Kuliner Malam di Jogja

Siapa tak kenal Jogja, kota yang menyimpan banyak pesona dan rugi untuk dilewatkan saat liburan ke kawasan Jawa Tengah dan sekitarnya. Ditambah pula kuliner malam Jogja yang sangat terkenal, bukan saja di Indonesia tapi sampai mancanegara.

Sebagai salah satu daerah istimewa, Jogja yang sudah ada sejak lama ini memiliki banyak makanan khas yang tidak akan dijumlah di tempat lain. Namun, berhubung jumlahnya sangat banyak perlu diketahui apa saja tujuan Anda berwisata kuliner di sana. Berikut beberapa tujuan berwisata kuliner di jogja:

  • Makanan Khas

Kebanyakan tujuan orang mencari kuliner di Jogja adalah untuk mendapatkan sesuatu yang khas, tidak ditemukan di daerah lain. Jogja punya banyak makanan tradisional dan tidak ditemukan di tempat lain.

Ada yang berupa cemilan dari bahan-bahan khas lokal hingga makanan utama untuk disantap saat malam hari atau ketika hari hujan. Dari pinggiran kota sampai pusat kota yang banyak sejarahnya itu, Anda bisa menemukan makanan tersebut.

  • Legendaris

Kalau mencari kuliner legendaris, Jogja memang salah satu juaranya. Makanan yang sudah dilestarikan ratusan tahun saja masih tersedia, kebanyakan dijual oleh sesepuh dengan citarasa yang tetap terjaga.

Ada juga kuliner malam Jogja legendaris yang memang hanya ada di malam hari, kemudian lokasinya juga tidak terlalu banyak. Sehingga perlu sedikit usaha untuk menemukannya, ketika Anda memang penasaran dengan bentuk dan rasanya.

  • Sambil Menikmati Suasana Kota

Berjalan di malam hari menelusuri kota Jogja, merupakan salah satu cara menghabiskan waktu berlibur. Ditemani kuliner tepi jalan, tentunya akan memberikan kesan tersendiri bagi Anda dan orang-orang terdekat.

Ditambah pula makan sambil duduk lesehan mendengarkan musik dari para musisi jalanan. Selain perut kenyang dengan menu-menu cemilan tradisional yang tersedia, telinga juga nyaman mendengar berbagai genre lagu yang dinyanyikan.

Jika tujuan wisata kuliner memang untuk menikmati suasana kota, sebaiknya mulai hunting saat matahari tenggelam di jalanan kota pelajar tersebut. Tinggal pilih, mau makan sambil nongkrong gratis atau membawa makanan cemilan sambil melanjutkan perjalanan.

  • Mencari Makanan Unik

Salah satu alasan orang untuk berwisata kuliner adalah mencari makanan unik apa saja di sebuah daerah dan tentunya berbeda dari yang ada di daerah asalnya.

Jogja punya banyak makanan unik, bukan saja di pusat kota tapi juga di berbagai daerah pelosok. Di mana pecinta makanan harus berjuang ke lokasinya, hanya untuk bisa mencicipi rasa otentik makanan tersebut.

Contohnya saja makanan yang ada di kaki merapi atau Gamping. Di mana hanya bisa ditemukan disana pada waktu-waktu tertentu. Jika kurang beruntung, hasrat untuk mencicipinya tidak akan tersalurkan.

Pastinya sangat banyak kuliner malam yang siap Anda cicipi. Oleh karena itu, kami sudah menyiapkan 10 kuliner malam Jogja yang harus masuk daftar wajib dicoba. Pastinya kuliner ini disukai oleh banyak orang dan menjadi salah satu pilihan saat ke Jogja.

10

Oseng-oseng Mercon Bu Narti

Oseng-oseng Mercon Bu Narti
AlamatJl. KH. Ahmad Dahlan No.107, Notoprajan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55262
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 16.00 – 23.00
No Telpon0878-3998-1903
Suerzo Jojo
17:36 13 Sep 20
Suasana enak pinggir jalan..lesehan..tapi pedesssnya polll tenan
fauzan ananda
06:47 13 Sep 20
Sangat enak dan no 1 di Jogja jadi gw suka bagt
dwi angga
16:05 08 Sep 20
Ibuke gokil.. Di jak julid lur...
bayu samudra
11:46 19 Sep 20
bagi pecinta pedas..silahkan dicoba 😂 kalau saya tidak kuat pedasnya nampol
Bagaskara Wahyu P.P
04:55 05 Sep 20
Masakan nya nikmat, oseng nya pedas gurih.

