencari berbagai oleh - oleh berupa kerajinan / handycrafts.Terletak di jantung kota Jogja tepatnya di Jl. Malioboro menjadikan lokasi ini mudah dijangkau dari mana saja.Akses menuju dan dari tempat ini banyak tersedia sarana transportasi umum. Seperti Bis Kota juga Taksi.Bisa juga bagi yang pengen santai menggunakan moda transportasi Andong atau Becak.Apabila pengunjung memang stay vacation diseputaran Malioboro, loakis Hamzah Batik mudah dituju dengan melenggangkan kaki saja.Yaah, sembari mencari keringat dan sight seeing disepanjang Jalan Malioboro.Hamzah Batik Malioboro tak semata menjual Kerajinan atau Handycrafts, namun sesuai namanya juga menjual berbagai jenis dan model pakaian dari bahan bercorak Batik.Berbagai jenis pakaian anak atau remaja bahkan dewasa dapat kita temukan disana.Belanja Cerdas dan Borong Habis tuh dagangan Hamzah Batik ...Selamat Berbelanja dan Borong Ria ya ...

2

Pabrik Bakpia Pathok 25

Pabrik Bakpia Pathok 25
AlamatJl. Karel Sasuit Tubun No.504, Sanggrahan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 06.00 – 23.00
No Telpon(0274) 566122
syasi syafira
05:42 20 Sep 20
Favorit untuk berburu oleh-oleh Jogja karena frash from the oven. Masih panas
Fatur Rakhman
01:50 01 Sep 20
Mantaaapppp daahhh...setiap ke jogja pasti beli nya dsini...
Muhammad Hasan
01:48 13 Sep 20
Mantul masih hangat bakpia nya..Karena langsung di buat ditempat.
META NIRMANA
16:10 10 Sep 20
Pabriknya ya gi sini, sebelum outlet lainnya buka
mery agustina
07:37 10 Sep 20
Karena saya suka Bakpia Pathok 25 dan juga Aulia sari

1

Pasar Beringharjo Yogyakarta

Pasar Beringharjo Yogyakarta
AlamatPasar Beringharjo timur Lt. 3, dekat parkiran, Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 08.30 – 21.00
No Telpon
Naning Sutoto
08:12 13 Sep 20
Dagangan yg dujual sangat murah,pedagangnya sopan n ramah2
Deden Setiawan Jabar
03:08 13 Sep 20
layanan ramah. pasar bersih protap kesehatan ketat terjaga
Rizky Amaliana
13:09 16 Sep 20
Ga serame dulu sebelum covid. Biasanya umpel"an
Sipoer Putune Mbah tomo
13:36 09 Sep 20
Semakin rame aja semoga aman selanjutnya di masa pademi ini
Led Sakulla
04:27 13 Sep 20
Tetap waspada saat pandemi, belanja membangkitkan perekonomian jogja