9

Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg Mercon Bu Tinah
AlamatJl. Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 19.00 – 01.00
No Telpon0818-0418-7537
Arini Poetri Diningrat
00:42 19 Nov 21
Selalu mampir kesini karena suka aja sama rasa gudeg pedasnya...tapi kalau order makanan disini cukup pakai telur sama gorengan aja... karena kalau tambah ayam dll harganya cukup mahal ya dan pasti bikin kaget hehe btw sudah beberapa kali juga kesini.
maniax wisata
03:21 07 Oct 21
Penjualnya ketus, porsi sedikit dengan harga segitu dibanding sebelah...semoga besok yg jual bisa lebih ramah lagi cerminan warga Jogja asli 🙂
Yolenta Marganingsih
12:45 08 Nov 21
Pertama kali kesini langsung pesan gudheg pedas... dengan lauk sate daging, kulit, dan tempe mendoan...Bukan tipe gudheg yang medok...Pedesnya boleh dicobaa... mendoan dan satenya bisa dicoba karena masih juicy begitu😁
desy widya
03:15 22 Sep 21
- Rasa : enakk pedesnya- Harga : ramah dikantong- Tips : dateng awal, biar ga antri belakang bgt, bawa minum sendiri datengnya agak lama

8

Sop Kaki Kambing Bang Udin

Sop Kaki Kambing Bang Udin
AlamatJl. Cik Di Tiro No.29, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 17.00 – 23.00
No Telpon0818-469-508
Tj Prastowo
22:19 30 Aug 20
Sop Kambing d jogja??? Yaaaa bang Udin👌👌
neni herawati
06:47 24 Aug 20
Mantap bngt sop kaki kambingnya kumplit menu kambingnya
Tommy Galih Gumilang
02:06 11 Sep 20
Selalu ramai setiap malam nya
siwitink 31
06:53 10 Jun 21
Enak, kuahnya ak suka enak soalnyaaa, dagingnya enggak amis dan empukkkkk, pelayanan ramah, ambil minimal 5 potong buat aku kebanyakan. Mungkin lain kali bisa ya sop nya 1 nasinya 2 buat 2 orang gitu 😂

7

Nasi Godog Pak Pethel

Nasi Godog Pak Pethel
AlamatNgaglik, Pendowoharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55186
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 19.00 – 00.00
No Telpon0852-2504-0597
Jessica Christianingtyas Sihwinanti
14:39 29 Sep 21
Warung sederhana di pinggir sawah namun cukup nyaman untuk dine in. Buka pukul 7 malam namun dipastikan sudah ada antrian sebelumnya. Jika tidak ingin menunggu terlalu lama bisa pesan terlebih dahulu melalui telepon. Di sini tidak hanya menjual sego godhog, ada juga nasi goreng, mie godhog dan mie goreng, serta magelangan. Tapi yang banyak diminati dan menjadi menu andalan di tempat ini adalah sego godhog. Semuanya dimasak masih menggunakan anglo dan arang sehingga aroma dan rasanya khas. Satu porsi sego godhog disajikan dengan mangkok berukuran cukup besar dan sepiring kecil irisan kubis/kol beserta irisan timun. Sebaiknya datanglah atau nikmatilah saat perut benar-benar lapar karena porsi yang disajikan cukup besar, hehe. Rasanya sangat nikmat, apalagi dinikmati saat Jogja sedang dingin😉
Wahyu Handoko
01:35 01 Jul 21
tempatnya luas dan nyaman...natural banget suasana di rumah menu makan nya juga enak porsinya besar..juga penyajiannya cepat..soalnya masak pakai kuali tungku 3 jadi kalau rombongan dateng penyajain cepat..lokasinya juga asri dari jalan raya masuk kampung dikit jadi suasananya tenang..ada suara jangkring dan kodok soalnya deket juga sama persawahan ...markotop pokok e
Indi Suryanto
16:18 04 Sep 21
Menang murah dan panas, bagi yg gak sabar nunggu dingin, pinjam piring aja biar cepat dingin.

6

Soto Sampah

Soto Sampah
AlamatJl. Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 07.00 – 03.00
No Telpon0818-0404-9686
Klaudius Liasta
21:57 06 Nov 21
Pilihan makanan murah meriah di malam hari. Ada dua pilihan makanan, nasi rames dan soto sampah. Keduanya memiliki rasa yang enak, namun nasi rames menjadi favorit saya. Keduanya dapat ditambahkan dengan hidangan gorengan yang telah disediakan. Dari segi harga sangat ramah di kantong mahasiswa. Salah satu destinasi wisata kuliner dengan harga terjangkau.For more review/info, follow ig @klaudiusls 👋
Lia Yuni Winarsih
00:34 19 Oct 21
Makan tengah malam, habis hujan..Enak banget...Porsi nya ga gede2 amat tapi nampol..Harga relatif..Bakwannya sama kayak bala bala jakarta...
Shafira Apriliani
05:27 28 Sep 21
Rasa sotonya enak dengan kuah kuning. Perorang habis sekitar 10-15 RB saja sudah termasuk minum dan side dish tempe goreng. Kalau malam dan anda beruntung dapat menikmati sajian musik jalanan yang tiba-tiba mampir.
Candra Putra
12:02 27 Oct 21
penyajian nya terlalu lama dan tidak tahu pelanggan yang datang lebih awal sebelah mana. saran nih ya, mungkin ditambahkan pegawai, dan diberi nomor antrian.untuk rasa masih seperti dulu, masih enak

5

Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg Bromo Bu Tekluk
AlamatJl. Affandi No.2-A, Santren, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 23.00 – 05.00
No Telpon(0274) 545547
elysia santie
11:36 30 Aug 20
Sensasi antri nya bikin makan tmbh nikmat 😄👍
Lisa Amandani
15:44 25 Aug 20
Porsinya banyak, yang cari gudeg basah ini salah 1 recommend tempat makan gudeg basah. Harga terjangkau.
Klaudius Liasta
21:49 06 Nov 21
Ga ke jogja namanya kalau belum nyoba yang satu ini. Taste gudegnya rada beda dari biasanya. Buat yang ga terlalu suka manis, ini bakal jadi pilihan yang tepat. Pilihan lauknya banyak dan enak-enak. 🤗Dari belum buka biasanya udah antri, kalau aku biasanya dateng diatas jam 1 biar agak sepi dan lebih nikmat makannyaa.😎For more review/info, follow ig @klaudiusls 👋
Wong weng
01:49 04 Oct 21
Dapat orderan goshop jam 00:52 malam, lain kali tolong diperhatikan lagi, dapat orderan hp tak kasih ke penjual di note juga sudah ada jangan di kasih kuah krecek sama kreceknya. Tapi tetep masih di kasih, alhasil dapat jackpot. Bungkus orderan udah terlanjur dikasih kuah krecek diambil lagi, harusnya ganti baru, keselahan di resto driver yang dapat imbasnya. 😅. Di baca catatan : DI BACA NOTENYA MAS
Rio Andrika
13:16 05 Nov 21
Setelah ber tahun tahun tinggal dijogja, baru bulan kemarin ber kesempatan makan gudeg hitz ini. Dan ternyata se enak itu apalagi keripik or tempe gorengnya, enak no debat banget. Ingat kalau kesana sebelum jam 22.00 ya. Walaupun baru buka sekitaran jam segitu, to antriannya udah panjang…

4

Sego Koyor Bu Parman

Sego Koyor Bu Parman
AlamatJl. Brigjen Katamso No.111, Prawirodirjan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55121
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 22.00 – 03.00
No Telpon
F. Eka S.
06:41 30 Sep 21
Harga standar. Porsi sedang. Tapi rasanya luar biasa. Bagi penikmat cita rasa manis sih khususnya. Tapi ubo rampe (side dish nya) kurang variasi. Pelayanan cukup ramah.
Lana Pranaya
09:51 19 Oct 21
Selalu pas untuk mampir ketika tengah malam lapar dan menginginkan makanan yang sedikit "berat". Koyornya gurih, condimetnya lengkap dan tehnya enak
Ie Lien
19:06 11 Nov 21
Koyornya beneran urat, tp rasa masakannya biasa aja, bukan ngga enak, tp kurang mantap. Ada babat juga.
Rendy Rendy
18:28 20 Aug 21
Mantap pak kalau di makan di situ jos karna panas kalau bawa pulang yg tidak deket situ koyornya kembali alot..pokonya mantap pak
beige
06:22 02 Nov 21
rasanya ok agak terlalu manis buat aku, porsi cukup, penyajian cepat, sambalnya pedes,harga affordable

3

Sate Taichan Senayan Yogya

Sate Taichan Senayan Yogya
AlamatHotel Chandra Dewi, Jl. Kolonel Sugiyono No.19C, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 16.00 – 23.00
No Telpon0818-198-891
Edwin Gandawijaya Ψ
15:12 28 Aug 21
Pas PPKM masih buka wkwk favoritku paket sate taichan + nasi rica nyam nyam pedesnya mantap rasanya selalu konsisten nggak pernah berubah. Sayang kalo dibungkus atau pake gojek jadi keliatan kecil walaupun sebenernya ukuran sama aja sih wkwkw!
Dyah Intan Artika
04:21 15 Oct 21
tempat ter pewe buat makan taichan😭😭 suka bgt sm taichan disini daging nya gede2 dan empuk pulaa, sambel nya jg mantep bgt pliss dulu ada spot buat kalo mau nambah sambel/micin nya, skrg udh ga ada mungkin karna pandemi kali yaa😭😭
RumahFDD Homestay
08:43 06 Nov 21
beli sate taichan selalu di sini, karena yang pasti enak dari segi sambal tekstur ayam nya, harganya juga terjangkau... 20rb dapet 10 tusuk.. tempat nya juga cozy banget,, enak buat nongkrong... jadi spot foto juga oke. ada layanan shopee food, go food juga... sukses terus
23 Abid
13:27 23 Jul 21
Dengan berat hati saya menulis ini.. terlepas dari rasanya yang saya akui memang enak.. tapi hari ini saya pesen melalui gojek sate ayam + kulit bahkan tanpa nasi yang memungkinkan di bungkus plastik nya terdapat perekat plastik ternyata saya memesan tanpa nasipun di dalam kulit nya ada 2 isian alat perekat seperti menyatu didengan sate kulitnya dan ikut terbakar.. saya gatau kenapa bisa ada hal seperti itu di makanan saya.. saya sebagai konsumen sedikit kecewa.. karena saya menelan satu isiannya.. dan untunglah satu lagi masih bisa saya temukan di sate kulitnya.. saya sangat memohon kepada pihak sate taichan senayan agar lebih memperhatikan hal" kecil seperti ini kedepannya.. agar tidak ada konsumen yang merasa dirugikan lagi.. namun tidak apa apa.. saya tetap kasih bintang 4.. karena saya memang suka satenya dan sering beli disini.

2

Angkringan Kopi Jos Lik Man

Angkringan Kopi Jos Lik Man
AlamatPasar Kranggan, Jl. Poncowinatan No.7, Gowongan, Jetis, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55232
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 16.00 – 01.00
No Telpon0882-1670-6744
Syahquita Zia Maulida
13:22 12 Sep 20
Mlipir dikit biar sama kayak yg lain
Muhammad Rossi
16:23 28 Aug 20
MANTABBBBB ANGKRINGAN LIK MAN JOZZ
khoir umi Laksana
11:52 31 Oct 21
Tempat nya nyaman, pilihan sate2 an banyak dan enak, ramah banget... Next pengen coba yang tape ketan..Harga...? Ya lumayan si, berdua 30 RB an😁
Sahlan Latif
07:11 22 Oct 21
Lokasi baru yang lebih nyaman. lebih luas dan bersihLetaknya di sisi utara-barat Pasar Kranggan. Dekat dengan Tugu.Nasi kucing dan aneka satenya mantap. Must try
randy soebektı
16:30 25 Sep 21
Rasa kopi jossnya nikmat (buket cara orang Jawanya), tempat duduknya banyak, harganya terbilang murah, nasi kucing dan jajanannya juga banyak pilihannya.

1

Sate Klathak Pak Pong pusat

Sate Klathak Pak Pong pusat
AlamatJl. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791
Google MapsKlik di sini
Jam bukaSenin – Minggu = 09.00 – 23.30
No Telpon0811-2645-251
bambang irawan
12:53 15 Sep 20
Tempat yg rekomen buat yg suka kambing...
Sulis Tiawati
15:46 20 Nov 20
Saya dan rombongan keluarga belum lama ini datang langsung ke tkp mau kulineran sate lah ya. Sampai di tkp itu kira2 jam 20.30.. Kebetulan waktu itu tempatnya memang rame hujan deres bgt pake petir, waktu pesen menu juga dikasih tau kalo nunggu kurleb 1 jam, ya its ok namanya juga tempatnya udah terkenal kebetulan juga kesana nya pas weekend. Di tengah2 nunggu pesanan dateng malah mati lampu singkat cerita udah hampir jam 22.00 lampunya masih belum nyala, pesanan juga ga dateng2 akhirnya saya tanya ke pihak resto masih berapa lama lagi? Katanya 45 menitan itu pun masih kurang yakin dan ditambah sempet denger dari pelanggan lain kalau genset di resto bermasalah jadi terhambat mau masak utk pesanan. Menurut saya harusnya pihak resto lebih bisa mensiasati bagaimana caranya tetap bisa masak meskipun mati lampu, atau bisa menyediakan genset serep.Nggak ada pilihan lain akhirnya pun saya dan keluarga memutuskan pulang dan cancel pesanan, karena daripada harus nunggu lagi tapi ga pasti ☺️. Padahal sate dan tongseng disini terkenal enak dan sesuai selera saya. Hanya saja sedikit kecewa dengan manajemen restonya. Saya nggak bermaksud membuat citra resto ini turun, hanya mau memberi ulasan dan saran untuk kedepannya mohon diperbaiki lagi supaya tidak ada lagi pelanggan yg dikecewakan. Saya memaklumi itu keadaan yg sangat urgent dan terjadi kesalahan teknis, tapi tidak ada salahnya meningkatkan kualitas pelayanan demi kepuasan pelanggan. Mohon maaf dan terimakasih 🙏
Salam Hidayat
04:06 03 Sep 20
Tempat nya nyaman utk santai dan makan siang/malam keluarga..
Firas Dalil
06:33 11 Nov 20
Sate hewan langit!! enak parah! bagi gua, ini berasa lo makan steak sob, ga bau dan ga bikin eneg, mungkin lo yang gak suka kambing karena baunya dan alotnya bakal suka sama sate ini. Karena si bau dan alot itu sama sekali ga ada meskipun potongannya gede-gede. Btw tongsengnya juga enak, ga pelit dagingnya. Tapi tongseng disini cenderung manis, tapi yang penting enak kan wkwk. I just like it, probably best satay i've ever had which is the only satay i've ate that use iron sticks lol.oh iya, harus sabar ya gaes karena pelanggannya membeludak wkwk waktu itu malam weekend kesini gua harus nunggu 1jam untuk satenya (meskipun ketika mesen udah diingetin kalau antriannya banyak dan kira2 bakal nunggu selama itu) sempet kesel sih, tapi dengan rasa yang seenak itu +harganya yang cukup terjangkau, its worth it for me.Saran : ajak temen yang asik supaya ga bengong pas nunggu wkwk 😂+ seandainya sate 2 tusuk atau sepiring menu lainnya menurut lo itu kurang, lebih baik pesen lebih dari 1 porsi (1 porsi itu isinya 2 sate yang isinya potongan daging gede2, kira2 1/2 ukuran rendang yang biasa lo beli di warung. dalam satu tusuk itu ada beberapa potong, lupa brapa banyaknya) karena semisal kalian mau tambah, ya artinya harus antri lama lagi, bengong lagi.
Eldwin Daniswara
03:34 11 Sep 20
Sate klathak, sandung lamur, dan kronyos. TOP 3 MENU! Ga ada obat!